7 Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Agar Cepat Sukses di Masa Kini


Njajan.com - Mahasiswa dilatih mandiri dalam hal belajar dan bertahan hidup. Mereka sudah terpisah dengan keluarga, sehingga segala kebutuhan dan kegiatan yang mengatur dirinya sendiri. Oleh karena itu, jika ingin menjadi mahasiswa yang berhasil, maka yang harus dilakukan adalah menjalankan usaha sampingan, seperti bisnis kuliner untuk mahasiswa.

Mulai belajar berbisnis merupakan langkah awal bagi mahasiswa. Dunia yang sebenarnya adalah di masyarakat. Mengenyam pendidikan sambil bekerja harus dijadikan motto setiap mahasiswa. Pendidikan oke, kehidupan pun oke.

Zaman sekarang, ada banyak bisnis kuliner modal kecil yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Jadi, Anda tidak perlu modal yang besar. Dengan mengandalkan kualitas, sudah banyak mahasiswa yang sukses berbisnis. 

Ya, walaupun harus berbagi waktu antara kuliah dan usaha, tapi mahasiswa mampu melakukannya. Semua ini nantinya agar semua mahasiswa lulus dengan nilai baik dan sudah memiliki usaha kuliner yang sukses.

Berikut adalah 7 usaha kuliner yang menjanjikan bagi mahasiswa masa kini:

1. Usaha makanan kecil atau snack. Kuliner ini menjadi kuliner yang simpel namun menguntungkan. Setiap hari orang membutuhkan makanan ringan sebagai teman beraktivitas. Jenisnya pun ribuan, tidak harus menyontek jenis kuliner yang ada. Kita bisa membuat snack yang unik dan memperkenalkan jenis snack baru dengan cita rasa khas. Ini adalah tugas mudah bagi para mahasiswa. Pemasarannya pun mudah, bisa dibawa saat ke kampus atau membuka stand sederhana di depan tempat kost atau menjajakan keliling. Selain itu, mahasiswa bisa juga menyediakan snack di rumah dan dijual secara online.

2. Bisnis minuman segar. Misalnya minuman jus. Jus buah menjadi incaran banyak konsumen karena manfaatnya yang banyak. Sebuah peluang usaha untuk mahasiswa yang menguntungkan. Anda hanya bermodal buah, blender, dan air serta es saja. Lalu, buat kemasan semenarik mungkin dan diberikan macam-macam toping.

3. Berbisnis gorengan. Ini juga menjadi bisnis makanan yang menguntungkan. Apalagi banyaknya relasi teman di kampus akan sangat mudah menjualkannya. Di samping itu, gorengan tidak pernah lepas dari makanan ringan sehari-hari.

4. Bisnis catering. Alternatif bisnis kuliner untuk mahasiswa lainnya adalah catering. Belajar memasak berbagai menu catering yang enak akan menjadi nilai jual tersendiri. Memasaknya pun bisa di rumah sehingga makanan catering terbukti lebih higienis, bersih, dan sehat.

5. Warung tenda. Untuk bisnis kuliner mahasiswa yang paling ramai adalah warung tenda yang buka di malam hari. Ini merupakan bisnis kuliner modal kecil dan bisa dilakukan oleh para mahasiswa di semua kalangan. Mahasiswi juga bisa turut ambil bagian dalam bisnis ini dengan cara memasakkan menunya. Jangan salah, omset usaha warung tenda sederhana sangat besar, walaupun terlihat sepele.

6. Angkringan adalah usaha kuliner yang menjanjikan. Angkringan para anak muda dengan fasilitas free WiFi akan banyak diserbu. Yang penting letaknya di pinggir jalan biar ramai pengunjung. Di samping itu, angkringan juga harus menyediakan berbagai macam minuman dan makanan ringan agar keuntungan lebih besar.

7. Jual kue. Mahasiswi paling cocok jualan kue, apalagi bila dia hobi bikin kue. Hobi membuat kue bisa menjadikan pundi-pundi rupiah meningkat. Dengan begitu, Anda tidak perlu minta orangtua lagi untuk biaya kuliah. Sediakan saja berbagai macam kue sesuai kebutuhan pasar dan terima juga pesanan kue.

Demikian beberapa bisnis kuliner untuk mahasiswa agar cepat sukses di masa kini. Di zaman milenial seperti sekarang, bisnis makanan menjadi bisnis yang banyak dipilih oleh mahasiswa. 

Bisnis ini sangat direkomendasikan karena bisa menambah pemasukan uang jajan. Walaupun di awal keuntungannya pas-pasan, tapi lama-kelamaan akan lebih banyak lagi.

Baca juga: Modal Rp 1,3 Juta Untuk Bisnis Cafe Susu, Sekarang Omzet Pemuda Ini Rp 250 Juta Per Bulan

Peluang usaha untuk mahasiswa di bidang makanan atau kuliner ini sangatlah besar. Setiap hari, orang membutuhkan makan. Ditambah variasi makanan yang lebih banyak akan menjadi nilai jual tersendiri.

Strategi promosi makanan yang sudah didukung oleh kecanggihan teknologi pun akan sangat memudahkan mahasiswa. Apalagi para mahasiswa berasal dari kaum intelektual yang akan lebih berkualitas lagi promosinya.

Jadi tunggu apa lagi? Sebagai tumpuan awal terjun ke dunia yang sebenarnya, tak ada salahnya Anda mencoba membuka peluang usaha dengan cara bisnis kuliner.

Nantinya, bisnis kuliner untuk mahasiswa ini akan semakin besar dan setelah lulus, Anda tinggal mengembangkannya lagi. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung mencari pekerjaan dan tidak perlu menganggur setelah lulus kuliah.


7 Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Agar Cepat Sukses di Masa Kini 7 Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Agar Cepat Sukses di Masa Kini Reviewed by Njajan on November 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.