Inilah Buah Terkecil di Dunia, Ukurannya Cuma 0,7 Milimeter

Buah terkecil di dunia (wikipedia.org)

Njajan.com - Banyak yang beranggapan bahwa buah terkecil di dunia adalah kersen, blueberry, kismis, dan sejenisnya. Namun, ternyata masih ada buah yang lebih kecil dari itu semua, yaitu buah Wolffia globosa.

Mungkin Anda kurang familiar dengan buah yang satu ini. Buah paling kecil di dunia ini terkadang juga disebut buah Asian watermeal. Bagaimana sudah pernah mendengar buah bernama Wolffia globosa atau Asia watermeal?

Baca juga: Harga Telur Mata Sapi Ini Rp 2 Jutaan, Seperti Apa Rasanya?

Mungkin beberapa dari Anda ada yang pernah mendengarnya, ada pula yang belum pernah sama sekali mendengar nama buah tersebut. Sebenarnya hal itu wajar karena buah terkecil ini juga tumbuh dari tanaman terkecil di dunia yang hidup di air. Jadi, kemungkinan besar Anda belum pernah menjumpai tanaman tersebut.

Buah Wolffia globosa atau Asian watermeal (wikipedia.org)
Buah Wolffia globosa atau Asian watermeal (wikipedia.org)

Tanaman dari jenis duckweed ini mempunyai ukuran sekitar 0,8 centimeter. Sementara ukuran buahnya berkisar 0,7-1,5 milimeter. Ukuran buah Wolffia globosa ini hampir sama dengan semut pencuri atau semut minyak.


Baca juga: Inilah Mie Termahal di Dunia dengan Segala Keunikannya

Anda mungkin tak akan bisa menggenggam buah Asia watermeal. Sebab, jika buah ini diletakkan di tangan, maka akan terlihat seperti titik kecil saja. Tentu, apabila dimakan, buah ini tidak dapat membuat perut kita kenyang.

Buah paling kecil di dunia (twitter.com)
Buah paling kecil di dunia (twitter.com)

Kendati demikian, buah Wolffia globosa mempunyai nilai gizi, yakni protein. Selain itu, buah ini juga sering dijadikan menu tambahan untuk omelet, smoothie, dan sup. Katanya, buah Asian watermeal jika dimakan rasanya mirip selada air, seperti yang disadur dari Kompas.com (9/1/2018).

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


Inilah Buah Terkecil di Dunia, Ukurannya Cuma 0,7 Milimeter Inilah Buah Terkecil di Dunia, Ukurannya Cuma 0,7 Milimeter Reviewed by Njajan on January 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.