Resep Kacang Telur Keriting yang Renyah dan Gurih

resep-kacang-telur

Njajan.com - Kacang telur biasa terhidang sebagai pengisi toples di hari Lebaran. Camilan gurih ini selain awet juga dapat dikreasikan ke dalam berbagai rasa seperti pedas manis, asin, dan kari. Di samping itu resep kacang telur sangat mudah didapatkan, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri.

Bahan dasar dari kacang telur yaitu kacang tanah dan tepung terigu. Untuk menghasilkan kacang telur yang enak dan renyah, pilihlah kacang tanah yang bermutu tinggi. Lebih baik membeli kacang tanah yang masih dalam kulit, karena kacang ini tidak cepat keriput. Perhatikan juga hal-hal berikut ketika akan membelinya.

Baca juga: Resep Bolu Pisang Tanpa Oven dan Tips Membuatnya

Cek tanggal kedaluwarsa jika Anda membelinya dalam bentuk kemasan. Berbeda dengan kacang tanah kupas, Anda harus memilih dari bentuk dan baunya. Pastikan kulit ari kacang tidak kisut, masih keras, dan tidak berbau tengik.

Perhatikan kulit kacang, jika retak dan pecah isinya akan cepat layu. Jika memilih kacang kupas, jangan memilih kacang yang diletakkan di wadah terbuka. Terlalu lama terkena udara menyebabkan kacang menjadi layu dan tidak segar.

Beli kacang sesuai jumlah yang diperlukan, simpan di dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering. Menyimpan kacang di tempat lembab dapat membuatnya berjamur dan cepat busuk.

Untuk kacang yang masih dalam kulitnya, rendam dengan air mendidih selama kira-kira sepuluh menit supaya kulit ari menjadi lunak dan mudah dikupas. Kupas kulit arinya hingga benar-benar bersih agar kacang tidak terasa pahit. 


resep-kacang-telur
Kacang Kulit (khasiat.co.id)
Setelah mendapatkan kacangnya, langsung saja cek resep kacang telur keriting dan kacang telur pedas manis di bawah ini.

Baca juga: Resep Bakwan Jagung Udang yang Gurih dan Renyah

Resep Kacang Telur Keriting


Bahan-bahan:
  • 600 gram kacang tanah kupas
  • 500 gram tepung terigu
  • 150 gram gula, dihaluskan
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1/2 sdm garam
  • 2 butir telur ayam kampung
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 4 sdm margarin, cairkan

Cara Membuat 
  1. Campurkan telur ayam kampung, gula, margarin, bawang putih, dan garam, kocok hingga rata.
  2. Tuangkan 2 sdm adonan di atas ke dalam kacang, kemudian aduk hingga rata. Gulingkan kacang di wadah yang berisi terpung terigu. Ayak kacang dengan saringan agar tepung menjadi merata pada kacang.
  3. Lakukan langkah di atas untuk mendapatkan ketebalan yang Anda inginkan. 
  4. Goreng kacang dalam minyak panas menggunakan api sedang, sampai matang.
  5. Angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin sebelum disimpan dalam toples kedap udara.
Perhatikan cara menggoreng yang benar agar menghasilkan kacang yang renyah dan matang merata. Takaran minyak harus lebih banyak daripada kacang sehingga kacang terendam seluruhnya ketika digoreng. Aduk sesekali saja, kacang akan matang dengan sendirinya. 

Dalam keadaan minyak panas, menggoreng kacang tidak perlu hingga kecoklatan. Warna kuning muda sudah cukup menandakan kacang telur Anda sudah matang. Proses mematangkan kacang masih berjalan meski sudah diangkat. Ketika itulah kacang akan benar-benar matang.


Menggoreng Kacang Telur (mamir38.wordpress.com)
Untuk membuat kreasi resep kacang telur manis pedas, Anda hanya perlu menambahkan vanilli bubuk dan cabai bubuk ke dalam adonan. Proses pembuatannya sama dengan kacang telur keriting di atas.

Mampu membuat camilan enak, renyah, dan gurih dari resep kacang telur di atas, Anda bisa menghemat banyak uang untuk jajanan di hari istimewa. Tidak menutup kemungkinan, kacang telur Anda bisa dijual dan menjadi lahan bisnis baru. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, klik like dan share artikel ini. Terima kasih.

Resep Kacang Telur Keriting yang Renyah dan Gurih Resep Kacang Telur Keriting yang Renyah dan Gurih Reviewed by Admin on February 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.