15 Tradisi Makan Paling Unik di Seluruh Dunia


Njajan.com - Tahukah Anda, ternyata setiap negara mempunyai tradisi makan yang berbeda-beda. Dikatakan berbeda karena setiap negara memiliki kebudayaan yang tak sama. Dari perbedaan kebudayaan inilah, tradisi makan atau ritual makan setiap negara di seluruh dunia berbeda satu sama lain.

Tak perlu jauh-jauh, di Indonesia saja tradisi makannya sudah berbeda setiap daerah. Ada yang makan tanpa menggunakan sendok dan garpu, ada pula yang makan beralaskan daun pisang. Bahkan, di sebagian daerah di Indonesia ada budaya makan dengan kaki diangkat sebelah.

Seperti itulah keragaman tradisi makan di Indonesia. Kira-kira kalau di negara-negara lain, seperti apa ya? Apakah tradisi makan di luar negeri lebih unik atau sama saja dengan Indonesia?

Entahlah, tidak ada yang tahu kalau kita tidak pergi ke sana langsung. Untungnya, Indiatimes.com telah merangkum beberapa tradisi makan terunik di berbagai negara. Dengan begitu, kita bisa tahu seperti apa kebiasaan unik orang-orang di luar negeri saat sedang makan.

Daripada penasaran, bagaimana kalau kita langsung membahas tradisi makan di beberapa negara saja. Berikut beberapa tradisi makan unik di seluruh dunia.


1. Korea


Negara Korea hampir sama dengan Indonesia. Kalau orang yang lebih tua belum mulai makan, maka orang yang lebih muda belum mau makan sebagai tanda penghormatan.

Di Indonesia juga demikian, biasanya orang yang lebih tua diambilkan makan terlebih dahulu kemudian baru yang muda mengikuti.

2. Meksiko


Salah satu makanan khas Meksiko adalah taco. Cara memakan taco cukup unik, taco tidak boleh dimakan dengan pisau dan garpu karena dipandang sebagai tanda keangkuhan.

Mungkin ini cocok dengan tradisi makan di Indonesia karena kita sepertinya juga jarang menggunakan garpu dan pisau. Namun, dalam hal ini orang Indonesia tidak mengartikan soal keangkuhan atau apapun, mereka hanya menyesuaikan dengan menu makanannya.

3. Tanzania


Tanzania merupakan negara yang cukup aneh sekaligus unik. Bagaimana tidak, kebudayaan makan di sana malah menyarankan seseorang untuk datang terlambat atau 'ngaret'.

Di sana, jika janjian makan datang tepat waktu justru dianggap kurang sopan. Lebih baik datang telat sekitar 15 menit sampai 30 menit, baru dianggap sopan.


4. China


Kalau di Indonesia makanan harus habis karena berkah makanan berada di sebutir nasi terakhir. Berbeda dengan negara China, di mana makanan justru tidak boleh dihabiskan semuanya.

Tradisi makan di China tidak boleh menghabiskan makanan. Untuk menghargai tamu, sebaiknya Anda harus menyisakan sedikit makanan.

5. Chili


Pernah mendengar istilah 'muluk' di Indonesia? Ya, istilah ini untuk cara makan orang Indonesia tanpa menggunakan sendok ataupun garpu, melainkan langsung menggunakan tangan.

Kalau di Chili, hal seperti ini malah tidak boleh dan dianggap tidak sopan. Menyentuh makanan dengan jari saat menghadiri jamuan makan di Chili dianggap kurang sopan, walaupun makanan tersebut termasuk makanan ringan.

6. Rusia


Orang Rusia suka minum vodka, tapi jangan pernah menambahkan es atau soda ke dalam minuman tersebut. Pasalnya, bagi siapa saja yang menambahkan es atau soda ke dalam vodka Rusia, dia dianggap menghina kemurnian vodka Rusia.

7. Bedouin Timur Tengah


Salah satu komunitas Bedouin di Timur Tengah menjalani ritual yang unik. Jika Anda tidak menggoyangkan gelas minuman, maka Anda akan terus diberi kopi.

Mereka baru berhenti memberikan kopi kalau Anda sudah menggoyangkan minuman tersebut. Kode yang unik bukan, untuk sekadar bilang, "sudah cukup, terima kasih atas minumannya."

8. Jepang


Orangtua di Indonesia melarang anaknya menyeruput mie dengan suara yang keras. Namun, anehnya di Jepang justru diperbolehkan dan dianggap hal yang sopan.

Bahkan, di Jepang makanannya harus dihabiskan hingga mangkok bersih. Ini menandakan bahwa Anda sudah selesai makan. Untuk tradisi makan yang satu ini, sebaiknya dicontoh karena menghabiskan makanan merupakan tindakan yang terpuji.

9. Perancis


Makanan utama di Perancis salah satunya adalah roti. Sehingga jika Anda makan di Perancis, maka hidangan yang pasti disajikan di meja makan adalah roti. 

Jadi, roti disajikan langsung dengan hidangan lainnya dan dimakan bersama dengan hidangan lain.


10. Thailand dan Filipina


Thailand dan Filipina sepertinya mengharuskan makan menggunakan sendok. Sebab, tradisi makan di kedua negara tersebut tidak memperbolehkan makan menggunakan garpu.

Kalau Anda terpaksa makan memakai garpu, maka Anda harus memindahkannya dulu ke sendok, baru setelah itu dimakan.

11. Swedia


Beda tradisi dengan Tanzania, di Swedia Anda harus menghadiri acara makan tepat waktu, tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat.

Jadi, orang-orang Swedia sangat menghargai waktu dan menganggap waktu adalah uang. Sehingga, datang tepat waktu sangat diprioritaskan di sana.

12. Italia


Orang Italia sepertinya biasa meminum kopi di malam hari. Alhasil, jika Anda memesan secangkir kopi pada siang hari, maka pelayan akan menyangka bahwa Anda adalah turis.

Kebiasaan minum kopi di Italia seperti kebiasaan kita makan nasi pecel di pagi hari untuk sarapan. Bedanya, kita terbiasa makan nasi pecel untuk sarapan pagi. Kalau makan pecel di malam hari, rasanya gimana gitu.

13. Inggris


Di Inggris, obrolan kecil biasanya dilakukan sebagai pertanda untuk mengisyaratkan peralihan makan malam menuju sajian wine.

Mereka tidak secara langsung bilang ganti menu makan, melainkan menggunakan isyarat dengan cara mengobrol.

14. Portugal


Jangan pernah meminta tambahan garam dan juga lada saat menghadiri jamuan makan di Portugal. Pasalnya, tindakan seperti ini dianggap meragukan kemampuan kokinya.

Sebenarnya hal ini sama seperti di Indonesia, tapi orang Indonesia terkesan cuek dengan anggapan tersebut dan memilih tetap meminta garam karena makanannya kurang asin atau hambar.

15. Kanada Utara dan Alaska


Tradisi makan Suku Inuit alias orang Eskimo, penduduk asli Amerika yang tinggal di Kanada Utara dan Alaska cukup unik. Mereka menganggap buang angin setelah makan sebagai bentuk apresiasi terhadap makanan yang dihidangkan. 

Jadi kalau mau kentut tak perlu ditahan, walaupun Anda baru selesai makan sekalipun. Tapi, tentunya Anda bisa membayangkan, orang-orang makan bersama, kemudian kentut bersama-sama. Bukankah, itu hal yang menjijikkan?

Demikian beberapa tradisi makan paling unik di seluruh dunia. Kalau di Indonesia, tradisinya lebih banyak lagi, bahkan hampir setiap daerah memiliki tradisi makan masing-masing. 

Jika Anda penasaran dengan tradisi makan di Indonesia, silakan baca artikel 20 Kebiasaan Unik Cara Makan Orang Indonesia yang Tak Dilakukan di Negara Lain


15 Tradisi Makan Paling Unik di Seluruh Dunia 15 Tradisi Makan Paling Unik di Seluruh Dunia Reviewed by Njajan on September 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.