Pengusaha Kuliner Sukses di Balik Maicih, Omzetnya Rp 7 Miliar

Pengusaha Kuliner Sukses Reza Nurhilman (money.id)

Njajan.com - Keripik Maicih pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Produk camilan pedas ini sukses mencuri perhatian masyarakat karena antrean pembelinya sang sangat fantastis pada tahun 2010 silam. Pengusaha kuliner sukses dibalik Keripik Maicih adalah pemuda berusia 30 tahun bernama Reza Nurhilman.

Sosok Reza kini adalah pemuda dengan penghasilan mencapai cukup mencengangkan. Namanya pernah terdaftar dalam deretan pemuda yang sukses dalam bisnis di Indonesia.

Reza lahir di Bandung, 29 September 1987, merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Masa kecil pengusaha ini diasuh oleh orang tua angkat karena kedua orang tuanya telah bercerai.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Makaroni Hasilkan Rp 3 Miliar Per Bulan

Lulusan SMAN 2 Bandung ini memulai usaha sejurus menamatkan pendidikan menengah atas. Dari tabungannya, Reza mencoba berbagai macam usaha. Menjual barang elektronik dan pupuk dilakukannya sejak tahun 2005 hingga 2009.

Awal Mula Keripik Maicih

Pengusaha Kuliner Sukses Maicih (maicih.com)
Pengusaha Kuliner Sukses Maicih (maicih.com)

Kisah awal Reza bergelut dengan bisnis keripik dimulai ketika ia dan temannya pergi ke Cimahi. Di tempat itu, Reza mencicipi keripik lada pedas buatan seorang nenek yang menurutnya sangat enak. Sang nenek pun tidak keberatan membagi resepnya dengan Reza. Nama Maicih sendiri pun diambil dari nenek tersebut yang selalu memakai ciput di kepalanya.


Meski rasanya enak, Reza melihat adanya kekurangan dari segi pemasaran produk tersebut. Keripik ini hanya dijual pada waktu-waktu tertentu dan hanya diproduksi untuk dikirim ke luar daerah. Maka, Reza mencari strategi agar keripik lada tersebut bisa dijadikan bisnis yang terkenal di seluruh Indonesia.

Modal Usaha Keripik Maicih

Keripik Maicih (maicih.com)
Keripik Maicih (maicih.com)

Dengan modal sebesar 15 juta rupiah, ia mulai memproduksi keripik singkong yang kemudian diberi nama Keripik Maicih, pada bulan Juni 2010. Awalnya penggemar Axl Rose-nya Gun's N Roses ini menciptakan 5 level pedas pada keripiknya.

Produksi dilakukan dengan kapasitas 50 bungkus per hari. Cara menjualnya dilakukan dengan berkeliling lewat sistem pesan dan bayar di tempat (cash on delivery). Pengantaran pesanan tetap dilakukan meski hanya satu bungkus. Ketika itu, Reza belum memiliki tempat sendiri untuk berjualan berupa toko.

Baca juga: Modal Rp 1,3 Juta Untuk Bisnis Cafe Susu, Sekarang Omzet Pemuda Ini Rp 250 Juta Per Bulan

Promosi dijalankan oleh pengusaha kuliner sukses ini dengan bantuan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, Reza juga merekrut agen pemasaran yang disebut "jenderal" untuk memasarkan produknya. Mereka disebar di tempat-tempat strategis seperti kampus, sekolah, kantor, dan tempat keramaian yang lain.

Strategi ini cukup berhasil, sehingga Keripik Maicih buatan Reza Nurhilman membuat masyarakat penasaran. Level pedasnya pun ditingkatkan hingga 10 level. 

Omzet Keripik Maicih

Omzet Keripik Maicih Per Bulan (maicih.com)
Omzet Keripik Maicih Per Bulan (maicih.com)

Hanya dalam hitungan bulan, produksi Keripik Maicih meningkat sampai 2.000 bungkus per hari. Dalam enam bulan, omsetnya pun sudah mencapai 7 miliar rupiah per bulan karena permintaan pasar yang terus merangkak naik. 

Saat ini, Keripik Maicih sudah mulai dijual di minimarket dan supermarket di seluruh Indonesia. Produksi camilan ini pun sudah mencapai 75.000 bungkus setiap minggunya. Meski demikian, Maicih tak berhenti berinovasi. Produknya kini tersedia dalam 3 varian yaitu keripik, jeblak, dan gurilem. 

Perusahaan yang membuat camilan pedas ini pun sudah menjadi PT Maicih Inti Sinergi di mana Reza Nurhilman menjabat sebagai presidennya.

Baca juga: Warunk Upnormal Sukses, Pemiliknya Tetap Sederhana

Sebagai pengusaha kuliner sukses, Reza diketahui telah berhasil membeli rumah dan mobil mewah dari hasil bisnisnya. Ia juga kerap tampil sebagai pembicara di berbagai seminar wirausaha. 

Ide Bisnis Camilan Keripik Maicih (maicih.com)
Ide Bisnis Camilan Keripik Maicih (maicih.com)

Kisah Reza Nurhilman telah dibukukan dengan judul Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih yang diluncurkan pada 29 Juni 2012 silam. 


Jika artikel Njajan.com tentang pengusaha kuliner sukses ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Pengusaha Kuliner Sukses di Balik Maicih, Omzetnya Rp 7 Miliar Pengusaha Kuliner Sukses di Balik Maicih, Omzetnya Rp 7 Miliar Reviewed by Njajan on March 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.