8 Cara Makan Sushi yang Benar Sesuai Tradisi Jepang

Cara Makan Sushi yang benar (mood.sapo.pt)

Njajan.com - Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang paling populer. Makanan ini mempunyai ciri khas daging ikan mentah yang disajikan dengan tampilan unik. Dikatakan unik karena makanan Sushi harus digulung-gulung kemudian dipotong berbentuk tabung.

Setelah itu, Anda harus memakan Sushi secara benar. Soalnya, proses memakan Sushi ada tahap-tahap yang harus dijalani agar rasanya enak. Sayang, cara makan sushi yang benar sesuai tradisi di negara Jepang mungkin belum banyak diketahui. Oleh karena itu, kami akan membagikan cara makan Sushi yang benar dengan video agar Anda mudah memahaminya.

Baca juga: 3 Resep Makanan Korea Bergizi untuk Vegetarian

Seperti apa cara menyantap makanan Sushi? Simak ulasan yang dilansir dari Buzzfeed berikut.


1. Cara makan sushi


Menurut Chef Masaharu Morimoto dari restoran Morimoto di New York, cara  makan sushi yang benar adalah dengan memasukkan ke dalam mulut dalam sekali suap. Cara ini dilakukan untuk menjaga keharmonisan rasa.

Sebagian orang ternyata memakan sushi dengan cara yang salah yaitu dengan memakan ikan baru nasinya, ada juga yang digigit setengahnya dulu.


2. Irisan jahe (gari sushi)


Irisan jahe tidak perlu diletakkan di atas sushi atau dimasukkan ke dalam saus. Sebenarnya irisan jahe yang berwarna pink dan manis ini dimakan tanpa campuran untuk menetralkan rasa sushi sebelum menyantap sushi yang lain.


3. Urutan makan sushi


Umumnya menu sushi yang diinginkan dapat dipilih sesuai selera di restoran-restoran. Tetapi sebenarnya cara makan sushi mempunyai urutan untuk menjaga kualitas rasanya.

Menikmati sushi dimulai dari makan sashimi (daging ikan) dilanjutkan nigiri (kombinasi ikan dengan nasi) lalu maki roll (sushi yang digulung). Jika Anda memesan menu yang dimasak, semisal katsu, makanlah sebagai penutup.


4. Mencelup sushi


Cara makan sushi dengan mencelupkan ke dalam saus bisa membuat sushi tercerai-berai. Ini lantaran cara mencelupkannya yang tidak benar. Menurut Chef Naomichi Yasuda, sebelum mencelupkan balikkan sushi sehingga nasi berada di atas dan ikan di bawah.

Baca juga: 15 Tradisi Makan Paling Unik di Seluruh Dunia


5. Wasabi


Cara memakan wasabi yang betul adalah terpisah, bukan dicampur dengan kecap asin. Menurut Master Koji, seorang ahli sushi. Itulah mengapa wasabi diletakkan di atas piring menurut pesanan karena porsinya sudah disesuaikan.

Wasabi berfungsi sebagai bahan antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga wajib dimakan ketika Anda menyantap ikan mentah.


6. Menggunakan sumpit


Makan sushi seharusnya menggunakan sumpit seperti tradisi di Jepang, bukan langsung dengan tangan. Ini dikarenakan ada nilai seni ketika memegang sumpit dan menyantapnya dengan rapi.

Jika sumpit sedang tidak digunakan, sandarkan pada kotak kecil tempat sandaran sushi atau hashi oki. Boleh juga dengan meletakkan melintang di atas piring. Hindari meletakkan sumpit di meja dengan bersandar pada piring.


7. Jenis ikan


Menurut chef Robby Cook dari restoran Morimoto di New York, ada urutan sendiri dalam menikmati sushi berdasarkan jenis ikan. Urutan ini dipilih dari jenis daging sesuai bobotnya. Makanlah daging dengan tekstur ringan terlebih dahulu seperti scallop, dilanjutkan dengan ekor kuning, disusul salmon, dan tuna.


8. Menambahkan soyu (kecap asin Jepang)


Sushi dan sashimi biasa dicelupkan ke dalam kecap asin ini sebelum disantap. Tuangkan secukupnya ke dalam wadah, kemudian celup. Jangan terlalu dalam mencelupkan sushi. Selain dianggap tidak sopan, cara ini membuat rasanya menjadi terlalu asin dan sushi hancur berantakan.

Usahakan menyantap sushi sekaligus. Tetapi jika ukurannya terlalu besar, makan separuh dan tahan sisanya pada sumpit Anda, lalu habiskan pada suapan berikutnya. Jangan meletakkannya kembali ke piring jika tak ingin dianggap jorok dan tidak sopan.

Baca juga: 20 Kebiasaan Unik Cara Makan Orang Indonesia yang Tak Dilakukan di Negara Lain

Itulah cara makan sushi yang benar sesuai tradisi Jepang yang harus Anda tahu. Apabila Anda masih bingung, coba lihat video cara makan Sushi yang benar berikut.


Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


8 Cara Makan Sushi yang Benar Sesuai Tradisi Jepang 8 Cara Makan Sushi yang Benar Sesuai Tradisi Jepang Reviewed by Njajan on March 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.