5 Cara Cepat Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning

Cara Cepat Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning (grid.id)

Njajan.com - Mengupas kunyit sering kali bikin kesal semua orang. Pasalnya, setelah mengupas kunyit, tangan dan kuku menjadi kuning. Terlebih, noda kuning dari kunyit cukup sulit dihilangkan.

Hal ini tentunya membuat semua orang malas mengupas kunyit. Padahal, ada tips dan trik agar tangan tidak kuning saat mengupas kunyit. Selain itu, ada cara cepat mengupas kunyit yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

Namun, terlebih dahulu, kami akan menunjukkan tips dan cara mengupas kulit kunyit agar tangan tidak kuning. Setelah itu, dilanjutkan cara cepat mengupas kunyit, dan terakhir cara menghilangkan noda kunyit di tangan.

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Minyak di Wadah Plastik

Cara Mengupas Kunyit agar Tangan tidak Kuning

Cara Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning (esternotes.blogspot.com)
Cara Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning (esternotes.blogspot.com)


  1. Saat mengupas kunyit jangan terlalu ditekan. Anda cukup memegang biasa saja bagian luar kulit kunyit. Kemudian segera bilas tangan dengan air begitu selesai mengupas kunyit.
  2. Agar noda kuning tidak menempel di tangan, maka kupas kunyit di air yang mengalir atau di dalam wadah berisi air. Ini bisa meminimalisir noda kuning kunyit menempel di kulit tangan atau kuku.
  3. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa saat mengupas kunyit. Caranya, minyak kelapa dioleskan ke tangan sebelum mengupas, lalu setelah selesai langsung cuci bersih seluruh bagian tangan dan kunyit.
  4. Jika tak ingin terkena noda kunyit maka Anda bisa mengenakan sarung tangan plastik atau lateks. Dengan begitu, tangan Anda tidak menyentuh kunyit secara langsung dan tangan tetap bersih tanpa noda kuning.
  5. Segera cuci bersih tangan begitu selesai mengupas kunyit. Jadi, Anda harus berada dekat dengan air agar bisa lekas mencuci tangan setelah mengupas kunyit.


Baca juga: 6 Cara Membuat Dapur Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Cara Cepat Mengupas Kunyit


Tekstur kulit kunyit dan jahe hampir sama. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan tips dari Chef's Table tentang cara cepat mengupas kunyit. Namun, di videonya, mereka mempraktekkan cara cepat mengupas jahe.

Intinya, Anda akan membutuhkan waktu lama kalau mengupas kunyit menggunakan pisau atau peeler. Anda dapat menghemat waktu dengan cara mengupas kunyit memakai sendok.

Sisi tumpul pada sendok ternyata tetap bisa dipakai untuk mengupas kunyit dan justru lebih cepat dan tidak terlalu membuang banyak bagian kunyit. Hasilnya, kupasan kunyit lebih rapi, bersih, dan cepat. Kami sudah mencobanya dan ternyata lebih cepat pakai sendok.

Ingin tahu buktinya, Anda bisa melihat video berikut:

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan

Tangan Kuning Setelah Mengupas Kunyit (nakita.grid.id)
Tangan Kuning Setelah Mengupas Kunyit (nakita.grid.id)

Sebagian cara di atas untuk menanggulangi agar tangan tidak terkena noda kuning setelah mengupas kunyit. Namun, kalau sudah terlanjur terkena noda kuning kunyit, bagaimana cara menghilangkannya?

Anda dapat menghilangkan noda kunyit di tangan menggunakan minyak zaitun. Kalau menggunakan sabun masih sulit membersihkan noda kunyit, maka pakai minyak zaitun saja.

Caranya, gosok-gosokkan minyak zaitun pada bagian tangan yang terkena noda kunyit, lalu cuci dengan sabun dan terakhir bilas dengan air bersih.

Oh iya, apabila Anda tidak mempunyai minyak zaitun, maka Anda bisa menggunakan minyak jarak, minyak kayu, alkohol dengan kadar ringan, dan parutan lengkuas.

Baca juga: 5 Tips Membuat Ikan Bakar Enak dan Anti Hancur


Itulah beberapa cara cepat mengupas kunyit agar tangan tidak kuning lengkap dengan cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Walau cara ini terkesan sederhana, tapi pasti sangat berguna untuk urusan dapur.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


5 Cara Cepat Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning 5 Cara Cepat Mengupas Kunyit Agar Tangan Tidak Kuning Reviewed by Njajan on September 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.