Jajanan Korea yang Ada di Indonesia


Njajan.com - Mulai dari drama, fashion, KPop hingga fine dining, bukan rahasia lagi kalau budaya Korea begitu hype di Indonesia. Makanan khas Korea yang satu ini memang menarik dan patut untuk dicoba. Selain itu, drama Korea memiliki banyak jajanan Korea yang menggugah selera. 


Indonesia sendiri memiliki banyak restoran yang menyajikan makanan Korea. Selain makanan berat, street food ala Korea yang sering muncul di KDrama bisa ditemukan dengan sangat mudah di berbagai wilayah Indonesia. 


Apa saja menu makan Korea yang sering kamu lihat di Indonesia? 

Baca juga:


Jajanan Korea di Indonesia


1. Tteokbokki 

Jajanan Korea Tteokbokki
Jajanan Korea Tteokbokki



Tteokbokki adalah salah satu masakan khas Korea yang banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari kue beras. 


Tteokbokki memiliki tekstur kenyal dan kuah merah yang manis dan pedas. Ada banyak restoran di Indonesia yang menjualnya. 


2. Odeng

Jajanan Korea Odeng
Jajanan Korea Odeng



Odeng adalah masakan Korea berupa sate  ikan yang dimasak dengan kuah. Baru-baru ini, hidangan ini menjadi populer di Indonesia. 


Jika Anda ingin mencobanya, pergilah ke restoran Korea atau restoran street food. 


3. Gimbab

Jajanan Korea Gimbab
Jajanan Korea Gimbab



Gimbab adalah jenis makanan Korea yang menggunakan nasi yang dibungkus rumput laut. Sekilas, bentuk Gimbab hampir sama dengan sushi  Jepang. Tapi selera keduanya berbeda. 


4. Kimchi 

Jajanan Korea Kimchi
Jajanan Korea Kimchi



Ada yang tau makanan korea yang satu ini? Bagi orang Korea, kimchi adalah lauk wajib dari sarapan hingga makan  malam. Kimchi adalah sawi putih dan lobak yang difermentasi dan dibumbui dengan rempah-rempah Korea. 


Makanan Korea ini umum di Indonesia. Di beberapa restoran Korea, banyak restoran yang menawarkannya. Bahkan, banyak orang menjualnya secara online. 


5. Bibimbap 

Jajanan Korea Bibimbap
Jajanan Korea Bibimbap



Bibimbap atau biasa disebut nasi campur ini terdiri dari berbagai macam sayuran, daging, kimchi, telur rebus dan saus gochujang. 


Bagi orang Korea, bibimbap adalah salah satu hidangan yang wajib disajikan saat Tahun Baru Imlek. Tapi menu ini ternyata ada di Indonesia juga ya. 


6. Bulgogi 

Jajanan Korea Bulgogi
Jajanan Korea Bulgogi



Bulgogi adalah salah satu hidangan paling populer di Korea. Bulgogi berisi irisan daging  yang dipanggang dengan kecap, bawang bombay, biji wijen dan lada hitam. 


Menurut berbagai sumber, makanan ini telah digunakan sejak zaman Goguryeo sejak 37 SM. Itu bisa disebut makanan Korea. 


7. Jajangmyeon 

Jajanan Korea Jajangmyeon
Jajanan Korea Jajangmyeon



Makanan ini berbentuk mie. Jika dipadukan dengan makanan Indonesia, Jajangmyeon menyerupai mie ayam. 


Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus miso hitam manis. Jika Anda ingin makan Jajangmyeon, Anda bisa menemukannya di restoran Korea. 


8. Tteokkebi Hot Dog 

Jajanan Korea Tteokkebi Hot Dog
Jajanan Korea Tteokkebi Hot Dog



Tteokkebi Hot Dog berbentuk seperti corn dog pada umumnya. Namun, hot dog Teokkebi ini tidak ditaburi tepung roti, melainkan dipotong-potong menjadi kentang goreng dan digoreng sekaligus. Hidangan ini memiliki saus di atasnya. 


9. Hweori gamja / kentang Tornado 

Jajanan Korea Hweori gamja
Jajanan Korea Hweori gamja



Hweori gamja terbuat dari olahan kentang. Hweori gamja, tornado kentang, memiliki bentuk yang unik. Potong kentang menjadi  spiral dan tusuk seperti sate. Menu ini dijamin enak untuk pecinta kentang. 


10. Ramyeon 

Jajanan Korea Ramyeon
Jajanan Korea Ramyeon



Siapa  yang tidak kenal dengan makanan ini? Selain itu, Anda perlu tahu pecinta drama. Ramyeon adalah sup mie ala Korea. 


Bahkan di supermarket terdekat pun ada beberapa merek Ramyeon yang menggunakan mi instan. Ramyeon ini umumnya terasa pedas dan sangat cocok untuk orang Indonesia.


Kesimpulan


Demikian beberapa jajanan Korean khas K-Drama yang bisa dijumpai di Indonesia. Jadi, bila Anda suka salah satunya, coba deh beli jajan Korea tersebut.


Tentu pecinta film K-Drama sudah tak asing dengan menu jajanan Korea tersebut. Bahkan, mungkin beberapa dari Anda sudah sering makan jajanan tadi setiap hari.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Post a Comment