6 Makanan Unik di Surabaya Ini Pasti Bikin Anda Tercengang

makanan-unik-di-surabaya

Njajan.com - Surabaya merupakan kota yang dikenal dengan aneka kuliner yang mendunia. Tak hanya di luar Surabaya atau Jawa Timur, banyak makanan khas daerah ini yang bisa ditemukan di negara-negara tetangga. Sebut saja Ayam Penyet, Pecel, dan Rujak Cingur yang kini dihidangkan di restoran luar negeri dan masuk daftar makanan Indonesia di berbagai negara. Ternyata, di samping 3 kuliner andalan ini, ada makanan unik di Surabaya yang namanya pasti bikin kaget. Simak ulasan di bawah.


1. Rawon Setan

Rawon Setan adalah kuliner legendaris yang sudah tersedia di kota-kota lain di Jawa Timur selain Surabaya. Namun, Rawon Setan Surabaya merupakan cikal bakal dari Rawon Setan yang lain. Konon, makanan unik di Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Jam buka dari pukul sepuluh malam hingga pukul empat pagi, menyebabkan rawon istimewa ini diberi nama Rawon Setan. Jika berkunjung ke Surabaya, Anda bisa mampir ke kawasan Embong Malang, tepatnya di seberang Hotel J.W Marriot untuk menikmati olahan daging yang nikmat ini.


2. Bebek Mercon

makanan-unik-di-surabaya
Bebek Mercon (idntimes.com)
Rasa pedas yang meledak menjadi latar belakang mengapa makanan unik di Surabaya ini dijuluki Bebek Mercon. Rasa bebek goreng yang gurih, dengan tekstur empuk dan renyah, disajikan bersama nasi hangat dan kuah jeroan sangat nikmat dipadukan bumbu pedas yang menggigit. Level pedasnya dari biasa sampai super pedas, membuat kuliner ini cocok untuk semua kalangan. Datang saja ke kawasan Kayoon, Surabaya untuk menikmati Bebek Mercon yang otentik.


3. Sate Klopo

Sate Klopo Ondomohen di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya, merupakan tempat legendaris menikmati sate klopo di Surabaya. Seperti sate pada umumnya, sate ini menggunakan daging sapi dan ayam sebagai bahan utama. Bedanya adalah parutan kelapa yang dilumurkan pada sate sebelum dibakar. Ketika dibakar, aroma kelapa yang wangi berpadu dengan bumbu sate yang istimewa. Dulunya, sate ini disebut sate laler, tetapi kemudian berganti menjadi sate klopo yang lebih enak didengar.


4. Nasi Goreng Jancuk

Jancuk adalah umpatan yang identik dengan arek-arek Surabaya. Tak hanya umpatan, perkataan jancuk juga diungkapkan sebagai pujian terhadap sesuatu, atau sebagai sapaan kepada sahabat dekat. Ungkapan jancuk kepada nasi goreng ini sepertinya diluapkan karena pedasnya yang luar biasa. Ada dua level pedas, yaitu level Jancuk dan Ekstra Jancuk. Makanan unik di Surabaya ini bisa Anda cicipi di Surabaya Plaza Hotel, Jalan Pemuda 31-37, Surabaya.


5. Mie Jemblung

Selain menyediakan Nasi Goreng Jancuk, Surabaya Plaza Hotel juga menawarkan menu lain yang juga unik, yaitu Mie Jemblung. Porsinya yang cukup untuk 3 orang pasti membuat perut menjadi 'jemblung' atau buncit. Bakmi segar yang dimasak dengan sayuran dan ayam cha siu terdiri dari dua pilihan yaitu Mie Jemblung dan Bukan Mie Jemblung yang porsinya lebih kecil.


6. Mie Pecun

makanan-unik-di-surabaya
Mie Pecun (ncepsuroboyo.com)
Pecun memang berkonotasi dengan PSK alias pekerja seks komersial. Tetapi nama makanan unik di Surabaya ini ternyata adalah akronim dari 'pedas bebas racun.' Mie instan biasa disajikan dengan cara yang tidak biasa, membuat kuliner ini menjadi spesial. Nama-nama menunya juga dibuat sangat kreatif, seperti Pecun Bahenol, Pecun Senggol Telor, dan Pecun Maniac untuk mie goreng. Sedangkan mie rebus dinamakan seperti Pecun Mletek Suwek, dan Pecun Klomoh. Meski namanya terdengar vulgar, tetapi sajian Mie Pecun tetaplah mie pada umumnya dengan campuran bakso, telur, dan sayuran.

Nama makanan unik di Surabaya di atas memang penuh sensasi dan bikin penasaran. Apabila Anda sedang berkunjung ke Surabaya tak ada salahnya mencicipi salah satu makanan unik tersebut. 

Jika artikel dari Njajan.com ini sukses membuat Anda ingin njajan, jangan lupa like dan share sebelum berangkat. Terima kasih.


6 Makanan Unik di Surabaya Ini Pasti Bikin Anda Tercengang 6 Makanan Unik di Surabaya Ini Pasti Bikin Anda Tercengang Reviewed by Admin on January 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.