Resep Masakan Cumi Asin Cabai Hijau dan Trik Agar Tidak Alot

masakan-cumi-asin

Njajan.com- Cumi asin pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar makanan laut. Cumi atau sotong ini melewati proses penggaraman dan pengeringan sehingga terhasil bahan makanan yang dapat disimpan cukup lama. Untuk mengolah masakan cumi asin, tidak banyak bahan campuran yang diperlukan. Cumi asin juga bisa dimasak pedas, bersantan, kering atau berkuah tergantung selera Anda.

Sebelum menjadikan cumi asin sebagai pelengkap menu makanan keluarga Anda, pastikan cumi asin yang dibeli mempunyai kualitas yang baik. Cumi asin harus benar-benar kering ketika Anda membelinya. Cumi asin yang bertekstur lembek bisa jadi diolah dengan campuran bahan kimia yang tidak boleh dikonsumsi. Di samping itu, cumi asin yang masih agak basah dapat menjadi tempat berkembang biak binatang-binatang kecil. Cumi asin yang bagus juga tidak berbau tengik. 

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Pedas Istimewa


Cumi Asin (priceaz.com)
Usai memastikan cumi asin Anda layak dikonsumsi, saatnya mengolah menjadi masakan cumi asin yang lezat. Ada trik cerdas untuk membuat cumi asin empuk dan tidak alot. Mula-mula panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan cumi asin ke dalam air, rebus beberapa saat hingga air terlihat keruh. 

Air yang keruh ini disebabkan oleh kandungan garam yang larut. Setelah itu tiriskan cumi asin, kemudian didihkan kembali air bersih. Masukkan cumi asin ke dalam air. Masak dengan api sedang kira-kira 10 hingga 15 menit atau sampai cumi menjadi lunak, kemudian tiriskan.

Terakhir, eksekusi masakan cumi asin kegemaran Anda. Atau coba resep cumi asin tumis cabai hijau dari DetikFood di bawah ini.

Resep Cumi Asin Cabai Hijau


Bahan-bahan:


  • 250 gram cumi asin
  • 1 liter air
  • 3 sdm minyak sayur
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • ½ cm jahe, cincang halus
  • ½ cm lengkuas, memarkan
  • 10 buah cabai hijau keriting, iris kasar
  • 5 buah cabai rawit merah, iris kasar
  • 5 buah tomat hijau, iris kasar
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdt merica bubuk

masakan-cumi-asin
Cumi Asin Cabai Hijau (harianmu.com)
Cara Membuat:

1. Setelah cumi asin dibersihkan dan direbus hingga lunak, buang tulang lunaknya dan sisihkan.
2. Potong-potong cumi asin sesuai selera. Jika cumi berukuran kecil, Anda bisa memasaknya dalam keadaan utuh.
3. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga aromanya naik dan layu.
4. Masukkan jahe dan lengkuas, aduk hingga wangi.
5. Disusul cabai hijau, cabai rawit, dan tomat hijau, aduk hingga layu.
6. Masukkan cumi asin, aduk sebentar hingga layu.
7. Tambahkan dengan kecap manis dan merica bubuk, aduk sampai rata.
8. Angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

Masakan cumi asin paling tepat bila dipadukan dengan bahan-bahan segar, untuk mengimbangi rasa asinnya. Selain tomat hijau, paprika, terong bulat atau petai juga sesuai dijadikan pelengkap. Sebagai pendamping, Anda bisa memasak nasi bakar dengan bungkus daun pisang. 

Baca juga: Resep Bakwan Jagung Udang yang Gurih dan Renyah

Hidangan ini sangat cocok untuk menu makan malam, apalagi jika dinikmati di tempat terbuka seperti di pinggir pantai atau taman rumah Anda. Jangan lupa siapkan minuman yang menyegarkan sebagai penutup. 

Masakan cumi asin yang diolah sendiri pastinya lebih memuaskan, higienis, dan paling pas dengan cita rasa yang Anda inginkan. Jika artikel Njajan.com ini memenuhi kebutuhan informasi Anda, klik like dan share sebelum meninggalkan halaman ini. Terima kasih.



Resep Masakan Cumi Asin Cabai Hijau dan Trik Agar Tidak Alot Resep Masakan Cumi Asin Cabai Hijau dan Trik Agar Tidak Alot Reviewed by Admin on February 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.