3 Tempat Kuliner Lobster Jogja di Kawasan Gunungkidul

tempat-kuliner-loster-jogja

Njajan.com- Sajian lobster identik dengan makanan laut yang mewah. Jika dibandingkan dengan hidangan seafood lain seperti udang, kerang, cumi-cumi, ikan, kerang, dan kepiting, harga lobster relatif lebih mahal. Namun, beberapa tempat kuliner lobster Jogja menawarkan makanan ini dengan harga lebih terjangkau. Simak ulasannya berikut ini.


1. Kampoeng Lobster, Pantai Sepanjang

Kampoeng Lobster berlokasi di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak tempat kuliner lobster Jogja ini sedikit menjorok ke dalam, dibandingkan tempat makan lain yang berupa gubug-gubug di tepi pantai. Lobster yang tersedia di sini masih segar, karena diambil secara langsung dari tempat budi daya di lokasi yang sama.

Menu lobster di sini lumayan lengkap, Anda bisa mendapatkan lobster goreng maupun lobster bakar. Bisa juga memesan makanan laut yang lain seperti rajungan, cumi,dan ikan kakap. Ditambah minuman es kelapa muda, es teh, dan es jeruk yang segar.
Harga lobster yang ditawarkan di tempat ini setiap kilogramnya dihargai Rp350 ribu hingga Rp700 ribu.

Selain menyediakan menu lobster dan seafood yang lain untuk disantap, Kampoeng Lobster juga menjadi wahana edukasi budi daya, penangkaran, dan pengembangbiakan lobster. Hal inilah yang menjadikan stok lobster selalu segar dan berkualitas. Di Kampoeng Lobster ini, Anda juga bebas memilih lobster untuk dimasak.

2. Warung Seafood Jogo Segoro

tempat-kuliner-lobster-jogja
Lobster Pedas Asam Manis (Tribun Jogja)
Tempat kuliner lobster Jogja satu ini berada di Pantai Ngandog, Gunungkidul. Warung makan yang berdiri sejak tahun 2008 ini menyediakan aneka menu seafood, termasuk lobster di dalamnya. Menu terfavorit di tempat ini adalah Lobster Pedas Asam Manis yang segar, langsung dari penangkaran. Daging lobster yang lembut dengan saus kental bercitarasa pedas asam manis mampu memikat lidah wisatawan yang singgah ke warung ini.

Di samping lobster, Anda dapat menikmati sajian kuliner yang lain, seperti ikan caru dan sop kepala ikan yang cocok disantap beramai-ramai.

3. Pantai Timang

tempat-kuliner-lobster-jogja
Berburu Lobster di Pantai Timang (joglowisata.com)
Satu lagi tempat kuliner lobster Jogja yang berlokasi di Gunungkidul, yaitu Pantai Timang. Selain terkenal dengan kereta gantungnya, Pantai Timang juga menawarkan cara unik menikmati lobster. Untuk mendapatkan lobster di tempat ini, Anda perlu bertanya kepada pemandu wisata yang ditemui.

Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu mengikuti paket berkunjung ke Pulau Timang dengan tarif Rp12 juta untuk 20 orang. Dengan mengambil paket ini, Anda akan memperoleh 25 kilogram lobster yang siap disantap.

Jadi, setiap orang hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp600 ribu untuk menjelajahi Pulau Timang sekaligus menyantap sajian lobster yang lezat.

Cara yang kedua, mendatangi rumah pengelola tempat wisata Pantai Timang, yaitu pak Siswanto. Di rumah beliau terdapat kolam penangkaran lobster. Beliau juga siap memasakkan lobster untuk wisatawan yang ingin menikmatinya.

Harga lobster di Pantai Timang dibanderol antara Rp250 ribu hingga Rp350 ribu per kilogram, sedangkan pada hari besar harganya mencapai Rp800 ribu per kilogram. Satu kilogram lobster biasanya dapat dinikmati oleh dua atau tiga orang. Jumlahnya tergantung ukuran dan berat lobster tentunya. Bisa tiga hingga tujuh ekor, sesuai ukurannya. Sebagai pelengkap, pak Siswanto menyediakan juga sebakul nasi, lalapan sayur dan sambal, serta kerupuk, rempeyek, dan minuman teh hangat.

Berwisata ke Jogja khususnya wilayah Gunungkidul, memang belum lengkap jika tidak menikmati menu lobster. Sempatkan untuk mampir ke tempat kuliner lobster Jogja di atas untuk melengkapi agenda jalan-jalan Anda. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share. Terima kasih.







3 Tempat Kuliner Lobster Jogja di Kawasan Gunungkidul 3 Tempat Kuliner Lobster Jogja di Kawasan Gunungkidul Reviewed by Admin on January 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.