8 Manfaat Makan 3 Kurma selama Seminggu di Bulan Puasa


Manfaat Kurma

Njajan.com - Selama bulan puasa Anda harus memakan makanan yang bergizi untuk menambah energi pada tubuh. Salah satu makan yang dapat dikonsumsi adalah kurma. 

Buah kurma yang dimakan secara rutin setiap hari mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Saat ini buka puasa tanpa kurma rasanya tidak lengkap. Ya, selain disunahkan agama Islam, makan kurma rutin setiap hari dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Buah yang manis ini membuat kurma mudah disukai banyak orang. Para pakar kesehatan merekomendasikan masyarakat untuk makan tiga buah kurma setiap hari untuk mendapatkan seluruh khasiatnya, terutama pada kesehatan tubuh.

Kali ini kami akan membahas bagaimana manfaat makan 3 butir kurma setiap hari selama 1 minggu yang disadur dari BrightSide (22/5/2019).

Manfaat Makan 3 Butir Kurma Setiap Hari Selama Seminggu


1. Menambah energi

Buah kurma dapat dijadikan camilan sehat karena mengandung serat, potasium, magnesium, vitamin, dan antioksidan.
Empat kandungan tersebut dapat menambah energi yang cukup untuk beraktivitas selama berpuasa berkat kandungan fruktosa dan glukosa.

Salah satu penelitian juga mengemukakan bahwa kurma tidak hanya meningkatkan energi tapi juga mengembalikan energi setelah aktivitas yang melelahkan.

2. Memperkuat tulang

Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor Universitas North Dakota, mengatakan bahwa kurma mengandung zat boron yang bisa memperkuat tulang.

Beberapa penelitian lainnya tentang kurma juga menunjukkan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium, yang biasanya ditemukan pada buah-buahan kering juga berkontribusi dalam penguatan tulang dan melawan penyakit osteoporosis.

3. Mencegah kanker usus besar

Buah kurma mampu melindungi pencernaan dan usus dari bakteri yang merusak serta mencegahnya menyebar ke area usus lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Department of Food and Nutritional Sciences menemukan bahwa dengan mengonsumsi kurma secara rutin atau setiap hari dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker pada usus besar.

4. Memperlancar pencernaan

Tahukah Anda, buah kurma mengandung serat dalam jumlah besar yang dapat membantu kinerja sistem pencernaan.

Mengonsumsi serat yang cukup dari buah kurma mampu mencegah sembelit dan membuat buang air besar lebih teratur.

Penelitian dari British Journal of Nutrition menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi kurma secara rutin memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat dari orang tidak makan kurma.

5. Menyembuhkan alergi udara

Sebagian orang mengidap alergi udara dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Nah, alergi yang disebabkan oleh udara dalam musim tertentu sering kali menyerang sistem kekebalan tubuh.

Masalah kekebalan tubuh akibat alergi ternyata dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi kurma.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurma sangat efektif dalam mengurangi beberapa tanda inflamasi pada penderita alergi.

6. Meredakan stres

Ternyata kandungan Vitamin B6 pada kurma terbukti dapat membantu tubuh dalam memproduksi serotonin dan norepinephrine.

Dua zat ini dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Serotonin bisa mengatur suasana hati atau mood, sedangkan mampu norepinephirine melawan stres dan depresi.

Penelitian yang sama menunjukan bahwa kadar B6 yang rendah berpengaruh terhadap depresi. Semakin banyak kandungan B6 yang dikonsumsi dalam tubuh maka kesehatan mental dan fisik akan semakin baik.

7. Mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian telah menunjukkan kurma dapat menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif.

Nah, keduanya adalah faktor pemicu penyakit jantung dan atherogenesis. Kandungan potasium dalam kurma dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya.

8. Menurunkan berat badan

Anda harus tahu, kandungan serat pada buah kurma yang melimpah memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama.

Selain itu, kandungan antioksidan seperti antosianin, fenolik, dan karotenoid, dapat membantu membuang racun, memperlancar pencernaan, dan meningkatkan metabolisme yang membantu menurunkan berat badan.

Demikian beberapam manfaat buah kurma jika dikonsumsi secara teratur selama seminggu. Coba konsumsi kurma setiap sebanyak 3 butir. 

Jangan makan kurma pas di bulan puasa atau bulan Ramadan saja. Jikaa Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama