6 Cara Membuat Dapur Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Cara membuat dapur rumah selalu bersih dan rapi (brit.co)

Njajan.com - Kegiatan memasak selalu menyisakan sampah dan kotoran di dapur rumah yang tak jarang sangat sulit dibersihkan. Semisal percikan minyak di dinding, saus yang tercecer di lantai, dan tumpahan kuah di meja dapur. 

Kondisi ini tentu sangat mengganggu jika tidak segera dibereskan. Bahkan bisa mengundang penyakit melalui kehadiran binatang-binatang hama di rumah seperti kecoa, cicak, dan tikus. Oleh karena itu, menjaga dapur rumah selalu bersih adalah keharusan.

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik

Dilansir dari Majalahasri.com, inilah cara membuat dapur rumah bersih, rapi, dan bebas kotoran.

1. Memilih material yang mudah dibersihkan


Material keramik pada dinding dapur rumah, terutama di belakang kompor sangat membantu ketika Anda membersihkan minyak atau kuah masakan yang mengotori dinding. 

Berbeda dengan dinding kayu atau dinding tembok yang dilapisi cat. Selain noda susah dihilangkan, material ini juga akan rusak karena panas ketika proses
memasak.

2. Membersihkan peralatan memasak


Setelah digunakan, langsung cuci semua peralatan yang digunakan sebelum membuat dapur berbau dan berantakan. Buanglah sisa-sisa masakan yang menempel, agar tidak didatangi kecoa, tikus, atau semut. 

Lap juga permukaan dan dudukan kompor usai digunakan. Jika tidak langsung dibersihkan, percikan minyak dapat menjadi kerak yang semakin susah dihilangkan. Semprotkan cairan pembersih khusus dan biarkan sejenak sebelum mengelap dengan kain.

3. Menggunakan cooker hood


Alat ini berfungsi menyedot asap dan bau tak sedap di dalam dapur rumah. Asap dari proses memasak langsung dihisap oleh cooker hood dan membuangnya lewat cerobong asap. 

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memasang jendela yang terhubung ke luar rumah untuk meminimalisasi asap dan bau di dalam dapur, sehingga udara tetap segar.

4. Jangan membiarkan saluran air tersumbat

Mengatur saluran air di dapur rumah biar tidak tersumbat (kuisiware.com)
Mengatur saluran air di dapur rumah biar tidak tersumbat (kuisiware.com)

Sisa-sisa makanan dan sampah lain seringkali membuat saluran air di tempat mencuci piring tersumbat. Sampah tersebut lama kelamaan akan membusuk dan menyebabkan bau, selain membuat aliran air tidak lancar.

Cara mencegahnya, dengan membuang sampah padat di tempat sampah sebelum mencuci peralatan memasak dan makan. Pasang saringan pada lubang pembuangan untuk menyaring sampah-sampah kecil agar Anda bisa membuangnya.

5. Mengatur tempat penyimpanan

Wanita mengatur tempat penyimpanan di dapur rumah (newdarlings.com)
Wanita mengatur tempat penyimpanan di dapur rumah (newdarlings.com)

Sediakan lemari, rak dapur atau kabinet untuk menyimpan peralatan memasak supaya tidak berantakan. Lemari penyimpanan dapat menghindarkan barang-barang tergeletak begitu saja di atas sembarang tempat.

Susun peralatan berdasarkan ukuran dan sering tidaknya digunakan. Tempatkan peralatan yang sering digunakan ditempat yang mudah dijangkau. Cara ini juga memudahkan Anda untuk menemukan kembali jika akan menggunakannya.

6. Memisahkan sampah basah dan sampah kering

Memisahkan sampah basah dan kering di dapur rumah (blog.allstate.com)
Memisahkan sampah basah dan kering di dapur rumah (blog.allstate.com)

Kelola sampah dengan cara memisahkan tempat sampat sampah basah dan kering. Pilhlah tempat sampah yang bertutup untuk menghindarkan bau yang bisa mengundang kecoa, tikus, semut, atau lalat.

Gunakan tempat sampah yang besar dengan dialasi kantong plastik. Trik ini sangat membantu ketika Anda akan membuang sampah. Selain itu tempat sampah akan tetap bersih. Ikat kantong plastik sebelum membuangnya, agar sampah tidak berceceran.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang

Di samping cara-cara menjaga dapur rumah bersih dan rapi di atas, Anda juga perlu membiasakan memasak dengan bersih. Di sela-sela memasak, Anda bisa sambil mengelap meja tempat meracik bahan masakan atau sambil mencuci peralatan yang sudah selesai digunakan. Contohnya ketika sedang menunggu kuah masakan mendidih.

Agar dapur rumah selalu terjaga kebersihannya, jangan menunggu sampai sampah dan kotoran menumpuk, noda berkerak di dinding atau saluran air tersumbat. Segera bersihkan dan rapikan tiap usai mengolah masakan. 

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


6 Cara Membuat Dapur Rumah Selalu Bersih dan Rapi 6 Cara Membuat Dapur Rumah Selalu Bersih dan Rapi Reviewed by Njajan on March 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.