8 Cara Membuat Pempek Sederhana yang Tidak Keras

Cara Membuat Pempek Sederhana yang Tidak Keras (youtube.com)

Njajan.com - Semua pasti sudah tahu bahwa Pempek adalah makanan yang berasal dari Palembang. Cara memasak pempek sangat beragam, mulai dari perebusan, pengukusan, digoreng, hingga dipanggang.

Walau banyak variasinya, ternyata membuat makanan pempek memang susah-susah gampang. Dibutuhkan tips khusus agar hasil pempek tidak keras, kenyal, dan padat.

Jika Anda ingin membuat pempek sendiri di rumah? Ketahui beberapa cara membuat pempek sederhana yang tidak keras berikut.

1. Daging ikan segar dingin


Perlu Anda ketahui bahwa pempek dapat dibuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan tenggiri, ikan belida, atau ikan kakap yang diambil dagingnya dan digiling. Namun, semua jenis ikan pempek harus segar dan dingin agar tekstur pempek nantinya tidak keras.

2. Tepung sagu harus berkualitas


Untuk tepung sagu harus berkualitas baik. Ciri tepung sagu yang bagus biasanya berwarna putih bersih dan tak tercium bau apek. Pilih merek tepung sagu tani yang bagus, di antaranya tepung sagu cap merapi dan merbabu. Oh iya, jangan sampai Anda salah menggunakan tepung tapioka karena hasilnya bisa berbeda.

Apa beda tepung sagu dan tepung tapioka? Tepung sagu digunakan pada adonan pempek, bakso, dan siomay. Sedangkan tepung tapioka biasanya dipakai untuk membuat cireng dan mengentalkan tumisan.

3. Perbandingan ikan dan tepung sagu 1 : 1


Ikan dan tepung sagu harus diperhatikan perbandingannya. Sebab, perbandingan tersebut akan mempengaruhi tekstur pempek dan rasa pempek.

Misal, pempek terdiri 250 gram ikan, maka tepung sagu jumlahnya juga harus 250 gram.

Jika tepung sagu terlalu banyak, pempek akan terasa keras dan lengket. Sebaliknya kalau tepung sagu sedikit, pempek lebih empuk dan kenyal, tapi hasilnya terkadang jadi keriput.

4. Air es untuk buat adonan


Untuk membuat adonan agar pempek tidak keras dan tidak lengket, Anda dapat menggunakan air es. Air dingin dari es akan menjadikan tepung dan daging ikan mudah menyatu. Caranya, tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar pempek tidak lengket dan keras.

5. Mengaduk adonan dengan solet plastik


Pencampuran adonan ikan dan sagu sebaiknya tidak diuleni agar pempek tidak lengket. Adonan pempek cukup diaduk sampai merata dengan solet plastik.

Mengapa harus menggunakan solet plastik dan tidak boleh pakai tangan langsung? Perlu diketahui, mengulen adonan dengan tangan akan membuat pempek keras dan alot setelah matang. Adonan pempek jangan terlalu sering bersentuhan dengan tangan. Anda dapat menggunakan tangan saat membentuk pempek saja.

6. Bentuk dengan tepung tapioka

Cara Membuat Pempek Sederhana (youtube.com)
Cara Membuat Pempek Sederhana (youtube.com)


Agar membentuk pempek lebih mudah, coba lumuri tangan Anda dengan sedikit tepung tapioka, atau sedikit minyak ketika akan membentuk pempek.

7. Tambahkan minyak goreng agar tidak lengket


Supaya pempek tidak saling melekat satu sama lain, tambahkan beberapa tetes minyak goreng ke air rebusan pempek.

8. Rebus di air mendidih agar matang sempurna

Cara Membuat Pempek Enak (youtube.com)
Cara Membuat Pempek Enak (youtube.com)


Pempek bisa matang sempurna, apabila Anda merebus pempek dalam air mendidih dan di atas api sedang hingga pempek terapung.

Demikian beberapa cara membuat pempek sederhana yang tidak keras dan lengket. Tips membuat pempek ternyata cukup rumit juga ya. Oleh karena itu, Anda harus memasak pempek secara hati-hati agar pempek tidak keras dan lengket satu sama lain.

Mungkin cara ini terdengar sangat sederhana, tapi pasti banyak di antara Anda yang belum tahu cara membuat pempek agar hasilnya tidak keras. Dengan mengikuti cara-cara tadi, semoga pempek yang Anda buat terasa enak dan kenyal.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


8 Cara Membuat Pempek Sederhana yang Tidak Keras 8 Cara Membuat Pempek Sederhana yang Tidak Keras Reviewed by Njajan on February 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.