Resep Pizza Rumahan Sederhana Beserta Tips Pengolahannya

resep-pizza-rumahan

Njajan.com- Pizza mulai menjadi salah satu jajanan kegemaran masyarakat, sejajar dengan pisang goreng dan martabak. Selain dikarenakan makanan ini semakin mudah dijumpai, resep pizza rumahan pun marak dipaparkan dalam buku resep dan internet. Pizza yang dulu hanya tersedia di restoran cepat saji dengan harga lumayan mahal, kini menjelma jadi hidangan yang bisa disediakan sendiri di rumah. 

Baca juga: Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir

Pizza rumahan bisa menjadi alternatif jajanan yang sehat, higienis, dan bisa dikreasikan sesuai selera Anda. Inilah resep pizza rumahan versi Resepcaramasak.org yang dapat Anda ikuti, untuk menghasilkan pizza yang enak, seperti pizza di kafe-kafe.

Resep Pizza Rumahan

Bahan-bahan:
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 ml susu cair hangat
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sdm mentega
  • 4 gram ragi
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan saus dan topping:
  • 2 buah sosis, potong tipis-tipis
  • 1 buah tomat potong tipis
  • 2 siung bawang putih
  • Saus tomat dan cabai
  • 1 buah paprika
  • 1 butir telur
  • Keju
  • 2 buah bawang bombai
  • Daun bawang

Cara Membuat Pizza Rumahan:


resep-pizza-rumahan
Kulit Pizza (southernplate.com)

  1. Campurkan tepung terigu dengan ragi. Aduk sampai rata, kemudian tambahkan mentega dan minyak goreng.
  2. Masukkan telur dan susu, lalu aduk hingga merata dan tekstur menjadi lembut.
  3. Diamkan adonan sekitar 15 menit. Tutup dengan menggunakan serbet basah yang bersih.
  4. Tumis bawang bombay, daging, telur, sosis, paprika, bawang putih, tomat hingga layu, untuk membuat topping-nya.
  5. Selanjutnya, tambahkan daun bawang ke dalam tumisan. Tunggu beberapa saat kemudian angkat dan sisihkan.
  6. Ambil adonan pizza yang sebelumnya sudah didiamkan. Ratakan adonan pada permukaan  teflon. Tusuk adonan dengan menggunakan garpu supaya tidak mengembang berlebihan. 
  7. Tambahkan saus tomat di atas adonan hingga rata. Disusul bahan isi atau topping dan lapisi kembali menggunakan saus tomat.
  8. Tambahkan parutan keju, kemudian tutup teflon agar pizza matang merata.
  9. Setelah bagian bawah berwarna kecoklatan, tandanya pizza sudah matang dan siap untuk dihidangkan.
Itu tadi resep pizza rumahan yang sangat sederhana dan mudah diikuti. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengolah pizza, supaya hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Berikut ini tips-tipsnya.


resep-pizza-rumahan
Saus Tomat Rumahan (bijoux&bits.com)
  1. Kulit pizza tidak seperti roti pada umumya. Adonan pizza tidak boleh mengandung terlalu banyak cairan dan telur, untuk menghasilkan roti yang keras.
  2. Adonan pizza yang terlalu elastis susah dibentuk, sehingga Anda harus mengontrol keelastisan pizza sebelum membentuknya.
  3. Pizza dapat dibuat tebal ataupun tipis, hasilnya pizza yang tebal akan mempunyai tekstur empuk, sedangkan pizza yang tipis teksturnya lebih renyah dan garing. Untuk pizza tebal, bagian tepi harus dibuat lebih tinggi agar toppingnya tidak jatuh. Olesi bagian tepi dengan minyak zaitun atau minyak sayur.
  4. Jika Anda memanggang dengan oven, sebelum pizza diisi topping pangganglah setengah matang dahulu, agar topping tidak keras karena terlalu lama di dalam oven. Lapisan keju mozzarella juga bisa melindungi topping dari kekeringan karena oven.
  5. Waktu yang diperlukan utuk memanggang dengan oven kurang lebih selama 20-30 menit dengan suhu 150 derajat Celcius.
  6. Cara praktis membentuk pizza yaitu menggunakan cetakan pie atau pola kertas berbentuk bulat, supaya hasilnya rapi.
  7. Apabila Anda membuat saus sendiri, pilih tomat yang sudah matang dan berwarna merah. Kerat menyilang pada ujungnya, kemudian direbus. Setelah itu tomat bisa dicincang atau diparut, dan direbus kembali bersama campuran bahan lain seperti pasta tomat, oregano, basil dan daging cincang.
Demikian tips dan resep pizza rumahan untuk Anda coba. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan segan klik like dan share kepada teman-teman Anda.



Resep Pizza Rumahan Sederhana Beserta Tips Pengolahannya Resep Pizza Rumahan Sederhana Beserta Tips Pengolahannya Reviewed by Admin on January 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.