10 Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simpel

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simpel


Njajan.com - Sekarang yang penting sehat biar bisa beraktivitas lancar. Nah, menu makanan 4 sehat 5 sempurna apa saja ya? Mungkin banyak di antara kamu yang masih bingung makanan sehat itu apa saja? Apakah rasanya enak?

Sebab, kebanyakan makanan sehat diidentikkan dengan makanan yang tidak enak. Berbeda dengan fast food yang kurang sehat, tapi banyak disukai orang.

Ternyata menu makanan 4 sehat 5 sempurna juga ada yang enak. Kami akan tunjukkan beberapa makanan tersebut.


Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simpel


1. Nasi liwet, sayur bening, tempe dan tahu goreng, salad buah segar, dan susu.


Menu ini adalah alternatif bagi yang bosan dengan nasi putih biasa. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. 

Sayur bening adalah sayur yang dimasak dengan air, garam, dan bawang merah. Tempe dan tahu goreng adalah lauk pauk yang kaya protein nabati. 

Salad buah segar adalah campuran buah-buahan potong yang disiram dengan madu atau sirup. Susu adalah minuman yang mengandung kalsium dan protein hewani.

2. Nasi putih, tumis tempe dengan sayur kangkung dan irisan tomat, semangka, dan susu almond. 


Menu ini adalah menu sehat yang mudah dibuat dan lezat. Nasi putih adalah makanan pokok yang mengandung karbohidrat. 

Tumis tempe dengan sayur kangkung dan irisan tomat adalah lauk pauk yang mengandung protein nabati, vitamin, dan mineral. 

Semangka adalah buah-buahan yang mengandung air dan antioksidan. Susu almond adalah minuman yang mengandung protein nabati dan lemak sehat.

3. Nasi hitam goreng dengan tambahan sayur kemangi dan irisan ikan tongkol, papaya atau pisang, dan susu kambing. 


Menu ini adalah menu sehat untuk diet atau menurunkan berat badan. Nasi hitam goreng adalah nasi yang dimasak dengan beras hitam yang mengandung antioksidan dan serat. 

Sayur kemangi dan irisan ikan tongkol adalah lauk pauk yang mengandung protein hewani, vitamin, dan mineral. Papaya atau pisang adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan potasium. 

Susu kambing adalah minuman yang mengandung protein hewani dan kalsium.

4. Nasi putih, ayam rica-rica, sayur sop, pisang, dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang pedas dan gurih. Ayam rica-rica adalah ayam yang dimasak dengan bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan daun jeruk. 

Sayur sop adalah sayur yang dimasak dengan air, garam, merica, dan bumbu lainnya. Pisang adalah buah-buahan yang mengandung potasium dan serat.

5. Nasi putih, tumis daging kacang panjang, urap daun singkong, semangka, dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang sederhana dan lezat. Tumis daging kacang panjang adalah lauk pauk yang mengandung protein hewani dan vitamin. 

Urap daun singkong adalah sayuran yang dimasak dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu. Semangka adalah buah-buahan yang mengandung air dan antioksidan.

6. Sandwich bento box. 


Menu ini adalah menu sehat yang praktis dan kreatif. Sandwich bento box adalah roti tawar gandum yang diisi dengan smoked beef, sosis, daun selada, tomat buah, keju slice, mayonaise, dan bawang bombay. 

Menu ini juga dilengkapi dengan buah-buahan potong seperti apel, anggur, atau jeruk. Susu bisa menjadi minuman pelengkapnya.

7. Nasi putih, soto ayam, lalapan (timun, tomat, selada), jeruk nipis, dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang hangat dan segar. Soto ayam adalah kuah kaldu ayam yang dimasak dengan kunyit, jahe, serai, dan bumbu lainnya. 

Lalapan adalah sayuran mentah yang disajikan dengan sambal atau kecap. Jeruk nipis adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan bisa dicampur dengan air atau susu.

8. Nasi putih, rendang daging sapi, sayur lodeh (labu siam, terong ungu, kacang panjang), salak pondoh (buah-buahan), dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang khas dari Sumatera Barat. Rendang daging sapi adalah daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti cabe merah kering, lengkuas, kunyit, jahe dll. 

Sayur lodeh adalah sayuran yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu. Salak pondoh adalah buah-buahan yang memiliki kulit bersisik dan daging berwarna putih.

9. Nasi putih, pepes ikan mas (ikan mas dibungkus daun pisang bersama bumbu halus), tumis kangkung terasi (kangkung ditumis dengan bawang merah, bawang putih, terasi), nanas (buah-buahan), dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang khas dari Jawa Barat. Pepes ikan mas adalah ikan mas yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dll kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus atau dibakar. 

Tumis kangkung terasi adalah kangkung yang ditumis dengan terasi atau pasta udang. Nanas adalah buah-buahan yang memiliki rasa asam manis.

10. Nasi putih, opor ayam (ayam dimasak dengan santan dan bumbu seperti kemiri, ketumbar dll), sambal goreng ati (ati atau hati sapi digoreng dengan cabe merah besar dll), sayur asem (sayuran seperti labu siam dll dimasak dengan air asam jawa dll), mangga (buah-buahan), dan susu. 


Menu ini adalah menu sehat yang khas dari Jawa Tengah. Opor ayam adalah ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu halus hingga empuk. 

Sambal goreng ati adalah ati atau hati sapi yang digoreng dengan bumbu seperti cabe merah besar, bawang merah, bawang putih dll. 

Sayur asem adalah sayuran yang dimasak dengan air asam jawa dan gula merah hingga asam manis. Mangga adalah buah-buahan yang memiliki rasa manis dan berbagai warna.

Kesimpulan


Demikian beberapa contoh menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang simpel. Jadi pada intinya setiap makanan ada sayur, daging, dan juga susu. Kemudian ada juga karbohidratnya yang biasa didapat dari nasi.

Itu saja yang membuat makanan 4 sehat 5 sempurna. Kamu harus makan makanan yang sehat biar tidak ada penyakit yang menghampiri. 

Sekarang banyak orang sakit karena apa yang mereka makan dan banyak pikiran.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @njajancom. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama