5 Makanan Natal Paling Aneh dan Unik di Dunia


Njajan.com
- Hari Natal menjadi momen rohani paling berharga yang dirayakan oleh umat Kristen. Biasanya dalam perayaan Natal akan dihidangkan beberapa makanan spesial seperti Kalkun panggang, kue kering, dan lain-lain.


Meski begitu, tenyata tidak semua negara menghidangkan makanan tersebut. Beberapa negara di penjuru dunia, justru membuat makanan natal yang aneh dan unik.

Dikatakan aneh dan unik karena bentuk dan bahan makanannya tidak sesuai dengan tema Hari Raya Natal

Baca juga: 15 Tradisi Makan Paling Unik di Seluruh Dunia

Jika saat Natal, kebanyakan negara selalu menyiapkan makanan yang manis-manis dan lezat, tapi di sebagian negara ini justru menawarkan sajian hidangan yang aneh, bahkan mengerikan.

Mungkin Anda tak percaya karena di Indonesia tidak ada orang yang mau menyajikan makanan aneh dan unik saat perayaan Natal. 

Namun, lima negara ini justru menghidangkan makanan yang tergolong ekstrem sebagai santapan wajib di Hari Natal, seperti disadur dari Metro.uk (17/12/2017).

1. Ulat goreng - Afrika Selatan

Ulat Mopane (detik.com)
Ulat Mopane (detik.com)


Di negara Afrika Selatan, saat perayaan Natal sebagian masyarakat menghidangkan ulat goreng ke sanak saudara dan kerabat. Makanan aneh dari ulat ini sering dipanggil Ulat Mopane.

Disebut begitu, karena ulat ini memang bisa dikomsumsi dan biasanya tinggal di daun Mopane. Penduduk Afrika Selatan sengaja menyajikan Ulat Mopane di perayaan Natal karena bertepatan dengan masa panen ulat.

2. Kepala domba panggang - Norwegia

Kepala domba panggang (picssr.com)
Kepala domba panggang (picssr.com)


Jika di sebagian besar Negara Kristen menyajikan Kalkun panggang sebagai makanan utama, di Norwegia malah menghidangkan kepala domba panggang.

Santapan cukup aneh ini dinamakan Smalahove. Smala dalam bahasa Norwegia artinya domba dan Hove artinya kepala.

Kepala domba ini dipanggang utuh tanpa dipotong sama sekali. Proses memasaknya, kepala domba direndam dulu, lalu dikeringkan, kemudian diasinkan.

3. Salad ikan Herring - Rusia

Salad ikan Herring (tochka.net)
Salad ikan Herring (tochka.net)


Makanan Salad ikan Herring sudah populer di Rusia sejak tahun 1970. Masyarakat menyajikan makanan tradisional ini pada saat Natal dan tahun baru. 

Dari luar, makanan ini tampak bergizi karena dipenuhi dengan sayuran seperti bawang putih, kentang rebus, dan wortel. Sementara, di bagian dalam ada ikan Herring, telur, dan bit.

4. Ayam goreng KFC - Jepang

Ayam goreng KFC (ageekinjapan.com)
Ayam goreng KFC (ageekinjapan.com)


Kalau di Jepang, makanan Natalnya cukup unik. Diketahui di Jepang dulunya memang tidak mempunyai hidangan khusus Natal. Sehingga pihak pemasaran KFC memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Mereka (KFC) memperbolehkan warga Jepang merayakan Hari Natal di restorannya. Alhasil, sampai sekarang warga Jepang setiap tahun memesan makanan Natal di KFC. 

Sebanyak 3,6 juta keluarga di Jepang berpesta ayam goreng KFC di malam Natal. Bahkan, warga harus memesan dulu ayam gorengnya, agar pihak restoran bisa mempersiapkannya dalam jumlah banyak.

5. Dumpling - Polandia

Dumpling (vacations.tips)
Dumpling (vacations.tips)


Dumpling atau Pangsit Pierogi sudah sangat terkenal di Polandia. Saat Hari Natal tiba, makanan ini jadi hidangan khas Polandia.

Dumpling Polandia ini seringkali diisi dengan berbagai macam bahan, di antaranya keju, daging, acar kubis, jamur, dan buah. Setelah itu, bagian luarnya dilapisi topping mentega leleh atau bawang goreng.

Baca juga: 20 Kebiasaan Unik Cara Makan Orang Indonesia yang Tak Dilakukan di Negara Lain

Demikian beberapa makanan Natal paling aneh dan unik di dunia. Apakah di daerah Anda ada menu makanan Natal yang terbilang aneh dan unik?

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


5 Makanan Natal Paling Aneh dan Unik di Dunia 5 Makanan Natal Paling Aneh dan Unik di Dunia Reviewed by Njajan on December 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.