Cara Menyeduh Teh yang Benar agar dapat Khasiat dari Minum Teh

Cara Menyeduh Teh yang Benar (bripoin.com)

Njajan.com - Bagi orang Indonesia, teh adalah salah satu minuman kegemaran yang menjadi pilihan untuk mengawali hari atau ketika santai. Teh juga minuman yang paling kerap disuguhkan ketika menyambut tamu, acara pesta, atau pertemuan. 

Menyeduh teh menggunakan air mendidih hingga berbusa, kemudian mendiamkan hingga daun teh mengendap sudah menjadi kebiasaan. 

Akan tetapi, ternyata cara ini tidak tepat jika Anda ingin mendapatkan khasiat dan sensasi menikmati teh yang sesungguhnya. Nah, untuk mendapatkannya, ikuti cara menyeduh teh yang benar berikut.

Perhatikan Suhu Air untuk Menyeduh Teh


Di pasaran, tersedia berbagai varian teh, mulai dari teh tubruk/ daun hingga teh celup yang rasa dan aromanya dipengaruhi oleh suhu air. Adapun suhu air untuk menyeduh berbeda antara berbagai varian tersebut. 

Idealnya teh hijau diseduh dengan suhu air 70 - 80 derajat Celsius. Sedangkan teh hitam dapat diseduh menggunakan air dengan suhu 90 derajat Celsius. 

Jika tidak memiliki cerek dengan penunjuk suhu, Anda dapat mendidihkan air, kemudian matikan kompor dan diamkan selama 5 sampai 7 menit untuk mendapatkan suhu 90 derajat. Bila ingin mendapatkan suhu air 80 derajat, diamkan air selama 8 sampai 10 menit.

Jangan Menyeduh Teh Terlalu Lama


Menyeduh teh terlalu lama hingga daun teh mengendap di dasar gelas ternyata tidak baik. Baik teh tubruk maupun teh celup akan menjadi pekat dan pahit jika dibiarkan terendam lama. Di samping itu, kadar kafeina menjadi semakin tinggi. Bahkan dapat melebihi kopi. 

Waktu menyeduh yang tepat untuk teh celup hijau sekitar 2 hingga 3 menit, sementara teh hitam 3 hingga 5 menit. Seduh teh dengan teko keramik atau kaca yang memiliki tabung penyaring di dalamnya. 

Cara menyeduh teh tubruk, masukkan sejumput teh ke dalam tabung penyaring dan seduh dengan air panas. Setelah diseduh dalam waktu yang cukup, angkat tabung penyaring. Sementara untuk teh putih, sebaiknya diseduh dingin. 

Seduh teh putih dengan air matang bersuhu ruang, kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam. Minum dalam keadaan dingin.

Diamkan Teh Setelah Diseduh


Teh yang sudah diseduh belum bisa dinikmati untuk menyesap rasa terbaiknya. Diamkan teh terlebih dahulu selama sekitar lima menit. 

Ketika itu sari dari ekstrak teh keluar secara maksimal dan khasiatnya bisa didapatkan. Pada kondisi ini teh memiliki khasiat yang terbaik bagi kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Nikmati Teh dengan Rasa Asli


Ada yang suka menikmati teh dengan campuran gula ataupun susu. Meski rasanya lebih enak, sebaiknya Anda meminum teh dengan rasa asli tanpa gula supaya aromanya terasa. 

Cara menyeduh teh celup atau tubruk tanpa gula lebih wangi dan lebih berkhasiat bagi tubuh karena bebas gula.

Tuangkan Air Secara Merata


Cara menyeduh teh yang benar, tuangkan air dengan gerakan memutar secara merata, terutama untuk menyeduh teh tubruk. Jika menuangkan pada satu sisi saja, teh akan rusak karena diseduh air terlalu banyak.

Untuk menghasilkan minuman teh terbaik, pilihlah teh yang berkualitas. Teh daun atau teh tubruk lebih baik daripada teh celup karena tidak tercampur dengan zat kimia pada kertas kemasan teh.

Daun teh yang sudah diseduh masih dapat diseduh sekali lagi jika terlihat masih berkerut. Setelah daun terlihat benar-benar layu, baru dapat disisihkan untuk dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman atau masker wajah.

Setelah mengetahui cara menyeduh teh yang benar, Anda dapat menjadikan minuman teh lebih beraroma, nikmat, dan berkhasiat. Jika artikel Njajan.com bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Cara Menyeduh Teh yang Benar agar dapat Khasiat dari Minum Teh Cara Menyeduh Teh yang Benar agar dapat Khasiat dari Minum Teh Reviewed by Njajan on October 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.