10 Tips Cerdas Beli Kue Kering Murah di Pasar Grosir

Pasar Kue Kering Kiloan dan Grosir

Njajan.com - Di bulan Ramadan, kue kering seakan menjadi jajanan favorit seluruh masyarakat. Banyak yang berburu kue kering untuk hidangan para tamu Lebaran. Namun, kalau beli kue kering bijian tentu harganya mahal. Oleh karena itu, sebagian masyarakat lebih memilih beli kue kering kiloan agar lebih hemat.

Masyarakat harus cerdas dalam membeli kue kering kiloan. Pasalnya, tidak semua penjual kue kering memberikan harga murah. Namun, kami akan memberikan tips membeli kue kering murah agar bisa menghemat uang Lebaran dan THR.

Kalau asal beli kue kering pengeluaran bisa membengkak. Tips dan trik membeli kue kering ini sebaiknya dicoba agar Anda dapat menikmati kue kering yang murah dan enak.

1. Pilih pasar grosir khusus kue kering


Di kota-kota besar, cukup banyak pasar yang menjual kue kering untuk Lebaran. Sebut saja basemant Pasar Jatinegara yang terkenal sebagai Pusat Grosir Kue. Di sini jual berbagai jenis camilan kue kering yang murah-murah karena dijual kiloan.

Ada juga pasar yang menjual kue kiloan, seperti Pasar Mayestik dan Pasar Senen. Namun, jika rumah Anda cukup jauh dari pasar-pasar tersebut, sebaiknya pilih pasar yang paling dekat dengan rumah saja.

Biaya transportasi yang mahal harus diperhitungkan. Daripada mengeluarkan uang lebih untuk transportasi, lebih baik beli di pasar kue kering terdekat tapi tetap dengan harga yang terjangkau.

2. Bawa catatan daftar kue kering


Kalau mau berbelanja di pasar pusat grosir kue, Anda wajib mempunyai catatan lengkap tentang kue kering apa yang ingin dibeli. 

Pasalnya, catatan kecil memudahkan Anda dalam membeli kue kering dan menjadikan fokus pada kue yang dibutuhkan saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena tergoda dengan berbagai kue dan camilan enak lainnya.

3. Menyiapkan uang tunai


Perlu Anda ketahui, sistem jual beli di pasar mayoritas masih tradisional sehingga Anda harus menyiapkan uang tunai. Jika Anda tak terbiasa membawa uang cash, maka sebelum pergi ke pasar, ambil uang dulu sesuai kebutuhan.
Pasar Kue Kering Grosir
Pasar kue kering grosir


Penjual di pasar lebih suka uang tunai karena dianggap lebih mudah. Apalagi kalau penjualnya orangtua yang kurang paham teknologi. Mereka pasti memilih pembayaran yang simpel dan praktis berupa uang tunai.

4. Datang lebih pagi


Pembeli kue kering di bulan Puasa seperti ini sangat banyak sampai berdesak-desakan. Daripada Anda harus membuang tenaga dan waktu, lebih baik Anda datang lebih pagi. Tenang saja, walau masih pagi tapi sudah banyak pasar kue kering yang menjajakan kuenya di pagi hari.

Sebagai contoh, penjual kue di Pasar Jatinegara. Tingginya peminat, toko kue 'Suka Hati' yang dibuka sejak lebih dari 20 tahun silam. Mereka lebih memilih untuk membuka toko pagi-pagi yaitu pukul 06.30.

Kelebihan beli kue di pagi hari biasanya masih sepi, sehingga Anda bebas memilih kue kering yang diinginkan. Kalau diizinkan kemungkinan penjual kue tersebut mau memberikan tester untuk dicicipi sebelum dibeli. Bahkan, kalau beruntung, Anda bisa mendapat banyak potongan harga.

5. Membawa wadah sendiri


Mengapa harus membawa wadah sendiri saat membeli kue kering? Hal ini karena plastik dari penjual tidak selalu kuat. Sebagian plastik mungkin berlubang sehingga kue kering menjadi rusak dan tidak enak dimakan.

Jadi kalau bisa bawa stoples sendiri yang kedap udara. Dengan begitu, kue masih tetap enak, menjaga lingkungan bebas dari plastik, dan hemat tenaga karena tidak perlu memindahkan kue kering dari tas plastik ke dalan stoples. 

Namun, kalau hal tersebut mengganggu pembeli lain, Anda dapat mencari penjual kue kering yang agak sepi, sehingga saat memasukkan kue-kue ke stoples tidak menggangu antrean pengunjung lain.

6. Cek timbangan


Setelah mengemas kue kering, selanjutnya sang penjual menimbang kue atau pun camilan lain. Nah, dalam tahap ini, perhatikan dan cek dengan seksama angka di alat timbang manual atau digital. Anda harus memastikan berat kue yang Anda beli sesuai dengan jumlahnya, tidak kurang atau lebih.

Jika angka tidak sama dengan jumlah kue kering yang dibeli, maka segera bilang ke penjualnya agar ditimbang secara benar. 

7. Pilih toko yang ramai


Banyak toko atau kios kue di pasar, tetapi sebaiknya Anda memilih toko yang ramai pembeli sekaligus punya pilihan kue lengkap. 
Pasar kue kering kiloan
Pasar kue kering kiloan


Walau jenis kue dari toko yang punya banyak pelanggan dan toko kue biasa terlihat sama, toko yang ramai menandakan bahwa kue yang dijual terjamin kualitasnya. 

Sang penjual pasti rutin memesan kue baru untuk memenuhi permintaan yang membludak. Sehingga begitu kue habis, maka pihak toko akan menyediakan lagi kue yang baru.

8. Cicipi kue


Apabila diperbolehkan mencicipi kue yang akan dibeli, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kue tersebut benar-benar enak dan bukan hanya cantik luarnya saja.

Selain itu, Anda juga dapat memperkirakan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kue tersebut. Kalau bahan yang dipilih berkualitas pastinya rasa kue kering akan enak dan lezat. Jadi, tak perlu pikir dua kali untuk membawanya pulang.

9. Beli di toko langganan


Bagi Anda yang terbiasa membeli kue Lebaran, pastinya dari tahun ke tahun Anda sudah mempunyai toko langganan tetap. Anda dapat membeli kue-kue lagi di tempat yang selalu terjaga kualitasnya.

Kemungkinan besar, Anda juga bisa mendapatkan diskon karena menjadi pelanggan setia. Manfaatkan hal tersebut untuk menghemat pengeluaran karena tidak semua toko kue memberikan potongan harga.

10. Membeli kue dari teman sendiri


Jika pemilik toko kue merupakan teman Anda sendiri, pastinya dia tidak akan berbohong tentang kualitas kue yang dia jual. Apabila kue tersebut enak, maka dia akan merekomendasikannya, begitu pula sebaliknya. 

Bahkan, kemungkinan Anda bisa memesan kue darinya tanpa harus datang ke toko. Kue-kue dipesan online, lalu dikirim ke rumah. Hal ini karena di antara kedua belah pihak sudah saling percaya. Di samping itu, biasanya teman sendiri akan memberikan harga khusus.

Demikian beberapa tips cerdas membeli kue kering murah di pasar grosir. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga dapat kue kering enak dan berkualitas.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


10 Tips Cerdas Beli Kue Kering Murah di Pasar Grosir 10 Tips Cerdas Beli Kue Kering Murah di Pasar Grosir Reviewed by Njajan on May 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.