Kelebihan dan Kekurangan Dapur Minimalis Ukuran 3x3

Dapur Minimalis ukuran 3x3 (hgtv.com)

Njajan.com - Memiliki rumah sendiri merupakan impian kebanyakan orang. Rumah model minimalis kini mulai banyak dilirik karena karakteristiknya yang kecil namun tampak indah. Rumah jenis ini menjadi pilihan karena ketersediaan lahan yang semakin berkurang, sehingga harganya pun sudah meningkat. 

Mengikuti konsep rumah minimalis, dapur minimalis ukuran 3x3 menjadi desain dapur modern yang dirasa paling sesuai. Keberadaan dapur, meski kecil dan sederhana sangat penting untuk mempersiapkan hidangan dan sarapan keluarga. 

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik

Banyak orang yang memilih dapur menjadi satu dengan ruang makan untuk menghemat ruangan. Dapur bisa ditempatkan di belakang maupun bagian depan rumah. Dengan penataan ruang yang baik, dapur minimalis dengan fungsi maksimal bisa Anda dapatkan.

Dapur minimalis ukuran 3x3 mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengeksekusi model dapur ini di rumah. Berikut ulasannya.

Kelebihan Dapur Minimalis Ukuran 3×3

Kelebihan dapur minimalis ukuran 3x3 (inspirasimodelrumah.us)
Kelebihan dapur minimalis ukuran 3x3 (inspirasimodelrumah.us)

1. Dapur tampak ringkas dan irit ruang

Dengan menerapkan desain dapur minimalis modern ini, rumah terlihat lebih lapang, karena banyak tempat kosong tersisa untuk dimanfaatkan. Tempat kosong dekat dapur bisa dijadikan ruang santai atau diberi meja kecil memanjang seperti bar.

2. Dapur terkesan rapi dan mewah

Desain interior modern dan minimalis dengan penataan yang rapi memberi kesan mewah. Namun kesan ini juga harus didukung dengan warna, furnitur, dan ornamen hiasan di dalamnya.

Kekurangan Dapur Minimalis Ukuran 3×3

Kekurangan dapur minimalis ukuran 3x3 (desainrumahterbaru.me)
Kekurangan dapur minimalis ukuran 3x3 (desainrumahterbaru.me)

1. Ruang sempit membatasi gerakan 

Apabila Anda banyak bergerak semasa memasak, ruang yang sempit menjadi hambatan. Solusinya, pilih perabot dapur yang tidak memakan tempat, seperti kabinet dinding. Agar tampak luas, dapur juga bisa dibuat tanpa sekat, menyatu dengan ruang yang lain, misalnya ruang makan.

2. Privasi kurang terjaga

Karena kurangnya ruang, Anda kemudian memilih dapur tanpa sekat. Bukan tanpa kekurangan, sebaliknya privasi ketika menyiapkan makanan tidak terjaga. Jika Anda tidak sungkan memasak sambil diperhatikan tamu, ini tidak menjadi masalah. Berbeda jika Anda merasa segan. Mungkin akan menunda masak hingga tamu pulang atau tidak memasak sama sekali.

Kelebihan dan kekurangan dapur minimalis ukuran 3x3 tersebut sepertinya seimbang dan relatif, tergantung Anda sebagai pemilik rumah. Kekurangan yang ada bisa diakali dengan memaksimalkan desain interior Anda. Misalnya lewat pemilihan properti di dalam dapur. 

Sebaiknya pilih furnitur multifungsi, seperti kabinet yang sekaligus bisa digunakan sebagai meja. Atau meja dapur dengan ruang penyimpanan di bawahnya. Warna dinding juga mempengaruhi kesan lapang pada ruangan. Pilihlah warna pastel dengan aksen warna cerah, seperti merah atau ungu supaya ruang dapur tampak cantik dan terlihat lebih luas. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang

Jika Anda ingin melapisi dinding dengan keramik, sebaiknya pilih keramik dengan corak sederhana atau polos. Kesan luas juga didukung oleh pencahayaan ruangan. Memilih lampu dengan cahaya putih bisa memberi ilusi luas, lampu led yang simpel juga lebih baik daripada lampu yang terdapat banyak hiasan.

Selain cantik dan mewah serta tampak luas, perhatikan juga aspek kesehatan dalam dapur minimalis ukuran 3x3 Anda. Dapur yang sehat mesti dilengkapi dengan jendela dan ventilasi untuk kelancaran pergantian udara. Bersihkan keseluruhan bagian dapur minimal sepekan sekali dan langsung mengemas peralatan setelah digunakan. 

Pastikan aliran air dari tempat mencuci piring selalu lancar dengan rajin memeriksanya. Itulah ulasan mengenai dapur minimalis ukuran 3x3 beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama