5 Kreasi Makanan Ringan Unik dari Tahu dan Tempe

makanan-ringan-unik

Njajan.com- Tahu dan tempe merupakan bahan makanan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Olahan kedelai ini menjadi favorit karena mudah didapat, harganya terjangkau, dan dapat dijadikan aneka hidangan. Mulai dari sayur, lauk, hingga makanan ringan unik bisa dibuat dari tahu dan tempe.

Camilan yang biasa dibuat dari tahu dan tempe di antaranya tahu isi, tahu bakso, dan keripik tahu, serta tempe mendoan dan keripik tempe. Di bawah ini beberapa ide makanan ringan unik dari tahu dan tempe yang mungkin cocok untuk dijadikan bisnis kuliner kekinian.

Baca juga: Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam

1. Tahu Brintik 

Tahu Brintik dibuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil, kemudian dibalut tepung bumbu dan digoreng garing. Tepung untuk menggoreng tahu ini hampir sama seperti tepung ayam crispy. Hasilnya, bagian luar tahu goreng tepung ini bertekstur brintik atau keriting.

Untuk menambah rasa dan tampilan agar lebih menarik, Tahu Brintik dibumbui lagi dengan serbuk rasa barbeque, ayam atau sapi panggang, balado, black pepper, dan keju. Ada juga pilihan saus sambal dan mayonaise sebagai topping.

2. Tahu Jeletot 

Tahu Jeletot hampir sama seperti tahu isi pada umumnya. Keunikan tahu ini ada pada ukuran dan isi di dalamnya. Tahu Jeletot punya ukuran yang lebih besar dibandingkan tahu isi. Di dalamnya, sayur tumisan kol, tauge, wortel, dan racikan cabai yang membuat rasanya sangat pedas alias jeletot. Makanan ringan unik ini pas untuk Anda yang menyukai camilan ekstra pedas.

3. Tahu Walik

Makanan ringan unik ini merupakan camilan khas Banyuwangi. Tahu Walik hampir sama dengan tahu bakso yang pengolahannya dengan cara dibelah dan diberi isian bakso. Uniknya, tahu ini dibalik seperti namanya, walik.

Tahu keropos yang menjadi bahan pembuatannya dibelah, kemudian dibalik sehingga kulitnya berada di dalam dan bagian dalamnya yang lembut menjadi bagian luar. Selanjutnya tahu dijejali adonan bakso ayam, lalu digoreng hingga kering. Tekstur luar Tahu Walik ini lebih renyah daripada tahu bakso biasa.

Kenikmatan Tahu Walik semakin sempurna dengan bumbu petis ikan untuk dicocolkan sebelum disantap.

4. Brownies Tempe

makanan-ringan-unik
Brownies Tempe (sediksi.com)
Brownies biasanya dibuat dari bahan dasar tepung terigu. Namun, di Malang tempe dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat makanan ringan unik Brownies Tempe. 

Perpaduan brownies yang manis dengan tempe yang gurih memang terdengar aneh. Tetapi nyatanya makanan ini banyak diburu sebagai oleh-oleh. Bahan dan cara pembuatannya hampir sama seperti brownies umumnya. 

Bedanya, tempe ditambahkan untuk menggantikan setengah resep tepung terigu. Cokelat, gula, margarin, dan telur tetap dijadikan sebagai bahan pelengkapnya. Proses mengolahnya juga dengan cara dikukus. Tempe yang cenderung gurih ternyata bisa menyatu dengan rasa manis cokelat dan gula, sehingga rasa kue ini benar-benar enak dan unik.

5. Nugget Tempe

Nugget Tempe (sehatpagi.blogspot.com)
Nugget daging ayam barangkali sudah akrab dengan lidah Anda. Bagaimana dengan Nugget Tempe? Makanan ringan unik ini bisa jadi alternatif jika Anda menginginkan nugget yang rendah lemak dan kolesterol serta kaya protein.

Cara mengolah tempe menjedi nugget cukup mudah. Tempe dihaluskan, kemudian campur  dengan bumbu bawang putih parut dan bawang bombay cincang, keju parut, garam, dan merica bubuk. Seteleh itu adonan diratakan dalam loyang dan dikukus. Terakhir, adonan dipotong sesuai selera, lalu dicelup telur dan tepung panir, lantas digoreng hingga matang.

Baca juga: 5 Resep Pisang Goreng Crispy Kriuk-kriuk

Setelah membaca aneka kreasi makanan ringan unik dari tahu dan tempe di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? 

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share sebelum Anda beranjak. Terima kasih.



5 Kreasi Makanan Ringan Unik dari Tahu dan Tempe 5 Kreasi Makanan Ringan Unik dari Tahu dan Tempe Reviewed by Admin on February 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.