5 Cara Memilih Telur Segar dan Resep Telur Ceplok Balado

Resep Telur Ceplok Balado (dapur-ziah.blogspot.com)

Njajan.com - Telur Ceplok Balado adalah salah satu masakan telur yang simpel tetapi mempunyai rasa yang menggugah selera. Menu ini biasa disajikan di rumah makan padang, tetapi Anda dapat membuatnya sendiri sesuai dengan cita rasa dan level pedas yang diinginkan. 

Baca juga: 3 Resep Kreasi Masak Telur Puyuh Aneka Bumbu

Cobalah resep Telur Ceplok Balado yang mudah dan praktis di bawah ini.

Resep Telur Ceplok Balado

Telur Ceplok Balado (dapur-ziah.blogspot.com)
Telur Ceplok Balado (dapur-ziah.blogspot.com)

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur ayam
  • 250 ml air
  • 150 gr minyak goreng
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu Balado:

  • Garam 3/4 sendok teh
  • Cabe rawit merah 15 buah
  • Tomat merah 1 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 butir
  • Lengkuas 2 cm
  • Penyedap rasa 3/4 sendok teh
  • Cabe merah yang besar 1 buah
  • Gula pasir 1 sendok teh

Cara Membuat Telur Ceplok Balado:

  1. Ceplok telur satu persatu dalam sedikit minyak panas
  2. Taburi dengan sedikit garam dan merica bubuk dibagian atasnya untuk menambah rasa gurih
  3. Balik telur dan goreng sampai matang
  4. Lakukan dengan cara seperti diatas untuk telur yang lainnya sampai habis, sisihkan sejenak
  5. Haluskan bumbu balado menjadi satu kemudian dogoreng dengan sedikit minyak
  6. Tunggu sampai harum lalu tuang air secukupnya
  7. Biarkan air mendidih lalu telur dimasukkan kedalamnya
  8. Tunggu sampai kuah menyusut dan meresap dengan telur
  9. Angkat dan sajikan

Telur ceplok balado nikmat disantap dengan nasi hangat dan kerupuk. Rasa gurih dan pedas masakan telur ini pasti bisa membuat seluruh keluarga bersemangat makan. 

Baca juga: Resep Sarapan Pagi Telur Dadar Gulung Gyeranmari Ala Korea

Telur ceplok akan terlihat lebih cantik jika bagian kuningnya berada di tengah dan tidak pecah. Caranya dengan menggoreng telur di tengah wajan. Gunakan wajan anti lengket agar telur tidak melekat. 

Menggoreng telur dengan meletakkannya di bagian tengah wajan akan membuat bagian kuning cepat mengeras. Ketika menggoreng geser-geser telur agar tidak terlalu kering. Kemudian siram minyak panas di atas telur selama satu menit agar matang sempurna.

Sebelum memasak Telur Ceplok Balado, sebaiknya Anda memilih telur segar yang kualitasnya baik agar masakan enak dan bernutrisi. 

Ciri-ciri telur yang baik untuk dikonsumsi dapat dikenali dari tampilan luar dan isi di dalamnya. Berikut cara mengenalinya.

1. Periksa tekstur cangkang telur


Cangkang telur yang baik kondisinya utuh dan tidak terdapat bagian yang retak. Telur yang segar mempunyai tekstur cangkang kasar dan berbintik-bintik. Jika telur yang Anda dapati licin dan terlihat mengkilat, artinya telur sudah lama dan mungkin rusak.

2. Rendam telur dalam air


Mengetahui telur layak dikonsumsi atau tidak, dapat dilakukan dengan merendam dalam mangkuk berisi air. Telur yang masih baik dan segar akan tenggelam sementara telur yang rusak akan mengambang di permukaan air.

3. Perhatikan aroma telur


Telur yang masih segar tidak akan mengeluarkan bau busuk ketika dipecahkan. Aroma tidak sedap bahkan bisa tercium dari luar cangkang jika kondisi telur benar-benar sudah busuk.

4. Amati bagian kuning telur


Telur yang berkualitas mempunyai bagian kuning telur yang pekat dan lengket, warnanya cenderung oranye, dan bentuknya cembung membulat. Kuning telur bisa diambil dengan mudah menggunakan tangan. Sedangkan telur yang sudah lama, bagian kuningnya berwarna cair dan mudah pecah.

5. Goncangkan telur dengan lembut


Goncangkan telur di dekat telinga. Telur yang masih baik tidak akan menimbulkan suara atau gerakan. Jika sebaliknya, maka telur sudah rusak dan tidak layak dikonsumsi.

Setelah mendapati telur yang segar, pisahkan dan simpan atau langsung diolah. Sementara yang sudah rusak sebaiknya dimusnahkan.

Baca juga: Harga Telur Mata Sapi Ini Rp 2 Jutaan, Seperti Apa Rasanya?

Itulah cara memilih telur segar berkualitas dan memasak resep Telur Ceplok Balado yang mudah, praktis, dan lezat. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


5 Cara Memilih Telur Segar dan Resep Telur Ceplok Balado 5 Cara Memilih Telur Segar dan Resep Telur Ceplok Balado Reviewed by Njajan on March 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.