Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir

resep-pizza-teflon

Njajan.com- Siapakah yang tidak mengenal pizza? Kuliner berbahan dasar tepung terigu dengan aneka topping di atasnya ini bisa ditemukan di restoran cepat saji dan kafe-kafe di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, makanan asal Italia ini mulai dijual di kios-kios kecil dan gerobak pedagang kaki lima. Akan tetapi, jika di daerah Anda pizza sulit ditemukan atau harganya sangat mahal, membuat pizza sendiri bisa jadi pilihan. Sebelum kami paparkan resep pizza teflon untuk Anda, simak dulu beberapa tips berikut agar hasilnya memuaskan.


Baca juga: Resep Bakwan Jagung.Udang yang Gurih dan Renyah


Ingin membuat pizza di rumah? Tentunya Anda memerlukan peralatan untuk mengolahnya. Terutama alat pemanggang. Jangan risau jika Anda tidak memiliki oven, teflon yang biasa digunakan untuk menggoreng bisa menjadi solusi. Soal hasil akhir, asalkan mengikuti langkah pembuatan dengan benar, pasti tekstur dan rasanya tak kalah dengan buatan restoran cepat saji. Dilansir dari sajiansedap.grid.id (12/11/2017) ada beberapa tips untuk membuat pizza teflon anti gagal, di antaranya:


1. Adonan untuk pizza teflon tidak berbeda dengan pizza yang dipanggang dengan oven. Hanya saja, adaonan pizza teflon dibuat lebih tipis supaya lebih cepat matang. Tusuk-tusuk adonan dengan garpu agar tidak terlebih mengembang.


2. Oven mempunyai kelebihan dapat memanaskan pizza sampai kandungan airnya menguap dan adonan menjadi kering. Sementara teflon tidak memiliki fitur tersebut, sehingga hasilnya sedikit lembab. Untuk menyiasatinya, teflon harus ditutup selama proses memasak, agar panas tetap terjaga dan keju dapat meleleh sempurna.


3. Panggang pizza dengan api kecil, agar matang merata sampai ke dalam. Karena mengandalkan panas dari bawah saja, durasi memanggang harus lebih lama daripada memanggang dengan oven. 



resep-pizza-teflon
Memanggang Pizza (tatitujiani.com)
4. Agar keju bisa meleleh seperti pizza pada umumnya, gunakan keju mozzarella yang diparut pada toppingnya.

5. Ciri pizza yang sudah matang yaitu berwarna kecoklatan pada bagian bawahnya. Meskipun adonan sudah ditusuk sebelum dipanggang, ragi akan menyebabkan adonan menggembung seperti roti ketika sudah matang.


Nah, setelah memahami teknik dan tips di atas, resep pizza teflon bisa Anda lihat di bawah ini. Kali ini topping yang digunakan adalah suwiran ayam, karena mudah diperoleh daripada pilihan topping yang lain.


Resep Pizza Teflon


Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 200 ml air hangat
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng
Bahan topping:
  • Ayam bagian daging secukupnya, suwir-suwir setelah direbus atau digoreng
  • Kornet sapi secukupnya
  • Bawang bombay diiris tipis secukupnya
  • Sosis sesuai selera
  • Keju mozzarella secukupnya
  • Saus tomat, saus cabai, dan mayonaise secukupnya
Cara membuat:
  • Masukkan semua bahan adonan tepung, kemudian uleni sampai kalis. Bentuk adonan menjadi bulat dan tutup wadah dengan serbet bersih yang basah, biarkan selama 45 menit.
  • Bagilah adonan menjadi 5 sampai 6 bagian. Bentuk bulat dan tutup lagi dengan kain basah selama 20 menit, sampai adonan mengembang.
resep-pizza-teflon
Adonan Pizza (pxhere.com)
  • Pipihkan adonan hingga tipis. Kemudian siapkan teflon dan panaskan dengan api kecil. Letakkan adonan di atas teflon.
  • Susun topping di atas adonan sesuai selera Anda, sesekali tusuk-tusuk dengan garpu agar udaranya keluar.
  • Tutup teflon. Masaklah pizza dengan api kecil dan biarkan hingga matang. Setelah kurang lebih 10 menit atau sudah menunjukkan tanda-tanda matang, pizza siap dihidangkan.
Demikian resep pizza teflon sederhana dengan topping ayam suwir. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share artikel ini kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.



Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir Reviewed by Admin on January 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.