5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik


Njajan.com - Peralatan plastik memang sangat nyaman digunakan untuk memasak. Namun, kalau sudah bersentuhan dengan minyak, biasanya bekas minyak tadi tidak bisa hilang, kemudian menimbulkan bau tak sedap.


Lebih menjengkelkan lagi, karena minyak di wadah plastik tetap tak bisa hilang meski sudah dibersihkan dengan sabun cuci piring paling terkenal di Indonesia.

Lalu, sebenarnya adakah cara ampuh menghilangkan bekas minyak di wadah plastik atau peralatan dapur yang terbuat dari plastik?

Tentu saja ada, bahkan caranya cukup banyak dan terbilang mudah. Sebab, Anda bisa mempraktekkannya langsung detik ini juga. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan bekas minyak di perabotan plastik juga gampang ditemukan di rumah.

Langsung saja ya, berikut beberapa cara menghilangkan bekas minyak di wadah plastik:

1. Membersihkan bekas minyak dengan baking soda


Ada cara ampuh untuk menyelesaikan masalah noda minyak di wadah plastik. Caranya, Anda harus menyiapkan baskom atau wadah berisi air hangat. Lalu campurkan baking soda ke dalam air hangat.

Jika sudah dicampur, aduk air tersebut hingga merata. Setelah itu, rendam wadah plastik atau peralatan dapur yang terbuat dari plastik ke dalam larutan baking soda selama 10 menit. Selanjutnya, gosok dan sikat dengan campuran sabun cuci piring, terakhir bilas hingga bersih.

2. Menghilangkan minyak di bahan plastik dengan sabun deterjen


Beberapa dari Anda pasti belum pernah membersihkan peralatan dapur dengan sabun deterjen. Tapi percayalah, jika Anda sudah mencobanya, pasti Anda akan terkesan karena bekas minyak yang menempel pada peralatan plastik langsung hilang.

Cara melakukannya, sabun deterjen dicampur dengan air, lalu masukkan ke dalam wadah. Tunggu sekitar 15 menit, kemudian cuci bersih wadah plastik dengan air tersebut.

Setelah dicuci, bilas dengan air bersih, lalu dijemur di bawah terik sinar matahari. Tujuannya agar sisa minyak di wadah plastik langsung terangkat.

3. Membersihkan minyak membandel di wadah plastik dengan cuka


Jika Anda sudah membersihkan wadah plastik dengan sabun cuci piring dan air hangat tetap tidak berhasil, maka gunakan alternatif lain yaitu cuka.

Caranya, setelah wadah plastik dicuci dengan sabun cuci piring dan direndam air hangat, tuangkan cuka di noda minyak membandel kurang lebih selama 3 menit. Setelah itu, bilas wadah plastik dengan air bersih.

Biasanya setelah 3 menit, bekas minyak membandel akan hilang dan wadah plastik terhindar dari bau tak sedap.

4. Mengatasi noda minyak di mangkuk plastik dengan lemon

Cara membersihkan bekas minyak di wadah plastik (youtube.com)
Cara membersihkan bekas minyak di wadah plastik (youtube.com)

Lemon termasuk salah satu buah yang ampuh menumpas noda minyak di peralatan plastik. Maka tak heran, banyak sabun cuci piring yang menggunakan ekstrak buah lemon di dalam kemasannya.

Jika Anda punya buah lemon di rumah, Anda bisa langsung membersihkan bekas minyak di alat dapur berbahan plastik. Caranya, air lemon diperas, kemudian tambahkan sedikit baking soda atau soda kue. Kalau sudah, gosok-gosokkan campuran tadi pada bagian permukaan wadah peralatan plastik yang terkena bekas minyak.

Setelah dirasa cukup, bilas peralatan dengan air bersih dan biarkan hingga kering. Dijamin, peralatan plastik Anda akan bersih seketika. Pasalnya, air perasan lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk membasmi kuman secara alami, membersihkan minyak, dan menghilangkan bau apek.

5. Menghilangkan bekas minyak dengan koran bekas

Wadah plastik diberi koran bekas untuk menghilangkan bau tak sedap (hometriangle.com)
Wadah plastik diberi koran bekas untuk menghilangkan bau tak sedap (hometriangle.com)

Untuk menghilangkan bekas minyak di wadah plastik, ternyata Anda cukup menggunakan koran bekas. Anda pasti bisa menemukan koran bekas dengan mudah di rumah.

Nah, manfaatkan koran tersebut untuk menyerap bekas minyak pada semua peralatan dapur berbahan plastik.

Caranya gampang sekali, ambil koran bekas secukupnya, basahi dengan sedikit air, lalu masukkan dalam toples plastik atau wadah plastik dalam keadaan tertutup rapat.

Biarkan koran basah tadi di sana selama semalaman. Nantinya, kandungan karbon pada koran bekas akan menyerap minyak dan bau tak sedap pada wadah.

Esoknya, Anda bisa membersihkan wadah plastik dengan air bersih dan sabun cuci piring, kemudian keringkan di bawah sinar matahari.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang

Demikian beberapa cara membersihkan bekas minyak yang sulit dihilangkan di wadah plastik. Semoga dengan mengikuti cara-cara ini peralatan dapur Anda yang terbuat dari plastik bisa terbebas dari minyak dan bau tak sedap.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik 5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik Reviewed by Njajan on December 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.