Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam

resep-nugget-ayam

Njajan.com - Olahan ayam tidak hanya ayam goreng, ayam bakar, opor ayam, atau ayam kecap saja. Nugget ayam termasuk salah satu olahan daging ayam yang lezat dan disukai banyak orang, terutama anak-anak. Karena nugget ayam tidak mengandung tulang, dapat dijadikan lauk ataupun camilan, serta bisa diolah dengan beragam variasi rasa. Resep nugget ayam tidaklah rumit, cukup sediakan filet ayam dan tepung terigu sebagai bahan dasar.

Baca juga: Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir

Agar menambah penasaran Anda, sebaiknya ketahui 5 hal unik dari nugget ayam dilansir dari Grunge berikut.
  1. Nugget ayam ditemukan oleh Robert C. Baker pada tahun 1963. Baker adalah seorang ahli ilmu pangan di Universitas Cornell yang pertama kali menciptakan olahan chicken stick.
  2. Nugget ayam awalnya hanya diolah dari daging ayam yang sudah tua, sebab ayam ini sudah tak dapat menghasilkan telur. Ayam tua juga tidak enak jika diolah dalam bentuk masakan ayam utuh. Namun, lama kelamaan nugget dibuat juga dari ayam muda yang rasanya lebih lezat.
  3. Meskipun dinamakan nugget ayam, bahan ayam dalam makanan ini hanya sekitar 50 persen saja. Sisanya adalah bahan pelengkap, yaitu terigu, minyak, sayuran, dan tepung panir.
  4. Selain bagian daging, bagian ayam yang lain juga bisa dimasukkan, seperti tulang rawan, fragmen tulang, dan jaringan usus.
  5. Cita rasa nugget ayam dari setiap negara berbeda-beda. Di negara Inggris, nugget ayam mempunyai kadar lemak lebih rendah daripada di Amerika Serikat. Hal ini terkait dengan peraturan tentang pangan di Eropa yang lebih ketat.
Nah, saatnya membuat nugget ayam dengan resep di bawah ini.


Resep Nugget Ayam

resep-nugget-ayam
Fillet Ayam (instuctables.com)
Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung panir atau tepung roti kasar
  • 300 gram daging ayam yang sudah digiling hingga halus
  • 100 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 1 sdt penyedap rasa
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 1 buah wortel ukuran sedang, diparut kasar
  • 2 butir telur ayam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
  1. Kocok tepung terigu dengan telur hingga rata.
  2. Tambahkan daging ayam giling, wortel parut, daun bawang, penyedap rasa, gula, dan garam secukupnya, kemudian aduk lagi hingga rata.
  3. Bentuk adonan sesuai dengan selera Anda. Usahakan ukurannya tidak terlalu besar supaya matang sempurna ketika digoreng.
  4. Ambil 5 sendok makan tepung roti kering, sisihkan dalam wadah.
  5. Masukkan adonan nugget ke dalam kocokan telur satu per satu, kemudian gulingkan ke dalam tepung panir kasar.
  6. Setelah adonan terbalut semuanya dengan tepung panir, lanjut ke proses menggoreng.
  7. Panaskan minyak dalam wajan, goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.
  8. Angkat dan tiriskan.
Nugget ayam ini digoreng dengan metode deep frying, jadi Anda harus menuangkan minyak yang banyak agar nugget terendam seluruhnya ketika digoreng.


resep-nugget-ayam
Bekal Nugget Ayam (beneficial-bento.com)
Baca juga: 6 Resep Bekal Sekolah Anak Untuk Hari Senin sampai Sabtu

Sajikan nugget ayam saat masih hangat, bersama saus barbeque atau saus sambal dengan nasi hangat dan lalapan. Nugget juga cocok untuk camilan sambil bersantai, serta sangat sesuai untuk menyiasati anak yang tidak menyukai olahan ayam. Selipkan nugget ke dalam kotak bekal mereka bersama nasi dan sayur dengan susunan yang menarik.

Wortel dapat diganti dengan sayur lain seperti paprika. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sebagai variasi, misalnya keju dan rumput laut. Jika artikel resep nugget ayam dari Njajan.com di atas bermanfaat, klik like dan share agar banyak yang mengetahui resep ini. Terima kasih.

Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam Reviewed by Admin on February 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.