Tips Membuat Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Garing untuk Lauk dan Camilan

tempe-goreng-renyah

Njajan.com - Enak dijadikan lauk atau camilan, itulah tempe goreng renyah. Makanan ini digemari oleh hampir semua kalangan, karena rasanya enak dan murah meriah. Meski dikabarkan kini bentuk tempe setipis ATM dan akan naik harga, peminatnya tak menurun sedikit pun. Nah, jika Anda ingin membuat tempe goreng yang tipis dan renyah, simak cara dan tips berikut ini.

Baca juga: 5 Kreasi Makanan Ringan Unik dari Tahu dan Tempe

Cara Membuat Tempe Goreng Tipis dan Renyah

tempe-goreng-renyah
Tempe (bangjim.com)
Sebelum membuat tempe goreng garing, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahannya yaitu tempe, tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, dan minyak goreng, lalu ikuti langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Tempe 
Pilih tempe berbentuk segi empat dan tebal dengan tekstur biji kedelai yang padat dan rapat. Anda bebas memilih tempe yang dibungkus daun atau plastik. Selanjutnya, tempe diiris membujur tipis, kira-kira dengan ketebalan 2 mm. Letakkan tempe di atas loyang dan angin-anginkan sebentar agar sedikit kering.

2. Membuat Adonan Tepung 
Campurkan 50 gram tepung terigu, 100 gram tepung beras, dan 2 sendok makan tepung sagu, aduk rata. Haluskan 2 siung bawang putih, campurkan dengan 1/2 sendok teh lada bubuk, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan bumbu ke dalam wadah tepung dan aduk sambil ditambahkan 200 ml air matang sedikit demi sedikit.
Jika ingin lapisan tepung agak tebal, buatlah adonan sedikit kental. Namun jika ingin lapisan tipis, buatlah adonan lebih encer.

3. Menggoreng Tempe 
Siapkan wajan dan panaskan minyak banyak dengan api sedang. Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung, lalu goreng. Jangan merendam tempe ke dalam adonan, supaya hasilnya benar-benar garing. Ketika menggoreng, jangan terlalu banyak memasukkan tempe untuk memastikan semua terendam minyak dengan sempurna. Setiap kali mencelupkan tempe, jangan lupa aduk adonan. Setelah berwarna keemasan, angkat dan tiriskan.

Baca juga: Ingin Gorengan yang Tidak Biasa? Coba Resep Gorengan Ala Jepang


Tips Agar Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Enak

tempe-goreng-renyah
Adonan Tempe Goreng (berita.baca.co.id)
Membuat tempe goreng renyah bisa dikatakan gampang-gampang susah. Berbeda dengan goreng tempe mendoan yang setengah matang, tempe goreng renyah harus garing tetapi tepungnya tidak keras. Agar tepung renyah, ikuti tips berikut.

1. Jangan Terlalu Banyak Tepung Beras
Terlalu banyak memasukkan tepung beras ke dalam adonan bisa menyebabkan hasilnya terlalu keras. Agar hasilnya renyah, gunakan perbandingan tepung terigu 75 persen dan tepung beras 25 persen. Dapat juga dengan menambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan agar tepung goreng tidak keras.

2. Adonan Jangan Terlalu Kental
Jika adonan tempe terlalu kental, akan sulit membuatnya menjadi garing dan renyah. Akibatnya Anda menggoreng lebih lama. Namun, alih-alih menjadi renyah malahan menjadi lebih keras. Maka sebaiknya adonan pencelup dibuat tidak terlalu kental.

3. Perhatikan Cara Mengiris Tempe
Iris tempe dengan bentuk tipis-tipis dan lebar. Ketika mengiris tempe, gerakkan pisau supaya bentuk hasil irisannya sempurna.

4. Bumbu Harus Meresap
Agar bumbu meresap ke dalam tempe, kerat-kerat tempe terlebih dahulu sebelum dicelupkan ke dalam adonan. Bumbu juga dapat dilumurkan pada tempe selain dicampurkan dengan adonan tepung. 

5. Gunakan Api Sedang untuk Menggoreng
Untuk menggoreng tempe, sebaiknya menggunakan minyak baru yang cukup banyak agar dapat terendam seluruhnya. Gunakan api sedang dan goreng setelah minyak panas, agar tempe matang hingga ke dalam. Jika Anda menginginkan tempe yang kering seperti keripik, goreng dengan api kecil sambil diaduk-aduk supaya garing merata.

Tempe goreng renyah bisa disantap sebagai camilan dengan sambal, cabai rawit, atau saus. Bisa juga menjadi lauk atau teman makan mi rebus, bakso, atau soto. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Tips Membuat Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Garing untuk Lauk dan Camilan Tips Membuat Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Garing untuk Lauk dan Camilan Reviewed by Admin on September 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.