10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri



Njajan.com - Makanan murah meriah bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, tak jarang ada penjual makanan yang memberikan makanan secara cuma-cuma alias gratis. Ya, demi membantu sesama, sebagian penjual rela memberi makanan kepada pelanggan tanpa harus membayar.

Nah, berbicara tentang makanan murah di Indonesia, kira-kira ada berapa jenis makanan murah yang bisa dijual mahal ke luar negeri? Tentunya, ada banyak makanan asli Indonesia yang harganya murah kemudian jadi mahal setelah dihidangkan di negara lain.

Hal ini wajar karena nilai jual di luar negeri berbeda dengan Indonesia. Sebagai contoh nyata, kami akan membahas tentang tempe. Makanan khas Indonesia ini harganya melambung tinggi saat dipasarkan ke luar negeri.

Bisnis tempe hingga mancanegara ini pernah dipublikasikan oleh Kompas.com (15/7/2014). Saat itu, tempe sudah terbang ke Perancis dan Jepang. Di dua negara tersebut, harga tempe mencapai puluhan ribu rupiah. Tempe di Perancis dijual Rp 15.000, sementara tempe di Jepang dipasarkan seharga Rp 40.000 per 250 gram.

Kalau sekarang, kemungkinan harga tempe di luar negeri sudah naik. Jadi, jangan kaget jika nanti Anda ke luar negeri membeli tempe dengan harga ratusan ribu rupiah.

Tempe-tempe di luar negeri tidak hanya digoreng, koki restoran di sana lebih kreatif dan menjadikan tempe sebagai hidangan yang berbeda. 

Pembuat tempe asal Indonesia yang kemudian menjualnya ke Jepang juga mengatakan hal serupa. Rustono namanya, dia menjual tempe dalam kondisi mentah lalu membebaskan pelanggan koki restorannya mengolah tempe menjadi berbagai menu makanan.

Kurang lebih ada 60 menu tempe berbeda seperti teriyaki tempe, sandwich tempe, tempe rumput laut, ataupun dicampur dengan salad, dan masih banyak lagi. Orang-orang di sana sampai menyebut tempe sebagai magic food atau makanan ajaib.

Ini masih tempe yang notabene dianggap makanan biasa atau makanan murah oleh sebagian warga Indonesia. Belum lagi makanan lainnya yang kemungkinan besar akan menjadi mahal jika dijual ke luar negeri. 

Jadi bagaimana, tertarik berbisnis makanan ke luar negeri? Jika Anda ada ketertarikan untuk mengusung usaha kuliner Anda ke luar negeri, kami akan membagikan sedikit gambaran beberapa menu makanan murah dari Indonesia yang bisa jadi mahal saat dijual ke luar negeri.


1. Bakso

Bakso (femina.co.id)
Bakso (femina.co.id)

Bakso menjadi makanan yang tak bisa terpisahkan dari lidah orang Indonesia. Hampir setiap daerah, pasti ada pedagang bakso. Entah itu pedagang bakso gerobak keliling atau restoran. Yang pasti, bakso sudah menjadi virus makanan yang menyebar hingga ke pelosok negeri.


Tak hanya itu, banyak bule atau orang asing yang suka mencicipi makanan berbentuk bulat ini. Ketika mereka mampir ke Indonesia, mereka sering menyempatkan diri merasakan kelezatan bakso.

Hal ini jadi bukti sederhana bahwa bakso sangat dicintai banyak orang, termasuk orang dari luar negeri. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya ke luar negeri karena pesaingnya masih sedikit atau mungkin tidak ada sama sekali. 

Anda juga bisa memodifikasi bentuk bakso atau citarasa bakso menjadi bakso kekinian, seperti bakso jumbo, bakso hati, bakso kotak, bakso buah, bakso isi, bakso warna-warni, dan lain-lain. Kalau bentuknya sudah unik, rasanya enak, dan sedap dipandang mata, maka Anda jual 5-10 dolar AS pun pasti laris manis.


2. Makanan penyetan

Makanan penyetan (loop.co.id)
Makanan penyetan (loop.co.id)

Tidak hanya di Indonesia, warga di negara Eropa tepatnya di Belanda dan Swiss, juga suka dengan makanan penyetan tempe atau pecel lele. Sekadar informasi saja, satu iris tempe kecil saja dijual 2 euro, sedangkan pecel lele sampai 15 euro atau Rp 225 ribu, seperti yang dikatakan oleh Idntimes.com (24/10/2017).

Bagaimana lumayan menggiurkan bukan? Harga pecel lele saja sampai Rp 225 ribu, gimana kalau Anda jual berbagai menu penyetan, seperti bebek penyet, ayam penyet, dan penyetan lainnya, pasti untungnya lebih besar.


3. Sate

Sate ayam (Indoindians.com)
Sate ayam (Indoindians.com)

Orang bule sering melakukan pesta sambil masak daging barbeque. Mereka suka makan makanan yang mengandung bakar-bakaran. Nah, bagaimana kalau Anda menawarkan sate ayam atau sate kambing khas Indonesia?

Pada dasarnya sate hampir sama dengan barbeque karena mengalami proses pembakaran. Jadi kemungkinan masyarakat di luar negeri menyukainya. Terlebih, sate dari Indonesia sudah dilengkapi dengan bumbu sambal kacang dan kecap yang lezat.


4. Soto

Soto (duabelibis.co.id)
Soto (duabelibis.co.id)

Orang luar negeri suka makan-makanan berkuah, apalagi sup. Ini menjadi peluang bisnis makanan, apabila Anda menawarkan soto khas Indonesia ke luar negeri.

Jika dibandingkan antara sup dan soto, keduanya tak terlalu berbeda. Bahkan, rasanya lebih enak soto, karena lebih gurih. Meski begitu, tetap kembali ke lidah masing-masing. 

Bisa saja, rasa soto yang menurut kita enak, tapi menjadi kurang enak di lidah orang asing. Namun, dengan kekentalan kuah soto, pastinya tidak ada yang bisa menolaknya.


5. Nasi goreng

Nasi goreng (shringkingsingle.com)
Nasi goreng (shringkingsingle.com)

Nasi goreng masuk jajaran makanan terlezat di dunia. Walau orang-orang di berbagai negara tidak terlalu banyak mengonsumsi nasi, tak ada salahnya kita menawarkan nasi goreng ke mereka.

Lagian, cara membuat nasi goreng juga mudah, anak-anak kos saja bisa membuatnya. Kalau Anda menambahkan bumbu rempah khas Indonesia, nasi goreng tersebut pasti lebih enak dan disukai banyak bule.


6. Nasi padang

Nasi padang (damniloveindonesia.com)
Nasi padang (damniloveindonesia.com)

Nasi Padang sangat berhubungan erat dengan rendang. Sebab, Anda bisa menjumpai rendang ketika menyantap nasi padang. Rendang sendiri beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Jadi bagaimana kalau Anda menjual nasi padang ke luar negeri? Bule-bule di sana pasti menyukainya karena ada citarasa rendang di dalamnya.


7. Gorengan

Gorengan (sajiansedap.com)
Gorengan (sajiansedap.com)

Gorengan memang disukai orang Indonesia karena renyah dan murah. Namun sayang, gorengan juga dikenal sebagai makanan tidak sehat, apakah orang luar negeri menyukainya?

Jangan salah, bule di luar negeri juga ada yang menyukai gorengan. Di Belanda, satu pisang goreng dijual sampai 5 euro atau sekitar Rp 80 ribu. Tentu Anda bisa menjadi kaya raya, jika jualan pisang goreng ke Belanda.

8. Martabak

Martabak (resepkafe.blogspot.com)
Martabak (resepkafe.blogspot.com)

Sudah menjadi rahasia umum, jika orang luar negeri suka menyantap makanan junk food seperti pizza. Nah, Anda bisa memberi alternatif makanan lain berupa martabak yang bentuknya mirip pizza tapi lebih menyehatkan.

Anda bisa memberi martabak dengan topping tambahan yang lebih menyehatkan dan enak, biar orang bule tertarik dan menyukainya.


9. Gado-gado

Gado-gado (priangantimur.com)
Gado-gado (priangantimur.com)

Sekilas gado-gado sama seperti salad yang disukai bule di Eropa dan Amerika. Jadi jika Anda menawarkan gado-gado dengan saus kacangnya yang istimewa, bisa dipastikan para bule akan minta tambah lagi dan lagi.

Menariknya lagi, gado-gado dapat dimakan dapat dimakan bersama nasi putih atau bisa juga dengan lontong. Sayurnya bervariasi, ada selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, taoge, wortel, mentimun, tomat, dan lain-lain.


10. Mie Instan

Mie instan (hellosehat.com)
Mie instan (hellosehat.com)

Ternyata mie instan tak hanya digemari anak kos dan anak muda. Sebab, mie instan produksi Indomie sudah diekspor ke luar negeri dan di sana harganya sangat mahal.

Jangan kaget kalau Anda nanti sedang ke luar negeri, Anda akan menemukan mie Indomie di beberapa supermarket Amerika, Eropa, dan Australia.

Di sana memang sudah ada mie instan mentah, tapi sepertinya belum ada yang matang. Jadi, tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis mie instan ke luar negeri dengan tema angkringan. Semoga laris manis.

Demikian beberapa makanan murah Indonesia yang berubah jadi mahal ketika dijual ke luar negeri. Anda bisa memilih menu makanan lainnya karena makanan asli Indonesia sangat banyak sekali. 

Jika makanan tersebut sudah legendaris di Indonesia, coba bawa ke luar negeri. Perkenalkan makanan khas Indonesia, biar para bule menikmati kelezatannya.


10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri Reviewed by Njajan on October 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.