13 Cara Makan Durian Pertama Kali

Cara Makan Durian Pertama Kali


Njajan.com - Ditawari makan durian sama teman. Tapi gimana cara makan durian pertama kali? Apakah durian rasanya enak? Apakah durian memabukkan?

Banyak orang takut duluan saat akan mengonsumsi durian pertama kali. Padahal, buah durian tidak semenakutkan itu.

Durian adalah buah yang memiliki kulit berduri dan daging buah yang lembut dan manis. Banyak orang yang suka dengan rasa dan aroma durian, tetapi ada juga yang tidak tahan dengan baunya.


Cara Makan Durian Pertama Kali


Berikut adalah beberapa tips untuk makan durian pertama kali:

1. Siapkan alat untuk kupas durian


Anda bisa menggunakan pisau tajam dan berujung runcing, sarung tangan tebal, kardus atau kain untuk menempatkan durian.

2. Temukan garis pada kulit durian


Biasanya ada lima garis memanjang yang menjadi satu di bagian bawah durian. Tusuk ujung pisau pada titik pertemuan antara garis urat dengan ujung buah, lalu goreskan sepanjang garis.

3. Belah durian tanpa pisau


Setelah terbuka, Anda bisa merobek ujung kulit durian dengan telapak tangan. Hati-hati dengan duri-durinya.

4. Nikmati daging buah durian 


Anda bisa makan langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti ketan durian, pancake durian, atau bubur sumsum saus durian.

5. Minum air putih


Ini berguna untuk menekan nafsu makan dan menghindari dehidrasi. Anda juga bisa minum air kelapa atau teh hangat untuk menghilangkan bau mulut.

6. Simpan sisa durian di dalam freezer


Jika Anda tidak habis makan durian, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer selama kurang dari 24 jam. Kemas durian dalam plastik atau wadah tertutup agar baunya tidak menyebar.

Cara Memilih Durian yang Enak


1. Bentuk durian


Pilihlah durian yang berbentuk bulat sempurna, karena biasanya memiliki daging lebih tebal dan banyak.

2. Ujung bawah durian


Hindari durian yang memiliki kulit yang merekah atau belahan di bagian bawah, karena bisa menandakan bahwa durian sudah terkena udara dan rasanya hambar.

3. Tangkai durian


Pilihlah durian yang tangkainya masih lembab dan warnanya ringan, karena menandakan bahwa durian masih segar dan baru jatuh dari pohon. Durian dengan tangkai tebal dan pendek juga biasanya memiliki daging tebal dan banyak.

4. Berat durian


Jangan terkecoh dengan durian yang berat, karena bisa jadi bijinya yang besar, bukan dagingnya. Pilihlah durian yang ringan, karena menandakan bahwa durian matang dan berlimpah.

5. Aroma durian


Ciumlah area sekitar batang durian, karena itu adalah bagian yang paling pertama matang. Semakin kuat aroma durian, semakin matang buahnya.

6. Suara durian


Guncangkan atau ketuk durian untuk mendengarkan suara di dalamnya. Durian yang matang akan mengeluarkan suara “bluk-bluk” karena dagingnya sedikit terendam. Durian yang berongga atau kopong biasanya belum matang.

7. Getah durian


Tusuklah kulit durian dengan pisau atau benda tajam lainnya untuk melihat getahnya. Durian yang matang akan mengeluarkan getah berwarna putih susu atau kekuninga.

Kesimpulan


Demikian cara makan durian pertama kali. Bagian sebagian orang mungkin ini pengalaman menakjubkan. Tapi mungkin ada juga orang yang ketakutan makan durian.

Tidak hanya dari kulitnya yang tajam, tapi juga aroma durian yang sangat menyengat. Namun, saran kami cobalah sedikit demi sedikit.

Hari pertama satu biji atau seukuran genggaman tangan. Terus besoknya makan satu biji lagi. Nanti lama-lama akan terbiasa makan durian.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @njajancom. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama