6 Olahan Durian Kekinian Khusus Untuk Siapa Saja yang Tidak Suka Durian

Olahan Durian Kekinian (tamikazumi.com)

Njajan.com - Durian dikenal sebagai buah tropis yang lezat dan membuat ketagihan, sehingga dijuluki sebagai raja buah. Meski demikian, tidak semua orang menyukainya karena aroma yang begitu menyengat. Ingin membujuk anggota keluarga atau teman yang telanjur tidak menyukai durian untuk memakannya memang tidak mudah. Memberikan aneka olahan durian kekinian berikut, mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membuat mereka tertarik kepada buah berduri ini.

Baca juga: Nikmatnya Camilan Buah-Buahan Goreng, Bagaimana dengan Nilai Gizinya?

1. Pancake Durian

Pancake durian diketahui pertama kali populer di Medan. Kue berupa daging durian yang dilumat lalu ditambahkan vla dan dibungkus kulit pancake ini aromanya cukup menggoda. Agar aroma durian sedikit berkurang, Anda bisa menambahkan cokelat atau susu di ke dalam isian.

Dihidangkan dalam keadaan dingin setelah disimpan dalam freezer, pasti membuat siapa saja ingin mencicipinya.

2. Kue Sus Durian

Kue sus biasanya berisi vla dari krim vanilla dan susu yang lembut. Kulitnya yang gurih berpadu dengan isian yang manis, menghasilkan rasa kue yang nikmat disantap sambil minum teh atau kopi. Kini sudah tersedia berbagai variasi isi kue sus, termasuk sus isi vla durian.

Olahan durian ini tampilannya sama dengan kue klasik dari Prancis ini, hanya isinya yang istimewa. Kue sus durian memiliki aroma dan rasa yang khas buah durian segar, tekstur isinya begitu lembut tetapi berserat.

3. Klapertart Durian

Klapertart adalah salah satu kue yang berasal dari Belanda dan dikenal sebagai kue khas Manado. Bahan dasarnya berupa tepung terigu, susu, telur, kelapa, dan mentega. Melengkapi kelezatannya, daging buah durian ditambahkan ke dalam adonan kue sehingga menjadi klapertart durian.

Seperti pancake durian, kue ini juga enak disantap dalam keadaan dingin. Karena mampu bertahan hingga 10 hari, klapertart durian banyak dijual oleh toko-toko kue sebagai oleh-oleh.

4. Lumpia Durian

Lumpia biasanya berisi sayuran atau daging yang ditumis, tetapi ternyata juga bisa diisi dengan durian. Kulitnya yang gurih dan renyah menyatu dengan daging durian lumer di dalamnya menghasilkan rasa yang unik. Durian yang dijadikan isi lumpia diolah menjadi bentuk pasta.

Setelah itu dibungkus kulit yang dilipat rapat dan dilapisi tepung panir. Sebelum digoreng, olahan durian berupa lumpia dibekukan dalam lemari pendingin. Lumpia durian paling nikmat jika dimakan sesaat setelah diangkat dari penggorengan. 

5. Serabi durian

Serabi biasa terbuat dari tepung beras, terigu, dan santan yang disantap dengan kuah kinca setelah dibakar. Namun, serabi durian sedikit berbeda, penyajiannya bukan dengan kinca ataupun santan, melainkan saus durian. Cara membuat serabi dilakukan seperti biasa. Sementara sausnya dari daging durian yang dihaluskan dengan blender bersama santan.

Campuran tersebut kemudian dimasak dengan gula jawa yang disisir halus, garam, dan daun pandan. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan saus menjadi dingin. Sajikan serabi bersama saus kinca durian agar rasa gurihnya berpadu dengan rasa manis saus.

6. Es krim durian

Es krim disukai oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya manis, berkrim, dan segar. Karena alasan inilah, es krim durian juga disukai oleh sebagian orang yang tidak makan buahnya. Untuk membuat olahan durian berupa es krim, gunakan daging buah durian matang, santan, susu bubuk rasa vanilla, gula pasir, dan maizena.

Daging durian dan santan dihaluskan, kemudian masak bersama bahan-bahan yang lain. Kemudian dinginkan dan bekukan selama 5 jam di dalam freezer. Sebelum disajikan, es krim durian di-mixer terlebih dahulu sampai lembut. Sajikan es krim durian dengan topping meses agar semakin nikmat.

Baca juga: Inilah Buah Terkecil di Dunia, Ukurannya Cuma 0,7 Milimeter

Itulah beberapa olahan durian kekinian yang dapat menggoda teman, pasangan, atau adik dan kakak yang tidak doyan menyantap buahnya. Karena harganya di toko-toko kue cukup mahal, Anda dapat mencoba membuatnya sendiri ketika musim durian. Jika artikel Njajan.com bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


6 Olahan Durian Kekinian Khusus Untuk Siapa Saja yang Tidak Suka Durian 6 Olahan Durian Kekinian Khusus Untuk Siapa Saja yang Tidak Suka Durian Reviewed by Njajan on November 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.