5 Kuliner Jogja Murah yang Ramah Kantong Mahasiswa dan Traveler

kuliner-jogja-murah

Njajan.com - Mengusung tagline Jogja Istimewa, salah satu kota besar di Indonesia ini memiliki segudang keistimewaan yang membuatnya identik dengan kota yang terbuat dari kenangan. Tempat-tempat wisata bersejarah, wisata alam, hingga lokasi nongkrong kekinian menyambut hangat wisatawan. Ditambah dengan keberadaan sekitar 137 perguruan tinggi di sana, kota Jogja eksis sebagai Kota Pelajar. Keramahan kota ini juga dibuktikan dari kuliner Jogja murah yang mudah ditemukan.

Dilansir dari Tribun Jogja, berikut ini, kuliner Jogja yang ramah bagi kantong mahasiswa dan traveler, yang patut Anda coba.


1. Pecel Bu Ramelan

kuliner-jogja-murah
Pecel Magetan Bu Ramelan (yotagram.com)
Warung Soto dan Pecel Magetan Bu Ramelan ini berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto Km 6 No.2 atau sebelah timur Hotel Ambarukmo. Tempat menjamu kuliner Jogja murah ini sudah dibuka sejak tahun 1983. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan seporsi nasi pecel dengan harga Rp4 ribu saja. Pecel di warung ini memiliki citarasa asin dan gurih, berlainan dengan pecel pada umumnya di Jogja yang memiliki rasa manis. Di samping menu sayuran bersaus kacang ini, Anda juga bisa menikmati aneka gorengan tempe, tahu, dan bakwan, serta soto ayam. Untuk soto ayam, harganya cukup murah yaitu soto campur Rp4 ribu dan soto pisah Rp6 ribu.

2. Nasi Langgi Pak Man

kuliner-jogja-murah
Nasi Langgi Pak Man (yotagram.com)
Nasi langgi yaitu kuliner berupa nasi gurih yang disajikan dengan kering tempe, kedelai hitam, abon, empal, dan lalapan. Menurut penjualnya, kuliner Jogja murah ini asalnya merupakan hidangan keraton. Namun, nasi langgi di warung yang berada di Kampung Pingit, Bumijo, Yogyakarta ini telah dimodifikasi agar menjadi hidangan yang murah meriah.

Tanpa empal dan abon, nasi langgi di sini disajikan bersama aneka lauk seperti rica-rica tulang ayam, suwiran telur dadar, oseng jamur, oseng dan kering tempe, oseng teri, serta gorengan yang dapat dipilih sesuai selera. Harga seporsi nasi putih, oseng-oseng, dan suwiran telur dadar hanya Rp5 ribu.

3. Soto Sewu

kuliner-jogja-murah
Soto Sewu (Tribun Jogja)
Nama soto sewu (soto seribu) menggambarkan murahnya kuliner lezat ini. Di warung Soto Sewu Bu Marto Ngatinah yang berlokasi di Dusun Rukeman, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul ini, Anda bisa mendapatkan seporsi soto dengan harga Rp3 ribu.
Dalam satu mangkuk soto ini, Anda akan mendapati nasi, kol, tauge, suwiran ayam, daun seledri, tomat, daun bawang, dan bawang goreng yang disiram kuah soto bening yang segar. Selain soto, tersedia berbagai lauk seperti tempe, bakwan, tahu isi, dan kepala ayam goreng.

4. Gulai Sapi Pak Triyono

kuliner-jogja-murah
Gulai Sapi (Tribun Jogja)
Bagi Anda penggemar gulai daging sapi, Warung Makan Pak Triyono di kawasan Bumijo Tengah, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Yogyakarta ini wajib didatangi. Menu utama di warung yang sudah buka sejak 1957 ini, yaitu nasi gulai dengan daging sapi yang cukup banyak dengan rasa kuah yang mantap. Selain itu, Anda juga bisa menikmati soto sapi dan sego jangan yang tersedia di sini. Seporsi nasi gulai sapi bisa dinikmati dengan harga Rp9 ribu saja.

5. Sate Kere

kuliner-Jogja-murah
Sate Kere (haiineola.com)
Kuliner Jogja murah ini sangat terkenal karena namanya yang berarti sate miskin. Walau begitu, sate yang diolah dari daging sapi dengan gajih ini mempunyai citarasa yang kaya. Sekalipun dibuat dari daging bergajih, rasanya tidak ngendal dan enek. Sebelum dibakar, sate ini diberi bumbu bawang putih, merica, ketumbar, gula jawa, dan bumbu lainnya.

Sate ini disajikan dengan lontong dan sayur tempe berkuah santan yang disiram di atasnya. Seporsi sate kere dapat Anda nikmati dengan harga Rp7 ribu untuk lima tusuk sate di warung sederhana di kawasan Godean, Sleman ini.

Tertarik mencicipi kuliner Jogja murah di atas? Jangan lupa singgah jika berkunjung ke kota ini.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat bagi Anda, klik like dan share sebelum beranjak. Terima kasih.


5 Kuliner Jogja Murah yang Ramah Kantong Mahasiswa dan Traveler 5 Kuliner Jogja Murah yang Ramah Kantong Mahasiswa dan Traveler Reviewed by Admin on January 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.