6 Tips Agar Tahu Tidak Hancur dan Pecah saat Digoreng

Agar tahu tidak hancur saat digoreng (youtube.com)

Njajan.com - Tahu adalah salah satu bahan masakan yang sering dijadikan menu andalan ibu-ibu rumah tangga. Selain murah, tahu mempunyai segudang manfaat dan nutrisi yang dapat  menyehatkan tubuh. Tidak hanya menyehatkan, tahu juga mempunyai rasa khas yang enak, sehingga sangat cocok dijadikan masakan keluarga sehari-hari. 

Nah, salah satu masakan paling umum yang terbuat dari tahu adalah tahu goreng. Ya, tahu goreng memiliki rasa yang enak dan bikin semua orang selalu ketagihan, khususnya kalangan menengah ke bawah. 

Namun, ada satu permasalahan yang sering dialami saat menggoreng tahu, yaitu tahu mudah hancur dan pecah. Biasanya, kalau sudah begini, tampilan tahu menjadi kurang menarik dan rasanya menjadi tidak enak.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menggoreng tahu agar tidak hancur dan matang sempurna? Berikut tips agar tahu tidak hancur dan pecah saat digoreng: 


1. Beli tahu yang masih baru dan kondisinya baik


Perlu Anda ketahui, jika Anda membeli tahu yang sudah basi atau kualitasnya buruk, maka saat tahu digoreng akan mudah hancur dan rusak. Sebaiknya, belilah tahu yang masih baru dari pasar atau penjual tahu agar kualitasnya terjamin. 


2. Merendam tahu di air panas sebelum dimasak


Tahukah Anda, ternyata merendam tahu ke dalam air panas dapat membuat tahu menjadi lebih kesat dan tidak mudah pecah. Sehingga, saat Anda memotong atau menggorengnya, tahu tidak akan hancur.


3. Mengukus tahu sebelum dimasak


Selain direndam di air panas, agar tahu tidak mudah pecah, Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu. Caranya, rendamlah tahu selama beberapa menit, kemudian tahu ditiriskan dan diolah menjadi tahu goreng atau tahu bacem, serta menu tahu lainnya.


4. Menggoreng potongan tahu sampai terendam minyak seluruhnya

Tahu digoreng tidak hancur atau rusak (youtube.com)
Tahu digoreng tidak hancur atau rusak (youtube.com)

Tips supaya tahu tidak hancur saat digoreng, maka minyak gorengnya harus cukup banyak. Kalau bisa, Anda harus menggoreng tahu dalam kondisi tahu terendam di dalam minyak.

Untuk cara yang satu ini, Anda juga harus memastikan bahwa minyak dalam keadaan baru, bukan minyak bekas penggorengan masakan lainnya yang berwarna hitam.

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik


5. Tahu jangan terlalu sering dibolak-balik


Agar tahu tidak hancur dan matang sempurna, sebaiknya jangan terlalu sering membolak-balik tahu. Membalik tahu bisa dilakukan saat bagian bawah tahu sudah terlihat kering atau berwarna kekuningan. Dengan cara ini, dijamin tahu tidak akan mudah pecah, apalagi hancur.


6. Tahu digoreng dengan suhu api sedang


Jangan asal-asalan menyalakan api saat menggoreng tahu. Kalau apinya terlalu besar, tahu bisa hancur. Begitu juga jika apinya terlalu kecil, maka tahu tidak akan matang sempurna.

Solusinya, gorenglah tahu dengan api sedang, agar tahu tidak mudah hancur dan matang sempurna. Lalu, jika tahu sudah berwarna keemasan, segera angkat atau tiriskan, supaya tahu tidak gosong.

Demikian tips menggoreng tahu agar tidak hancur atau pecah. Dengan melakukan tips ini, semoga menu makanan tahu Anda tidak hancur lagi dan bisa dinikmati dalam keadaan bagus serta enak.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


6 Tips Agar Tahu Tidak Hancur dan Pecah saat Digoreng 6 Tips Agar Tahu Tidak Hancur dan Pecah saat Digoreng Reviewed by Njajan on January 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.