5 Tips Membuat Ikan Bakar Enak dan Anti Hancur

Cara Membuat Ikan Bakar Anti Hancur (masakapahariini.com)

Njajan.com - Ikan bakar adalah salah satu menu favorit untuk dinikmati ketika berkumpul bersama teman-teman atau keluarga. Momen menyambut tahun baru, camping di gunung atau pantai, dan pesta kebun, semakin lengkap dengan sajian nikmat ini. Agar ikan bakar tidak hancur ketika dibakar dan rasanya lezat, ikuti tips di bawah ini.

Baca juga: Resep Kepiting Saus Padang dan Tips Mengolah Kepiting yang Benar

Cara Membuat Ikan Bakar agar Tidak Hancur

Cara Membuat Ikan Bakar Tidak Hancur dan Enak (drhealthbenefits.com)
Cara Membuat Ikan Bakar Tidak Hancur dan Enak (drhealthbenefits.com)


1. Pilih jenis ikan yang sesuai


Ikan yang cocok untuk dibakar yaitu yang berdaging tebal dan teksturnya tidak mudah hancur, seperti:


  • Ikan Gurame


Ikan air tawar ini mempunyai daging padat dengan rasa yang gurih. Duri yang besar membuat mudah dipisahkan dari dagingnya.


  • Ikan Bawal


Ikan ini banyak dipilih karena dagingnya lembut dan gurih, meski memiliki banyak duri.


  • Ikan Nila


Nila bakar sudah pasti ada di restoran yang menyediakan menu ikan bakar. Dagingnya yang gurih dan tebal mudah menyerap bumbu sehingga rasanya sangat enak.


  • Ikan Kuwe


Ikan laut yang enak untuk dibakar pastinya ikan kuwe. Tulang yang besar dan daging dengan rasa manis adalah kelebihannya.


  • Ikan Baronang


Ikan laut ini berbentuk pipih dan lebar sehingga mudah dibakar. Dagingnya juga tebal dan lembut serta durinya jarang.

2. Gunakan ikan segar


Hindari membuat ikan bakar dari ikan yang sudah dibekukan. Belilah di pasar tradisional agar mendapatkan ikan yang masih segar. Jika membeli sehari sebelum digunakan, simpan dalam kotak berisi es batu. 

Sebelum diolah, cuci bersih ikan dan buang isi perutnya. Kerat kedua sisi badan ikan untuk mempermudah bumbu meresap. Untuk ikan yang besar, belah membujur di salah satu sisi, kemudian bentangkan melebar agar cepat matang merata. 

3. Marinasi ikan


Racik bumbu seperti bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan garam untuk membumbui ikan. Jika Anda ingin rasa yang sederhana, rendam saja dengan campuran garam dan jeruk nipis. Agar bumbu meresap, marinasi ikan selama 15 hingga 20 menit dengan menyimpannya di dalam kulkas.

4. Olesi dengan minyak


Sebelum dibakar, oleskan sedikit minyak pada ikan. Oleskan juga pada alat pemanggang agar ikan tidak lengket.

5. Proses membakar


Gunakan penjepit ikan bakar, jika Anda ingin dapat membaliknya dengan mudah. Letakkan ikan tanpa tambahan bumbu, tunggu hingga agak kering apabila Anda akan menambahkan olesan bumbu. Setelah 5 menit ikan baru dapat diubah posisinya atau dibalik. Bakar selama 10 menit agar matang sempurna.

Ikan bakar akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal. Sensasi rasa ikan yang gurih dipadukan dengan rasa pedas, semestinya dapat membuat selera makan Anda melonjak. Beberapa sambal ini sangat cocok digandengkan dengan ikan bakar.

Sambal Enak Untuk Ikan Bakar

Sambal Enak untuk Ikan Bakar (tatashey.com)
Sambal Enak untuk Ikan Bakar (tatashey.com)


1. Sambal dabu-dabu


Sambal dari Manado ini mempunyai rasa pedas yang unik. Dibuat dari campuran irisan tomat, cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang merah, teksturnya sesuai dengan daging ikan yang lembut.

2. Sambal terasi


Sambal ini enak dijadikan pelengkap semua menu makanan, mulai dari gorengan, bakaran, hingga makanan berkuah seperti sop ayam. Tambahan terasi akan membuat ikan bakar semakin gurih dan sedap.

3. Sambal limau


Sambal ini dibuat dari campuran cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih, ditambah perasan jeruk limau. Karena disajikan mentah, rasa bahan-bahannya cukup tajam tetapi segar dengan perasan jeruk.

4. Sambal kecap


Sambal ini bisa dikatakan paling sederhana. Hanya dengan melelehkan kecap manis di atas ikan yang dibakar, lalu tambah dengan irisan cabai dan tomat. Terbayang rasa gurih manisnya bukan?

5. Sambal matah


Tak hanya cocok untuk menemani bebek dan ayam bakar, sambal khas Bali ini juga bisa disajikan dengan ikan bakar. Iris cabai merah, cabai rawit, dan serai, kemudian siram dengan minyak panas untuk membuatnya. Tuangkan sambal di atas ikan bakar dan tunggu sebentar agar meresap ke dalam daging. 

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Rendang Kering Khas Padang

Itulah tips-tips yang harus Anda perhatikan untuk membuat ikan bakar yang enak dan tidak hancur. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share. Terima kasih.


5 Tips Membuat Ikan Bakar Enak dan Anti Hancur 5 Tips Membuat Ikan Bakar Enak dan Anti Hancur Reviewed by Njajan on May 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.