Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan

Pisang Raja (garutexpress.id)

Njajan.com - Mengapa orang Jawa wajib memberikan seserahan berupa pisang raja? Ya, pisang raja merupakan salah satu seserahan wajib untuk lamaran dan pernikahan. Ternyata ini bukan untuk hidangan semata, melainkan ada arti mendalam pada buah tersebut.

Zaman sekarang, kawasan perkotaan mungkin sudah mulai jarang ditemukan ada seserahan berupa pisang raja. Namun, di daerah desa-desa masih menjunjung tinggi adat istiadat Jawa. Sehingga, mereka pasti membawa pisang raja untuk prosesi lamaran dan pernikahan.

Baca juga:  7 Cara Membuat Pisang Goreng Krispi Kriuk Enak dan Praktis

Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran


Anak-anak muda yang belum terlalu mengenal adat istiadat setempat, pastinya bertanya-tanya apa fungsi pisang raja dalam acara lamaran?

Sebelum menjalani pernikahan, biasanya diawali dengan prosesi lamaran. Acara ini ditujukan untuk mempertemukan kedua keluarga, baik dari calon pengantin laki-laki maupun perempuan. Dalam prosesi lamaran sudah terjadi ikatan sementara antara calon suami istri, tetapi belum sah di mata hukum dan agama.

Saat prosesi lamaran, keluarga calon pengantin laki-laki akan membawa seserahan, salah satunya setangkup pisang raja atau dua sisir pisang raja. Apa fungsi dan tujuan membawa pisang raja saat lamaran?

Menurut filosofi orang Jawa, pisang raja merupakan simbol kesuburan. Diharapkan pasangan calon pengantin yang akan menikah nanti segera diberikan keturunan.

Selain itu, biasanya pisang raja didampingi dengan buah dan kapur sirih. Arti dari seserahan buah jambe dan kapur sirih adalah simbol agar pernikahan ini nanti akan abadi selamanya atau langgeng sampai kakek nenek.

Fungsi Pisang Raja untuk Pernikahan


Apabila acara lamaran sudah berlangsung, biasanya sudah ditentukan kapan hari dan tanggal pernikahan. Saat hari pernikahan inilah dalam ada Jawa, sang pelaksana hajatan harus menyediakan sepasang pisang raja suluhan.

Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui istilah suluhan. Jadi, arti suluhan adalah pisang yang sebagian buahnya sudah sulu atau matang secara alami. Sebagian orang menyebutnya hiasan pisang tuwuhan. 

Kebanyakan pisang raja suluhan diletakkan di depan pintu masuk rumah tempat terselenggaranya acara pernikahan. Pisang raja dipasang di tiang kanan dan kiri. Tak hanya pisang, tuan rumah juga harus menyiapkan daun, batang, dan akar pisang raja lengkap.

Fungsi atau tujuan pemilihan pisang raja suluhan yaitu agar kedua mempelai pria dan wanita benar-benar sudah dewasa, bukan anak-anak lagi. Dengan simbol kedewasaan ini diharapkan pasangan suami istri menjadi lebih dewasa dalam menyikapi sesuatu. Sehingga jika ada permasalahan maka dapat diselesaikan dengan damai.

Jenis pisang raja yang digunakan untuk pisang suluhan adalah pisang raja talun. Pisang ini mempunyai ukuran sangat besar dan masuk dalam varietas pisang unggulan. Bahkan, pemilik hajatan biasanya rela mengeluarkan uang yang banyak demi mendapatkan pisang tersebut.

Pisang suluhan raja mengandung filosofi, di antaranya simbol cinta sejati karena pohon pisang hanya berbuah sekali selama hidupnya. Pasangan pengantin diharapkan dapat membangun rumah tangga yang langgeng, sekali seumur hidup.

Selain itu, diharapkan suami istri nanti dapat menjadi raja dan ratu di rumah tangga serta mampu memimpin sekaligus menjadi teladan bagi anak cucu.

Pisang Raja Bulu (kbhsalamaninaction)
Pisang Raja Bulu (kbhsalamaninaction)


Kandungan Gizi Pisang Raja


Nama makanan: Buah pisang raja
Banyaknya buah pisang raja yang diteliti = 100 gr 
Bagian buah pisang raja yang dapat dikonsumsi = 70 persen

  • Energi = 120 kkal
  • Protein = 1,2 gr
  • Lemak Buah Pisang Raja = 0,2 gr
  • Karbohidrat = 31,8 gr
  • Kalsium = 10 mg
  • Fosfor = 22 mg
  • Zat Besi = 1 mg
  • Vitamin A = 950 IU
  • Vitamin B1 = 0,06 mg
  • Vitamin C = 10 mg


Manfaat Makan Pisang Raja



  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Menambah energi tubuh
  3. Memperkuat tulang
  4. Mengurangi gangguan penglihatan
  5. Menurunkan hipertensi
  6. Mengurangi terkena batu ginjal
  7. Menyembuhkan penyakit maag
  8. Makanan bayi bergizi
  9. Masker kesehatan kulit wajah alami
  10. Menyembuhkan penyakit kutil
  11. Memperbaiki mood negatif
  12. Mengatasi anemia
  13. Menyembuhkan asma atau gangguan pernapasan
  14. Menghilangkan jerawat
  15. Mengatasi disfungsi ereksi
  16. Menyuburkan rambut


Ciri-ciri Pisang Raja


Buah pisang raja mempunyai rasa yang sangat manis dan aromanya wangi. Pisang ini memiliki getah yang lebih sedikit dan tekstur yang lembut saat dimakan. Pisang raja mempunyai batang yang lunak dan berwarna kehijauan. Kulit pisang ini juga lebih tebal. Pisang raja yang belum matang akan berwarna hijau, kalau sudah matang warnanya kuning. 

Jika ingin mendapat pisang raja yang bagus, maka pilih yang sudah berwarna kuning. Jangan membeli pisang raja yang kulitnya cacat. Namun, kalau kulit pisang berwarna bercak cokelat, justru pisang tersebut sudah matang dan siap dimakan.

Simpan pisang raja di suhu ruangan. Apabila Anda menyimpan pisang ini di dalam kulkas maka warna akan cepat berwarna hitam dan nutrisinya menghilang.

Harga Pisang Raja



  • Buah pisang raja besar = Rp 25.000
  • Pisang raja sereh = Rp 19.000
  • Buah pisang raja bulu = Rp 25.000
  • Pisang raja 1 sisir = Rp 60.000
  • Bibit pisang raja merah = Rp 35.000
  • Bibit pisang raja bulu = Rp 29.000
  • Bibit pisang raja sereh = Rp 27.000
  • Bibit pisang raja nangka asli = Rp 75.000
  • Bibit pisang raja seribu = Rp 80.000
  • Keripik pisang raja = Rp 14.500
  • Sale pisang raja siem = Rp 7.000
  • Pisang nugget frozen raja = Rp 15.000
  • Ledre pisang raja = Rp 18.000
  • Tepung pisang raja gluten free = Rp 27.000


Demikian segala informasi lengkap tentang pisang raja, mulai dari pengertian, ciri-ciri, manfaat, fungsi, kandungan gizi, harga, dan lain-lain. Pisang raja sering dicari apabila ada lamaran dan pernikahan. Selebihnya pisang raja cukup jarang dikonsumsi karena harganya yang mahal.

Baca juga: 5 Resep Pisang Goreng Crispy Kriuk-kriuk

Lebih baik, Anda menanam sendiri pisang raja di kebun agar sewaktu-waktu bisa makan pisang raja. Terlebih kalau sedang musim kawin, Anda dapat menjual pisang raja sebagai seserahan.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan Reviewed by Njajan on September 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.