13 Kunci Sukses Bisnis Kuliner dari Pemilik Restoran Ternama di Seluruh Dunia


Njajan.com - Dari tahun ke tahun, perkembangan bisnis kuliner seakan tak ada habisnya. Berbagai jenis makanan satu persatu mulai bermunculan di perkotaan. Ini menunjukan bahwa bisnis kuliner memang sangat menguntungkan.

Ya, kelihatannya usaha di bidang kuliner lebih diminati ketimbang bisnis lainnya. Sebab, dari teori dasar kehidupan manusia sudah diketahui bahwa makan adalah sumber kehidupan. Tanpa makan, orang bisa sakit, bahkan meninggal.

Oleh karena itu, semua orang berlomba-lomba berbisnis di jalur kuliner. Walau tantangannya cukup berat, kalau makanan tersebut dikemas dengan bagus, unik, dan lezat, pastinya semua orang akan datang sendiri tanpa diundang.

Seperti teknik marketing beberapa tempat kuliner yang memilih buka warung sesuka hati. Mereka tak terlalu takut kehilangan pelanggan hanya gara-gara waktu bukanya tidak konsisten. Justru pelanggan yang kebingungan atau bahkan panik karena tidak bisa makan makanan dari warung tersebut.

Ada juga contoh marketing lain dari sebuah warung kecil di dalam gang sempit. Pemilik warung tak pernah memasang nama plang atau identitas warung, tapi banyak orang dari seluruh penjuru kota datang ke warungnya. 

Tentunya ini terasa aneh, karena warungnya berada di gang sempit dan mobil atau motor tak bisa menjangkau warung tersebut. Tapi mengapa warung ini bisa laris manis? 

Nah, inilah yang dinamakan keajaiban dalam berdagang di bidang kuliner. Intinya, kalau makanan itu enak dan lezat, mau berada di ujung dunia pun akan tetap dicari oleh pelanggannya. 

Itulah secuil kisah sukses teknik marketing warung yang cukup aneh tapi buktinya tetap laris manis.

Teknik marketing bisnis kuliner seperti tadi tidak akan cocok digunakan untuk pengusaha kuliner yang baru buka restoran. Soalnya, warung-warung yang sempat kami ceritakan di atas biasanya sudah mempunyai jam terbang yang sangat lama hingga puluhan tahun.

Kalau bisnisnya masih baru, sebaiknya Anda melakukan branding besar-besaran, baik secara online maupun offline. Tujuannya, selain memikat pelanggan, Anda juga bisa mengumpulkan pembeli yang loyal.

Ini penting karena pembeli itu ada beberapa macam. Ada orang yang beli makanan karena terpengaruh temannya di media sosial. Ada pula orang yang beli karena dia benar-benar suka dengan makanan tersebut.

Jika dasarnya beli itu suka, pasti dia akan kembali lagi dalam waktu dekat. Namun, kalau dia beli karena faktor viral dari media sosial, kemungkinan besar dia tidak akan kembali, kecuali kalau makanan Anda benar-benar enak dan bikin ketagihan.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis kuliner biar sukses? Anda bisa belajar dari pemilik restoran ternama di seluruh dunia. Dalam buku Restaurant Owners Uncorked, Wil Brawley, ada berbagai strategi untuk mengembangkan bisnis kuliner dari para pemilik restoran tadi. Jadi, tunggu apalagi, mari belajar dari mereka. (Sumber: readersdigest.co.id)


Kunci Sukses Bisnis Kuliner dari Pemilik Restoran Ternama di Seluruh Dunia


1. Pelanggan senang jika karyawan atau pelayan memperlakukan mereka dengan baik. Jadi, fokuslah pada karyawan Anda, perlakukan dengan baik, maka dia akan memberi balasan yang baik pula kepada pelanggan. 

Anda tak akan pernah memiliki pelanggan yang bahagia, jika Anda tak memiliki karyawan yang bahagia. Pertama, fokuslah pada karyawan Anda. Perlakukan mereka dengan baik dan respek - Keith Paul, A Good Egg Dining Group, Oklahoma City.

2. Jangan pernah lengah dengan keadaan sekitar. Jika teman Anda sedang bersantai, maka teruslah bekerja dengan serius.

Selalu siap bekerja saat orang lain hanya bermain-main dengan bisnis mereka - Phil Roberts Parasole Restaurant Group, Minneapolis.

3. Kesederhanaan dalam bisnis kuliner sangatlah penting. Jika Anda ingin bisnis yang berkembang, buatlah bisnis Anda sederhana - Jon Myerow, Tria Cafe, Philadelphia.

4. Yakin bahwa bisnis Anda akan berhasil. Anda harus punya sikap yang menunjukkan penuh keyakinan bahwa bisnis ini pasti berhasil. Hasilnya akan mengagumkan jika tubuh dan pikiran merespon keyakinan Anda - Matt Frey, Bub's Burgers & Ice Cream, Carmel, Indiana.

5. Punya keahlian jangan setengah-setengah. Kalau bisa tekuni satu keahlian sampai level sempurna, kemudian berlatih keahlian lainnya.

Milikilah keahlian hebat pada beberapa hal, bukan keahlian rata-rata pada banyak hal - Phil Roberts, Parasole Restaurant Group, Minneapolis.

6. Jangan takut tak ada pembeli di restoran Anda karena semua pemilik bisnis kuliner pasti pernah merasakan restorannya sepi pengunjung.

Seorang pemilik bisnis akan melalui jalan yang sangat sepi - Jon Myerow, Tria Cafe, Philadelphia.

7. Kompetisi terbesar bukanlah untuk pelanggan tetapi staf. Jika Anda siap berkompetisi dalam usaha mendapatkan karyawan terbaik dan Anda berhasil, pelanggan Anda akan mengikutinya - Jon Myerow, Tria Cafe, Philadelphia.

8. Apabila ada sesuatu di 'belakang dapur', jangan pernah menutupinya dari karyawan.

Transparanlah dengan para staf dan Anda akan menuai kesetiaan dan kepercayaan - Scott Leibfried, Arch Rock Fish, Santa Barbara, CA.

9. Singkirkan ego Anda. Pada akhirnya, ini adalah bisnis. Jika Anda melakukan pendekatan mengikuti ego, Anda akan gagal - Emad Yacoub, Glowbal Group, Vancouver, BC.

10. Kalau bisnis sudah sukses, jangan terburu-buru membuka cabang baru.

Jangan melebarkan sayap terlalu cepat karena Anda dapat menghancurkan seluruh bisnis - Chip Bair, Beau Jo's, Denver, CO.

11. Lihat mitra bisnis dari berbagai kacamata, baik saat dia berada di level atas atau bawah.

Meskipun Anda mengenal mitra bisnis Anda, pastikan Anda juga mengenalnya saat ia berada dalam pertempuran panas - Jim Parker, Red Hat on the River, Irvington, NY.

12. Kemitraan 50:50 tidak selalu berhasil. Berusahalah agar Anda bisa memegang lebih dari 50 persen sehingga Anda selalu membuat keputusan final - Chester Kroeger, Fudpucker's, Destin, Florida.

13. Anda harus berpikir jangka panjang ketika memilih investor. Anggap saja seperti menikah dan membangun keluarga. Mereka harus mempercayai Anda dan sebaliknya - Dave Query, Big Red F Restaurant Group, Boulder, Colorado.

Demikian beberapa kunci sukses bisnis kuliner dari para pemilik restoran ternama di seluruh dunia. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


13 Kunci Sukses Bisnis Kuliner dari Pemilik Restoran Ternama di Seluruh Dunia 13 Kunci Sukses Bisnis Kuliner dari Pemilik Restoran Ternama di Seluruh Dunia Reviewed by Njajan on September 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.