10 Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan

Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan (cgtrader.com)

Njajan.com - Pelanggan cafe kebanyakan menyukai desain cafe yang minimalis. Jadi, sekarang tidak terfokus pada sajian kopi yang enak saja, tetapi juga desain cafe yang instagramable. Selain untuk bersantai sambil menikmati kopi, desain cafe yang cantik dapat dipakai untuk menghias feed Instagram agar terlihat kece.

Para remaja zaman sekarang sepertinya sudah tidak mempedulikan masalah harga makanan atau minuman. Mereka lebih tertarik dengan cafe yang sedang trend atau tempat makan yang asyik untuk foto-foto. Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan desain cafe begitu penting, terutama untuk memikat pelanggan.

Baca juga: 15 Restoran Romantis di Jakarta Untuk Kencan Bersama Pasangan

Selain itu, desain interior cafe yang bagus tidak bisa dirancang secara asal-asalan. Menurut penilitian Hansan E. Kusuma, seorang arsitek dan peneliti lulusan ITB, salah satu faktor penting yang bisa membuat pelanggan betah di cafe adalah furnitur yang bagus, desain cafe yang unik, dan aksesibilitas yang mudah.

Tips Menciptakan Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan


1. Perpaduan Warna Cafe yang Cerah


Dalam penentuan warna desain dinding cafe, Anda dapat menggunakan perpaduan warna antara putih dan abu-abu. Warna tersebut dapat memunculkan kesan modern ke dalam interior cafe. 

Perpaduan Warna Desain Cafe Minimalis (designplusmagazine.com)
Perpaduan Warna Desain Cafe Minimalis (designplusmagazine.com)


Alternatif lain, Anda bisa mengaplikasikan warna merah karena karakter warna merah dapat meningkatkan selera makan seseorang dan membuat orang cepat merasa lapar.

2. Interior Cafe yang Unik


Bagaimana cara menciptakan desain cafe yang unik? Saat ini desain cafe unik menganut gaya modern, industrial, minimalis, serta kontemporer. Selain itu, dekorasi cafe dengan desain unfinished bergaya industrial juga bisa memunculkan nuansa ruang yang lebih hidup.

3. Pemilihan Meja dan Kursi Cafe


Agar pengunjung betah berlama-lama di cafe, pemilihan meja dan kursi juga tidak boleh asal-asalan. Kalau bisa pemilihan meja kursi mencakup semua kebutuhan para pelanggan. 

Pilih meja dan kursi rendah untuk pelanggan yang ingin sekadar mengobrol santai atau bertemu dengan klien. Jangan lupa pilih kursi dengan sandaran dan dudukan yang nyaman. Desain kursi boleh unik, tetapi harus mengedepankan masalah kenyamanan.

Desain Meja dan Kursi Cafe Minimalis (alther.com.co)
Desain Meja dan Kursi Cafe Minimalis (alther.com.co)


Setiap cafe diharapkan juga memiliki meja bar panjang untuk pengunjung keluarga atau kelompok komunitas. Soalnya, sebagian pengunjung suka datang bersamaan dengan teman sekantor atau anggota keluarga yang jumlahnya banyak.

4. Plafon atau Langit-langit Cafe


Mungkin kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan plafon atau langit-langit cafe. Namun, sejatinya, pemilihan plafon cukup penting untuk membuat nyaman pengunjung cafe. Pilihan yang tepat untuk plafon cafe yaitu plafon akustik.

Jenis plafon ini dapat meredam kebisingan di ambang tertentu. Tujuannya agar masyarakat sekitar atau orang-orang yang suka ketenangan tidak terganggu dengan hiruk pikuk di ruangan yang ramai.

Plafon akustik juga dapat dipasang dengan rangka kayu atau metal pabrikan. Selain itu, plafon ini juga ringan sehingga dapat diganti dengan proses yang lumayan cepat. Sayangnya, plafon seperti ini tidak tahan air dan harganya relatif mahal, sehingga di daerah tertentu masih jarang dijumpai.

5. Desain Jendela Cafe yang Bagus


Fungsi jendala untuk jalan keluar masuk udara dan sebagai penerangan secara alami. Kalau untuk cafe, pemilihan desain jendela juga harus diperhitungkan. Biasanya, banyak cafe memilih pengguna jendela cafe berukuran besar dan tembus pandang.

Jendela cafe yang besar dan transparan dapat menarik perhatian semua orang dari luar. Mereka bisa melihat suasana di dalam cafe dan menyaksikan keramahan pelayanan cafe sehingga banyak pelanggan yang tergoda untuk datang ke cafe tersebut.

6. Cafe Minimalis dengan Internet Super Cepat


Walau desain cafe minimalis, tetapi harus tersedia koneksi internet atau WiFi yang super cepat. Saat ini semua orang membutuhkan sambungan internet untuk membuka media sosial dan mengerjakan tugas sekolah atau kantor. 

Jadi sediakan internet super cepat di cafe. Kalau perlu, sediakan beberapa komputer agar seseorang yang kerjanya tidak di kantor dapat melakukan pekerjaannya di cafe. Biasanya pengunaan komputer ini dibebankan ke pelanggan berdasarkan lama waktu penggunaan.

7. Pencahayaan Cafe yang Menarik


Dalam pencahayaan cafe terdapat dua pilihan, yakni artifisial dan alami. Jenis pencahayaan artifisial sangat erat kaitannya dengan pemilihan jenis lampu. Sedangkan, model pencahayaan alami bisa didapat langsung dari cahaya alami sinar matahari atau cahaya bulan.

Pencahayaan Cafe Minimalis (contemporist.com)
Pencahayaan Cafe Minimalis (contemporist.com)


Untuk masalah pencahayaan, ada baiknya disesuaikan dengan dekorasi interior dan furnitur di dalam cafe. Lebih baik dipadukan antara pemilihan lampu yang menarik dan pencahayaan alami untuk siang hari.

8. Pilih Furniture Cafe yang Sederhana


Sebagian orang mungkin lebih suka dengan furniture yang banyak ukirannya. Namun, terkadang furnitur seperti ini justru membuat efek berat pada mata. Kalau bisa pilih furniture cafe yang sederhana, polos, dengan ukuran sedang.

Ukuran furniture juga berpengaruh pada interior cafe yang minimalis. Kalau desain cafe memang minimalis sebaiknya furnitur yang dipilih juga minimalis agar tidak membuat ruangan terasa penuh sesak.

9. Dinding Dapur Kaca


Ruangan cafe minimalis biasanya cukup sempit. Agar terasa lebih lega dan luas, dinding dapur dapat dibuat dari kaca transparan atau kaca bening. Tujuannya agar pelanggan dapat melihat ruangan lebih luas dan menyaksikan aksi koki atau bartender dalam membuat hidangan.

Sensasi seperti ini jarang ditampilkan di cafe. Soalnya, cukup banyak cafe yang menyembunyikan bagian dapurnya dengan alasan tertentu. Namun, ada pula cafe yang sengaja menampilkan aksi koki di depan agar para pelanggan dapat ikut menikmatinya.

10. Eksterior Cafe Unik


Tidak hanya bagian interior saja, bagian luar cafe juga penting. Sebaiknya berikan sentuhan gaya unik di desain ekterior cafe. Sebab, desain cafe bagian luar merupakan identitas yang menentukan pelanggan mau masuk atau tidak.

Kalau desainnya unik, tentu pengunjung akan penasaran dengan interiornya. Berbeda kalau ekterior cafe biasa saja, kemungkinan pelanggan akan masuk untuk minum kopi atau memesan makanan cukup kecil.

Demikian beberapa tips desain cafe minimalis yang menarik dan dapat memikat pelanggan. Bisnis cafe seperti ini harus diperhitungkan dari jauh-jauh hari. Jangan hanya mencari lokasi yang strategis saja, tetapi melupakan desain cafe itu sendiri.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong dan Berburu Kuliner Instagramable Surabaya

Sekarang zamannya media sosial Instagram, sehingga puaskan mata pelanggan dengan desain cafe yang unik dan menarik. Para pelanggan yang loyal tentu akan menjadi jasa pemasaran cafe Anda. Mereka rela membagikan keindahan cafe secara cuma-cuma agar banyak orang yang datang ke cafe Anda.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


10 Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan 10 Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan Reviewed by Njajan on August 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.