10 Makanan Sehat saat Puasa agar Tidak Lemas

Makanan Sehat saat Puasa (pinterest.co.kr)

Njajan.com - Masyarakat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa harus makan makanan sehat. Saat ini dunia sedang diserang virus Corona yang mematikan. Jadi, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan sembari menunaikan ibadah puasa.

Makanan sehat saat puasa beragam, tapi kebanyakan berasal dari buah dan sayur. Anda yang tidak terbiasa makan buah dan sayur, sebaiknya segera membiasakan diri. Pasalnya, makanan sehat dan alami ini baik sekali untuk tubuh. 

Baca juga: 5 Jajan Sehat untuk Anak dan Keluarga Paling Enak

Saat puasa, umat Muslim tidak makan dan minum. Oleh karena itu, mereka dianjurkan untuk sahur dan berbuka dengan makanan sehat. Jika umat Muslim makan sembarangan, nanti tubuhnya bisa lemas.

Makanan Sehat di Bulan Puasa


1. Nasi Merah


Sudah ada nasi putih mengapa harus makan nasi merah? Pertanyaan ini sudah biasa muncul bagi mereka yang kurang memahami pentingnya kesehatan. 

Tahukah Anda, nasi merah mempuyai kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Terlebih lagi, nasi merah mampu memberikan rasa kenyang lebih lama ketimbang nasi putih.

Nasi merah memiliki kandungan serat tinggi sehingga Anda akan terhindar dari sembelit atau sulit BAB. Proses buang air besar menjadi lancar dan tubuh Anda semakin sehat.

2. Kacang Almond

Makanan Sehat kacang almond saat puasa (kompas.com)
Makanan Sehat kacang almond saat puasa (kompas.com)


Bosan dengan makanan berat, Anda bisa mulai mengonsumsi camilan kacang almond. Makanan sehat selama puasa salah satunya adalah kacang almond. Soalnya jumlah kalori kacang almond lebih rendah dari kacang mede.

Selain itu, kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya setara dengan kacang hijau. Perlu Anda ketahui, jumlah antioksidan yang tinggi pada kacang almond dapat membantu kinerja jantung menjadi lebih baik. 

3. Oatmeal

Oatmeal makanan sehat saat puasa (medicalnewstoday.com)
Oatmeal makanan sehat saat puasa (medicalnewstoday.com)


Mungkin Anda tidak terbiasa makan oatmeal karena makanan pokok orang Indonesia adalah nasi putih. Namun, selama puasa ini sebaiknya Anda mulai memakan oatmeal. Ini karena oatmeal merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi putih.

Oatmeal mengandung gamdum utuh yang kaya serat. Enaknya lagi, kalau Anda mengonsumsi oatmeal maka rasa kenyang akan terasa lebih lama. Selain itu, oatmeal baik untuk kesehatan jantung dan bisa untuk menurunkan kolesterol.

4. Udang


Dari berbagai makanan seafood, selama bulan puasa makanlah udang. Di dalam seekor udang terdapat 7 kalori baik, sumber protein, kolin, yodium, dan fosfor.

Namun, Anda harus berhati-hati karena udang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Meski begitu, kalau makan udang dalam porsi yang tepat, maka Anda tidak akan kolesterol.

5. Telur


Asupan protein di saat puasa bisa diperoleh dari konsumsi telur. Dalam sebutir telur terdapat 6 gram protein. Anda akan terhindar dari kanker payudara jika rajin mengonsumsi telur. Hal ini karena terdapat kandungan zat kolin yang tinggi dalam telur.

Zat kolin juga baik bagi ibu hamil dan perkembangan otak pada janin. Namun, dalam seminggu Anda tidak disarankan makan telur lebih dari 6 butir. Sebab, kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Kalau Anda makan putih telur saja, tidak masalah.

Oh iya, bagi penderita diabetes juga tidak disarankan mengonsumsi telur karena bisa berpeluang terkena serang jantung.

6. Buah Apel


Buah apel sangat terkenal di kota Malang. Buah ini sangat bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. Dalam satu buah apel terkandung 80-130 kalori. Jadi kalau Anda makan 2 buah apel, bisa langsung kenyang.

Makan apel yang baik tidak dikupas kulitnya. Ini karena kulit apel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, apel juga baik untuk mencegah gigi berlubang dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

7. Buah Jeruk


Vitamin C yang baik didapat dari buah jeruk. Buah ini bisa membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Jeruk mempunyai kandungan flavonoid untuk menjaga kinerja jantung.

Di samping itu, buah jeruk dapat membantu Anda agar tidak dehidrasi selama puasa. Kandungan sitrat pada buah jeruk juga bisa mencegah Anda terkena penyakit batu ginjal.

8. Sayur Brokoli


Bagi yang tidak sayur, cobalah memakan brokoli. Sayur brokoli mengandung vitamin A, C, dan potasium. Dalam brokoli terdapat vitamin C yang sama dengan buah jeruk. Ada juga zat phythocemical yang bermanfaat untuk anti kanker.

Brokoli baik dimakan dengan cara direbus dalam waktu singkat. Sebaiknya brokoli tidak digoreng karena kandungan di dalam brokoli bisa berkurang.

9. Wortel


Untuk membantu menjernihkan mata, Anda bisa memakan wortel. Sayur ini mengandung vitamin A yang tinggi, jumlahnya bisa mencapai 200 persen. Vitamin A juga bisa menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Bahkan, ada yang menarik karena mengonsumsi wortel bisa meningkatkan kualitas kesuburan pria. Kandungan di dalam wortel bisa memperkuat sp3rm4.

10. Susu


Di dalam gelas susu berukuran 250 ml terdapat sekitar 146 kkal energi. Susu kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, susu juga mengandung asam folat, kalium, fosfor, dan magnesium. Agar rasa kenyang terasa lebih lama, lebih baik Anda minum susu full cream.

Tahukah Anda orang dewasa membutuhkan sedikitnya 1000-1200 mg kalsium perhari. Oleh sebab itu, Anda harus tetap mengonsumsi susu di sela makanan sehat lainnya.

Baca juga: 6 Panduan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 7-9 Bulan

Kesimpulan


Selama puasa Anda harus makan makanan sehat. Anda mungkin tidak mau makan buah dan sayur karena tidak enak. Hal tersebut salah karena buah dan sayur sangat enak dan baik untuk kesehatan di bulan puasa agar tidak lemas.

Ingat sekarang lagi pandemi virus Corona. Jadi kesehatan tubuh harus selalu dijaga. Jangan sampai Anda jatuh sakit gara-gara makan sembarangan selama berpuasa di bulan Ramadan.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


10 Makanan Sehat saat Puasa agar Tidak Lemas 10 Makanan Sehat saat Puasa agar Tidak Lemas Reviewed by Njajan on April 29, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.