27 Jajanan Zaman SD Generasi 90-an yang Bikin Masa Kecil Bahagia


Njajan.com - Saat masih duduk di bangku SD atau sekolah dasar, jajanan apa yang paling Anda sukai? Pasti setiap orang jawabannya berbeda-beda. Ini dikarenakan jajanan SD memang sangat banyak jenisnya, mulai dari yang manis-manis, gurih, hingga yang pedas.


Jika Anda terlahir di tahun 90-an, tentu Anda sudah tak asing dengan berbagai merek jajanan 90-an (jadul) jaman dulu yang murah meriah. Ya, jajanan SD tempo dulu memang sangat murah dan enak. 


Walau sekarang masih ada pedagang yang menjual jajanan SD generasi 90-an, tapi harga yang dibanderol sudah melambung tinggi, alias mahal.


Meski begitu, tak apalah sekali-kali bernostalgia bersama jajanan yang dulu pernah menemani kita selama 6 tahun duduk di bangku SD.



Berikut ini beberapa jajanan zaman SD  generasi 90-an yang tentunya bikin masa kecil bahagia.



1. Chiki

Chiki (bonnet.co.id)
Chiki (bonnet.co.id)

Pasti banyak di antara Anda yang gemar membeli Chiki saat SD. Jajanan ini tergolong laris di pasaran karena terdapat hadiah di dalam kemasannya. Bahkan, terkadang anak-anak membeli makanan ringan Chiki hanya untuk mendapatkan hadiahnya saja.



2. Es potong celup cokelat

Es potong celup cokelat (doyanresep.com)
Es potong celup cokelat (doyanresep.com)

Harga es potong celup cokelat memang tak seberapa, yakni 100 rupiah, tapi sensasi saat diemut di mulut itu luar biasa. Bagi Anda, yang suka jajan dingin, pasti tak akan melewatkan es tersebut.


3. Es wawan

Es wawan (boombastis.com)
Es wawan (boombastis.com)

Es wawan paling nikmat dikonsumsi siang hari. Sepulang sekolah udara terasa panas, anak-anak pasti langsung menyerbu pedagang penjual es wawan.



4. Mie lidi

Mie lidi (amin.my.id)
Mie lidi (amin.my.id)

Sampai sekarang mie lidi rasa pedas masih dijual di pasaran dan di toko-toko kelontong dekat rumah. Walau harganya lebih mahal yakni Rp 500 - Rp 5.000 tetapi kenikmatannya tetap sama dengan mie lidi harga Rp 100.


5. Wafer Superman

Wafer Superman (bukalapak.com)
Wafer Superman (bukalapak.com)

Dulu, jajanan seperti wafer Superman termasuk makanan mewah di zaman SD. Kalau sekarang, mungkin makanan ringan ini sudah bisa disejajarkan dengan cokelat Beng beng.


6. Gula kapas

Gula kapas (tokopedia.com)
Gula kapas (tokopedia.com)

Sebagian dari Anda yang tak boleh keluar untuk pergi ke pasar malam pasti altenatifnya membeli jajanan gula kapas Koala. Ya, sebab gula kapas biasanya tersedia di malam hari, karena tidak diperbolehkan keluar malam sama orangtua, akhirnya beli Gula Kapas Koala.


7. Krip krip

Mie Krip krip (pizna.com)
Mie Krip krip (pizna.com)

Mie yang dibungkus kecil-kecil ini paling disukai di zaman SD. Harganya cuma Rp 50 dan rasanya lebih enak bila dibandingkan dengan mie Gemez. Tapi, Krip krip punya saingan berat yaitu mie Anak Mas. Walau harga Anak Mas lebih mahal, namun tingkat keenakannya bisa dibilang sama.


8. Makaroni

Makaroni (masukdapur.com)
Makaroni (masukdapur.com)

Sampai sekarang makaroni tetap menjadi teman setia saat nonton televisi, belajar, dan main ke rumah teman. Rasanya yang beraneka ragam membuat lidah kita ketagihan. Meski demikian, makaroni yang paling enak tetap rasa pedas.


9. Anak mas

Mie anak mas (boombastis.com)
Mie anak mas (boombastis.com)

Kalau mie Anak mas, jangan ditanya lagi, pastinya mie ini paling enak bila dibandingkan dengan mie-mie yang lain. Tanpa dikasih bumbu pun, mie Anak mas sudah enak, apalagi dikasih bumbu. 


10. Nyam nyam

Nyam nyam (tokopedia.com)
Nyam nyam (tokopedia.com)

Anak-anak perkotaan zaman SD suka dengan cokelat stick Nyam nyam. Biasanya, di dalamnya ada semacam biskuit lidi atau stick dengan tambahan cokelat dan straberry. Namun, ada pula Nyam nyam varian lain dengan bulatan-bulatan kecil warna-warni di dalamnya.


11. Snack Ribut

Snack Ribut (idntimes.com)
Snack Ribut (idntimes.com)

Jajanan snack Ribut mempunyai rasa pedas yang nendang karena berasal dari merica. Bagi Anda yang sudah mencobanya, pasti tahu beda cita rasa pedas dari cabai dan merica. Menariknya lagi, bentuk jajanan jadul ini seperti bunga. Jadi, anak-anak banyak yang suka.


12. Es lilin

Es lilin (cookpad.com)
Es lilin (cookpad.com)

Es mungil ini lebih dikenal dengan nama es lilin. Ada rasa kacang hijau, cokelat, vanila, dan lain-lain. Biasanya ibu suka buat es lilin sendiri di rumah karena memang gampang cara pembuatannya.



13. Arbanat

Arbanat atau rambut nenek (stasiun-tinta.blogspot.com)
Arbanat atau rambut nenek (stasiun-tinta.blogspot.com)

Arbanat atau rambut nenek merupakan jajanan manis yang tak kalah lezat dengan gula kapas. Keduanya hampir sama, tapi tekstur arbanat lebih kasar dan berserabut.


14. Mie Fujimie

Mie Fujimie (katalog.or.id)
Mie Fujimie (katalog.or.id)

Kalau berbicara tentang jajanan mie, salah satu yang terenak adalah mie Fujimie. Mie yang satu ini sedikit berbeda dengan yang lain, karena bentuknya lebih besar tapi isinya lebih sedikit.



15. Mie Gemez, Boyki, dan Raja ikan

Mie Gemez, Boyki, dan Raja ikan (tokopedia.com)
Mie Gemez, Boyki, dan Raja ikan (tokopedia.com)

Tiga makanan ringan jadul yang saling beradu di hati anak-anak. Semuanya enak, jadi bingung mau pilih yang mana. Namun, kalau disuruh memilih, pasti banyak yang pilih Mie Gemez.



16. Biskuit Tini Wini Biti

Biskuit Tini Wini Biti (tokopedia.com)
Biskuit Tini Wini Biti (tokopedia.com)

Biskuit Tini Wini Biti memang tergolong unik karena bentuknya imut dan lucu, ada yang gajah, ikan, kupu-kupu, bebek, hingga kura-kura.



17. Mie Tic Tic

Mie Tic Tic (tokopedia.com)
Mie Tic Tic (tokopedia.com)

Mie Tic Tic hampir sama dengan Mie Fujimie, bedanya kalau Mie Tic Tic bentuknya lurus-lurus. Kalau dilihat dari rasa, keduanya sama-sama enaknya.


18. Kenji

Snack Kenji (idntimes.com)
Snack Kenji (idntimes.com)

Snack Kenji sangat digemari dan terbilang laris di zaman SD. Kalau sekarang penerusnya dinamakan Taro, rasanya 11-12 dengan Kenji.



19. Mini Stick

Mini stick (tokopedia.com)
Mini stick (tokopedia.com)

Jajanan mini stick hampir sama dengan Nyam nyam tapi bentuknya lebih panjang. Namun sayangnya, Mini Stick tidak dilengkapi dengan cokelat jadi rasanya kurang begitu nendang.


20. Roti sisir

Image result for roti sisir
Roti sisir (li-izzashop.blogspot.com)

Bicara tentang roti, jajanan zaman SD ini tak akan terlepas dengan yang namanya roti sisir. Rasanya enak, teksturnya lembut, dan begitu nikmat pada setiap gigitannya. Roti sisir sangat tepat dibawa untuk bekal sarapan saat pergi ke sekolah.



21. Cokelat payung

Cokelat payung (beautynesia.id)
Cokelat payung (beautynesia.id)

Walau tidak sedang hujan, cokelat payung selalu membuat anak-anak bahagia. Bentuknya yang unik dan lucu mampu memikat anak-anak SD untuk membeli cokelat payung. Keistimewaan cokelat ini tidak hanya dari bentuknya saja yang unik, tapi juga dari rasanya yang lezat.


22. Permen karet Yosan

Permen karet Yosan (indonetwork.co.id)
Permen karet Yosan (indonetwork.co.id)

Permen karet Yosan adalah salah satu permen karet yang kemungkinan usianya lebih tua dari Anda. Hampir semua generasi 90-an terpikat dengan permen karet Yosan. Yang paling mereka suka dari permen karet Yosan yaitu menggelembungkan di mulut.

Namun, ada hal lain yang membuat permen karet ini semakin menarik yakni mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N di dalamnya. Kalau tidak salah, dulu itu huruf yang paling sulit ditemukan adalah huruf N. 


23. Permen rokok

Permen rokok (liputan6.com)
Permen rokok (liputan6.com)
Permen rokok sangat disukai di akhir tahun 90-an. Kehadirannya di dunia anak-anak mengundang pro kontra karena permen rokok dianggap mengajarkan anak untuk merokok.

Bocah-bocah SD terutama laki-laki sangat menggilai permen rokok ini karena mereka ingin seperti orang dewasa. Ya, dulu melihat orang dewasa merokok sepertinya keren. Jadi, banyak anak yang ingin mencobanya.



24. Permen jagoan neon

Permen jagoan neon (foody.id)
Permen jagoan neon (foody.id)

Kira-kira, mengapa anak-anak suka makan permen jagoan neon? Sudah pasti karena warnanya yang terlihat garang. Bagaimana tidak, begitu dijilat, lidah dan bibir kita bisa langsung berubah warna. 

Anak-anak pun biasanya langsung menjulurkan lidahnya untuk pamer warna ke teman-teman. Setelah itu diikuti dengan gaya-gaya ala jagoan yang ditayangkan di iklan televisi.



25. Cokelat cepuk Choyo choyo

Cokelat cepuk Choyo choyo (hipwee.com)
Cokelat cepuk Choyo choyo (hipwee.com)

Cokelat Choyo choyo memang cuma sedikit, cara makannya pun pakai sendok kecil, tapi karena sudah tak sabar ingin makan biasanya anak-anak langsung colek-colek pakai tangan, trus abis itu wadah plastiknya dijilatin pakai lidah.

26. Permen telur cicak

Permen telur cicak (syafiramaulana.tumblr.com)
Permen telur cicak (syafiramaulana.tumblr.com)

Permen yang satu ini bentuknya bulat-bulat kecil warna-warni. Karena bentuknya yang lucu itulah, anak-anak sering menyebut permen ini dengan nama permen telur cicak. Padahal, kalau diperhatikan dengan saksama bentuk permen telur cicak tidak terlalu mirip dengan telur cicak.

27. Cheetos

Hadiah Cheetos berupa Tazos (track.in)
Hadiah Cheetos berupa Tazos (track.in)

Jajanan Cheetos sudah jadi incaran anak-anak zaman dulu. Selain jajanannya yang enak yakni berupa snack jagung, Cheetos juga memberikan hadiah berupa Tazos. Siapa di antara Anda yang sampai sekarang masih mengoleksi Tazos?

Demikian beberapa jajanan SD 90-an yang bikin masa kecil terasa menyenangkan. Sebagian dari jajanan ini masih tersedia di mall dan supermarket, tapi harganya berkali-kali lipat lebih mahal. 


Nah, di antara semua jajanan SD ini Anda suka yang mana?


27 Jajanan Zaman SD Generasi 90-an yang Bikin Masa Kecil Bahagia 27 Jajanan Zaman SD Generasi 90-an yang Bikin Masa Kecil Bahagia Reviewed by Admin KlikMama on September 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.