Kombinasi Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Bernutrisi


Makanan untuk diet sehat (weightlossplanz.net)

Njajan.com -
 Diet identik dengan menurunkan berat badan. Pemahaman keliru ini sudah lama berkembang di masyarakat. Padahal sebenarnya diet merupakan tindakan menjaga pola makan yang juga bertujuan menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit kronis. Masakan praktis dan sederhana dapat disajikan sebagai makanan untuk diet.
Siapkan variasi menu untuk mendukung diet Anda. Menu tersebut harus memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan Anda. Menu makanan untuk diet harus mengandung beberapa asupan zat gizi, seperti:

1. Karbohidrat

Karbohidrat sebagai makanan sumber energi sangat penting bagi Anda. Fungsi lain karbohidrat antara lain memberi rasa manis, mengatur metabolisme lemak, dan menghemat penggunaan protein dalam tubuh. Karbihidrat bisa didapat dari padi, gandum, singkong, serta sagu.

2. Protein

Protein juga sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh. Juga sebagai pembentuk antibodi, memelihara netralitas tubuh, dan mengangkut zat gizi dalam tubuh. Sumber protein bisa didapat dari sumber hewani, seperti telur, daging, dan ikan. Serta sumber nabati berupa kacang-kacangan dan sayuran.

3. Lemak

Lemak diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Lemak bisa didapatkan dari sumber nabati seperti minyak kelapa, kacang tanah, dan avokad. Serta lemak hewani dari susu, daging, keju, dan kuning telur.

4. Vitamin

Makanan untuk diet juga harus mengandung vitamin. Zat ini terdiri atas vitamin A,B,C,D,E dan K. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, vitamin C pada tomat, jeruk, dan strawberry, dan vitamin D bisa didapatkan dari susu, minyak ikan, dan sinar matahari pagi.

Kandungan nutrisi tersebut harus ada pada menu makanan untuk diet Anda. Sesuaikan kebutuhan kalori dan gizi untuk menyusun menu diet Anda sehari-hari.
Berikut ini contoh menu diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Menu makan pagi

makanan-untuk-diet
Menu Sarapan Pagi (maxres.com)

Untuk menu makan pagi, Anda bisa menyediakan susu rendah lemak, satu buah pisang, dan selembar roti gandum. Menu ini sangat praktis untuk Anda yang harus beraktivitas sejak pagi hari.

Menu makan siang

Makan siang saat yang sesuai untuk mengonsumsi makanan sehat dari sayuran segar berkuah. Pilih sayuran seperti bayam, kol, atau sawi sebagai makanan untuk diet Anda. Tambahkan kentang rebus sebagai sumber karbohidrat dan daging ayam tanpa kulit sebagai sumber protein.

Menjelang sore hari, Anda bisa mengonsumsi buah segar seperti jeruk, apel, dan melon sebagai cemilan sehat.

Menu makan malam

makanan-untuk-diet
Menu Makan Malam (istyle.id)

Pada malam hari, Anda bisa memilih sayuran rebus, ayam atau telur rebus dan teh hijau tanpa gula sebagai makanan untuk diet. Sebagai asupan karbohidrat, Anda dapat mngonsumsi sandwich dari gandum utuh dengan selada dan saus mustard.

Perhatikan konsumsi air putih agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi. Hindarkan makanan yang digoreng dengan minyak, kecuali minyak zaitun, serta kurangi konsumsi garam, gula, dan penyedap rasa.

Kombinasi sayuran dan buah – buahan

Menu diet kombinasi sayuran dan buah ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Serat pada sayur dan buah dapat membuat Anda tidak cepat lapar. Sayur yang dapat dikombinasikan antara lain bayam, kol, kankung, selada, dan sawi. Sementara kombinasi buah bisa Anda dapatkan dari pepaya, melon, jeruk, dan buah pir.

Kombinasi makanan untuk diet yang lain

Selain kombinasi buah di atas, Anda dapat memilih yogurt, oatmeal, selai kacang, daging sapi tanpa lemak, dan ikan bakar. Bahan makanan untuk diet tersebut bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Itulah panduan memilih dan kombinasi makanan untuk diet yang dapat kami sajikan. Jika artikel Njajan.com ini berfaedah untuk Anda, klik like dan share artikel ini kepada teman-teman Anda. Terima kasih.


Kombinasi Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Bernutrisi Kombinasi Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Bernutrisi Reviewed by Admin on January 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.