Tips Memasak Paru Sapi dan Resep Dendeng Paru Khas Minang yang Lezat

tips-memasak-paru-sapi

Njajan.com - Paru sapi memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang gurih, nikmat jika diolah menjadi dendeng, balado, atau digoreng kering. Seperti jeroan yang lain, memilih, membersihkan, dan mengolah paru memerlukan ketelitian, jika tidak demikian, bau amisnya masih tersisa. Sebelum menuju ke tips memasak paru sapi, simak dulu cara memilih paru yang segar dan berkualitas berikut.

Baca juga: 3 Resep Olahan Daging Kambing yang Mudah dan Enak untuk Keluarga


Cara Memilih Paru Sapi

tips-memasak-paru-sapi
Paru Sapi Segar (bukalapak.com)
Memilih paru sapi memerlukan ketelitian agar mendapatkan paru yang terbaik. Paru yang segar akan terasa nikmat diolah dengan bumbu apa pun. 

Ciri-ciri paru yang segar yaitu:

1. Warnanya Merah Segar
Paru mentah yang berkualitas memiliki warna merah segar seperti daging sapi. Maka sebaiknya jangan memilih paru yang berwarna biru kehitaman, karena sudah tidak segar dan tidak berkualitas.

2. Tekstur Kenyal dan Tidak Berlendir
Selain warna, tekstur paru juga harus diperhatikan. Paru yang segar memiliki tekstur yang kenyal seperti spons. Anda bisa menekan permukaan paru secara perlahan untuk mengetahui teksturnya bagus atau tidak.

3. Untuk Paru Rebus, Bagian Tengahnya Kemerahan
Selain paru segar, di pasar biasanya tersedia paru yang sudah direbus. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan kualitasnya. Bisa jadi, paru rebus dibuat dari paru yang tidak segar, cirinya paru berwarna putih kebiruan. Paru rebus yang segar ialah yang bagian tengahnya berwarna cokelat kemerahan.


Tips Memasak Paru Sapi

tips-memasak-paru-sapi
Paru Rebus (tokopedia.com)
Sebelum diolah, paru harus dibersihkan karena serat dan otot yang berlubang di dalamnya yang mungkin terdapat banyak kotoran. Cara mencucinya yaitu gunakan air mengalir, sambil digosok dengan jari supaya kotorannya benar-benar hilang. Jangan lewatkan bagian paru yang berlubang karena terkadang ada kotoran atau pasir di dalamnya.

Sesudah dicuci bersih, rebus paru sebelum dimasak menjadi aneka menu makanan supaya empuk, tidak berbau, dan tetap kenyal. Sebelum merebusnya, potong paru menjadi 2 sampai 4 bagian. Selama proses perebusan, paru akan mengembang sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak air. Gunakan air kira-kira separuh permukaan paru terendam air. Rebus hingga paru menyusut atau tak lagi mengembang.

Supaya bau anyir hilang, tambahkan jahe, serai, daun salam, atau daun jeruk yang dirobek pada rebusan. Setelah matang, iris tipis atau potong berbentuk dadu kecil-kecil supaya bumbu meresap ketika dimasak. Paru rebus dapat disimpan sebagai persediaan yang tahan selama 3 hari. Biarkan hingga dingin, lalu simpan dalam wadah tertutup, dan masukkan kulkas. 

Baca juga: Tips Membuat Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Garing untuk Lauk dan Camilan


Resep Dendeng Paru Khas Minang

Tips memasak paru sapi dengan bumbu khas Minang sangat mudah. Makanan ini dibuat dari paru sapi yang direbus, diiris tipis, diungkap dengan bumbu, lalu digoreng sampai garing dan renyah. Dendeng paru dapat dijadikan sebagai lauk makan siang bersama keluarga. Berikut resep yang dikutip dari Tastemade.

Bahan-bahan:
  • 500 gram paru paru sapi
  • 1 liter air
Bumbu halus:
  • 8 siung bawang putih
  • 4 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 2 1/4 sdt garam
  • 3 cm jahe
  • 8 butir kemiri
Bahan balado:
  • 5 buah cabai merah besar
  • 10 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt jeruk nipis
  • 10 sdm minyak goreng
Cara membuat:
  1. Rebus paru sapi bersama serai dan daun salam. Iris tipis, kemudian rebus lagi dengan bumbu halus sampai meresap dan air mengering. 
  2. Goreng paru hingga matang atau berwarna kecokelatan dan kering.
  3. Tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, dan cabai merah, lalu tumis hingga matang. Tambahkan garam, lada hitam, gula, dan jeruk nipis.
  4. Letakkan paru pada piring saji, kemudian siram dengan bumbu balado di atasnya. 
Sajikan dendeng paru bersama nasi hangat.

Itulah tips memasak paru sapi yang dapat diikuti supaya hasil masakan paru Anda nikmat, tidak alot, dan tidak anyir. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Tips Memasak Paru Sapi dan Resep Dendeng Paru Khas Minang yang Lezat Tips Memasak Paru Sapi dan Resep Dendeng Paru Khas Minang yang Lezat Reviewed by Admin on September 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.