Resep dan Cara Membuat Rendang Kering Khas Padang

Resep Rendang Kering Asli Padang (masteresep.com)

Njajan.com - Rendang kering merupakan makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat, yang sangat istimewa. Lauk lezat ini biasa dihidangkan dalam berbagai acara adat Minangkabau dan santapan sehari-hari. Hidangan ini terkenal kelezatannya di seluruh dunia dan Rendang sering memenangkan nominasi makanan terenak di dunia.

Rendang kering juga dapat dijadikan oleh-oleh dari daerah Sumatera Barat, terutama yang diproduksi di sekitar Payakumbuh dan kota Padang. Kini rendang kering juga tersedia dalam kemasan kaleng dan plastik. Cara membuat rendang kering tidak mudah, memasaknya pun memerlukan waktu hingga berjam-jam.

Baca juga: 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri

Namun, setelah Rendang Kering tersaji di atas meja, segala kesabaran membuatnya terbayar. Selain rendang kering dari potongan daging, rendang kering juga dibuat dengan bahan paru dan telur. Jika biasanya Anda hanya menikmati sajian ini di rumah makan Padang, cara membuat rendang kering di bawah ini bisa diikuti untuk menghasilkannya sendiri.


Resep Rendang Kering

Cara membuat rendang kering (oomph.co.id)
Cara membuat rendang kering (oomph.co.id)

Bahan-bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa yang agak tua ( parut dan ambil santannya )

Bumbu yang dihaluskan:

  • 50 gr bawang merah
  • 1 sdm bawang putih halus
  • 200 gr cabai merah keriting
  • 2 sdm jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 1/4 butir pala
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 keping bunga lawang
  • 2 buah cengkeh
  • 2 butir kemiri
  • Garam secukupnya

Bumbu lainnya:

  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk purut

Cara membuatnya:

  1. Daging sapi yang sudah dibersihkan, potong sesuai selera.
  2. Bagi 2 bagian bumbu yang dihaluskan dan bumbu lainnya.
  3. Bumbu yang sudah terbagi campurkan ke santan dan satunya lagi campurkan ke daging.
  4. Ungkep daging dengan api kecil sampai air menyusut.
  5. Masak santan yang sudah dibumbui dengan api kecil, aduk jangan sampai pecah.
  6. Setelah santan matang (ditandai dengan bintik-bintik minyak dibagian pinggir wajan), masukkan daging yang sudah diungkep.
  7. Aduk sesekali agar santan dan bumbu tidak lengket di wajan.
  8. Masak sampai santan kering menjadi bumbu berminyak dan meresap ke daging.
  9. Rendang yang sudah berwarna coklat kehitaman siap diangkat

Rendang Denai Kering (tumbusapa.com)
Rendang Denai Kering (tumbusapa.com)

Proses pengapian rendang setidaknya memakan waktu selama 4 jam. Cara ini membuat rendang awet dan bumbunya meresap. Rendang kering nikmat disajikan setiap saat, dengan sayur daun singkong rebus sebagai lalapan. Sayur rebus dapat mengimbangi kolesterol dari santan. Ditambah dengan sambal hijau atau sambal lado mudo khas Padang.


Rendang Kering dapat bertahan selama beberapa minggu jika dimasak dengan baik, sehingga  dapat dijadikan oleh-oleh atau bekal bepergian mulai dari kemping hingga pergi berhaji.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Pedas Istimewa

Cara membuat Rendang Kering yang tahan lama yaitu memasaknya dengan api kecil hingga bumbu meresap sempurna. Rendang kering juga menjadi awet karena penggunaan rempah-rempah yang beragam. 

Selain menambah aroma dan rasa, ternyata rempah-rempah seperti pala, cengkeh, ketumbar, juga berguna sebagai antioksidan dan pengawet. Tak heran jika rempah-rempah sampai diburu bangsa lain di dunia. 

Rempah-rempah juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia hingga mancanegara. Rendang kering bisa dijadikan stok lauk, terutama untuk anak kost yang tinggal di perantauan. Cukup dihangatkan dan disantap bersama nasi, hidangan ini bisa memuaskan selera Anda dan memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Baca juga: 10 Restoran Mewah Ini Ternyata Milik Para Chef Selebriti Indonesia

Itulah cara membuat rendang kering khas Padang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Jika artikel Njajan.com bermanfaat, silakan klik like dan share kepada teman-teman Anda. Terima kasih.


Resep dan Cara Membuat Rendang Kering Khas Padang Resep dan Cara Membuat Rendang Kering Khas Padang Reviewed by Njajan on March 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.