Resep dan Tips Membuat Kastengel Renyah, Lembut, Kaya Rasa Keju

Resep dan tips membuat kastengel (ranicookies.com)

Njajan.com - Kastengel adalah kue kering yang hampir selalu muncul sebagai sajian hari raya, baik Natal maupun Lebaran. Rasanya yang gurih dan kaya keju bisa mengimbangi kue-kue lain yang manis seperti nastar, lidah kucing, dan putri salju. 

Kue kering ini juga bisa Anda buat sebagai camilan di rumah. Berikut resep kastengel dan tips membuatnya agar kastengel lembut dan renyah.

Resep Kastengel


Bahan-bahan:

  • 100 gr unsalted butter, suhu ruangan 
  • 50 gr margarin 
  • 1 kuning telur
  • 100 gr keju edam, parut 
  • 100 gr keju parmesan, parut 
  • 175 gr tepung terigu 
  • 25 gr tepung maizena
  • 1 sdm susu bubuk full cream

Taburan:

  • 2 kuning telur, kocok asal
  • 150-200 gr keju cheddar, parut

Cara membuat:

  1. Panaskan oven di suhu antara 125 - 160 C.
  2. Kocok/ campur butter + margarin dengan kuning telur, sekitar 2-3 menit.
  3. Masukkan keju edam dan parmesan, campur hingga rata dengan spatula/sendok kayu.
  4. Ayak terigu, maizena, dan susu bubuk, masukkan ke adonan dan campur rata.
  5. Gilas adonan dengan ketebalan sesuai keinginan dan bentuk sesuai selera. Oleskan kuning telur dan taburkan keju cheddar.
  6. Panggang hingga matang di loyang yang telah dioles margarin dengan suhu 160 C dalam waktu 25-30 menit.

Tips Membuat Kastengel Renyah dan Lembut

1. Gunakan tepung rendah protein

Agar kastengel renyah dan tahan lama, pilihlah tepung terigu rendah protein. Tepung ini mempunyai kandungan gluten rendah sehingga kastengel akan menjadi lebih renyah ketika matang. Sebelum dimasukkan ke dalam adonan, ayak tepung terlebih dulu supaya tekstur kue lebih ringan.

2. Gunakan mentega dan margarin sekaligus

Mentega mempunyai rasa yang khas sehingga kue lebih lembut dan beraroma. Sementara margarin tidak mudah meleleh dalam suhu ruang. Penggunaan kedua jenis lemak ini dapat membuat kastengel lebih renyah dan lembut. Perbandingan mentega dan margarin adalah 1:2 untuk hasil terbaik.

3. Pilihlah keju yang beraroma 

Ciri khas kastengel adalah rasa gurih kejunya dan aroma yang wangi. Agar kejunya lebih terasa, pilihlah keju beraroma kuat seperti gouda atau parmesan. Jika tidak, Anda dapat mencampurkan red cheddar dengan parmesan dengan komposisi 50:50.

Baca juga: Resep Martabak Manis Pandan dengan Topping Keju

4. Mengaduk adonan secukupnya

Mencampurkan adonan basah dan kering dengan mengaduknya, hanya cukup sampai rata dan bertekstur padat. Jika masih lembek, masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Mengaduk terlalu lama justru dapat membuat kue menjadi keras.

5. Oleskan kuning telur ketika kastengel sudah setengah matang

Agar warna tetap menarik dan parutan keju tidak rapuh, lakukan pengolesan dan taburan keju ketika kastengel sudah setengah matang. Keluarkan loyang dan oleskan kuning telur serta tabur keju dengan cepat supaya suhu kastengel tidak turun drastis.

6. Dinginkan kastengel sebelum dikemas

Seperti kue kering yang lain, kastengel harus didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam kemasan. Toples atau wadah bisa menjadi lembap karena suhu panas dari kue. Akibatnya kue cepat melempem dan tidak renyah.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kue Nastar yang Enak dan Lembut

Itulah resep dan tips membuat kastengel yang gurih, lembut, dan renyah. Dengan mengikuti langkah yang kami sajikan, Anda yang masih pemula pun dapat membuat kue ini. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Resep dan Tips Membuat Kastengel Renyah, Lembut, Kaya Rasa Keju Resep dan Tips Membuat Kastengel Renyah, Lembut, Kaya Rasa Keju Reviewed by Njajan on June 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.