Resep Siomay Dimsum Isi Ayam dan Udang

Resep siomay dimsum isi ayam dan udang (tupperware.id)

Njajan.com - Siomay sebenarnya adalah salah satu jenis dimsum, sejenis dumpling yang berasal dari Tiongkok. Nama aslinya yaitu shaomai. Dimsum ini biasa disajikan ketika berkumpul bersama keluarga dan teman-teman sambil minum teh. 

Siomay sendiri telah dimodifikasi sesuai dengan cita rasa Indonesia. Jika Siomay Dimsum di negara asalnya dibuat dengan daging babi, di sini bisa diganti dengan ayam dan udang. Agak berbeda dengan resep siomay Bandung yang terdiri dari bakso dan sayuran diberi bumbu kacang, Siomay Dimsum lebih simpel. Membuat Siomay Dimsum sendiri tidak begitu rumit. 

Dimsum sudah dikenal sejak zaman Dinasti Han (206M) sebagai menu yang dijual di kedai pinggir jalan untuk pedagang, petani, dan buruh yang singgah dalam perjalanan. Sejak abad ke-10 sudah ada sekitar 2.000 jenis dimsum. 

Baca juga: 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri

Namun, di restoran sekarang hanya tersedia paling banyak 100 jenis, di antaranya shaomai yang di lidah Indonesia menjadi siomay. Selain Indonesia, Hongkong dan Jepang juga mempunyai menu modifikasi dimsum yang biasa disantap untuk sarapan.

Anda bisa mengolah resep Siomay Dimsum yang lebih lezat dan sehat untuk keluarga dengan isi udang, ayam, jamur shitake, dan wortel. Sausnya pun disesuaikan dengan cita rasa makanan halal yaitu tanpa arak.


Resep Siomay Dim Sum

Resep Siomay dimsum isi udang (grid.id)
Resep Siomay dimsum isi udang (grid.id)

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam bagian paha 
  • 150 gram udang kupas bersih 
  • 3 buah jamur shitake kering 
  • 1 atau 2 sendok makan tepung maizena
  • Wortel secukupnya, iris kecil-kecil untuk taburan 
  • Kulit pangsit

Bumbu-bumbu:

Garam, gula, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, masing-masing 1 sendok makan.

Cara membuat:
Cara membuat siomay dimsum isi ayam dan udang (youtube.com)
Cara membuat siomay dimsum isi ayam dan udang (youtube.com)

  1. Cuci bersih udang, kemudian dikeringkan dengan handuk atau kertas tissue, agar kandungan air dalam adonan tidak terlalu banyak. Kemudian iris udang kecil-kecil atau dicincang, asal jangan diblender halus.
  2. Potong ayam kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam food processor agar menjadi daging cincang kasar. Jika tidak ada food processor, bisa dicincang dengan pisau cincang.
  3. Seduh jamur shitake dengan air panas sampai melunak, kemudian dipotong kecil-kecil. Kemudian campurkan semua bahan hingga merata.
  4. Setelah itu masukkan semua bumbu dengan takaran sesuai selera.
  5. Potong kulit pangsit menjadi bentuk bundar agar tampilannya cantik ketika sudah jadi.
  6. Masukkan bahan isi ke dalam kulit pangsit, dibentuk menyerupai cupcake. Bentuk dalam ukuran kecil, kira-kira setiap buah bisa langsung dilahap sekali suap. Ukuran kulit pangsit pun disesuaikan.
  7. Tambahkan potongan wortel di atas adonan, kemudian kukus.


Resep Siomay Dimsum sederhana di atas masih bisa divariasikan sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan di rumah. Misal menggunakan daging sapi untuk menggantikan ayam atau menambahkan bahan lain seperti kacang polong. 

Bagian paling sulit di sini adalah membentuknya agar cantik. Perlu ketelatenan untuk menjadikan Siomay Dimsum menjadi nampak enak dan menarik.

Baca juga: 20 Kebiasaan Unik Cara Makan Orang Indonesia yang Tak Dilakukan di Negara Lain

Untuk saus, Anda boleh menggunakan sambal, saus tomat, campuran saus tiram dan minyak wijen, atau bumbu kacang. Nikmati Siomay Dimsum dalam keadaan masih panas bersama sausnya.

Pastinya dengan membuat resep Siomay Dimsum di rumah, kelezatan dan kebersihannya lebih terjaga. Siomay Dimsum bisa dihidangkan bersama jenis-jenis dimsum yang lain seperti har gow atau dumpling udang, char siu baau atau semacam bakpau daging, dan phoenix claw atau ceker.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, klik like dan share sebelum beranjak ke dapur. Terima kasih.


Resep Siomay Dimsum Isi Ayam dan Udang Resep Siomay Dimsum Isi Ayam dan Udang Reviewed by Njajan on March 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.