Resep Bolu Pisang Tanpa Oven dan Tips Membuatnya

resep-bolu-pisang

Njajan.com - Bolu pisang adalah jajanan kontemporer yang lebih dikenal dengan sebutan banana cake. Seperti bolu pada umumnya, bolu pisang juga mempunyai rasa manis dengan tekstur yang lembut. Biasanya pengolahan akhir bolu ini dengan cara dipanggang dengan oven. Namun jika tak memiliki oven, Anda bisa membuat sendiri bolu ini dengan dikukus atau dipanggang dengan teflon. Berikut resep bolu pisang yang dihimpun dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Resep Martabak Manis yang Mudah Dibuat di Rumah
                    Resep Pizza Teflon Anti Gagal dengan Topping Ayam Suwir


Bahan-bahan Bolu Pisang:

  • 4 Buah pisang
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 3 sdm gula pasir
  • 4 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 3 butir telur
  • 100 gram keju

Cara Membuat Bolu Pisang:

resep-bolu-pisang
Adonan Bolu Pisang (srindr.blogspot.com)

  1. Masukkan gula dan telur ke dalam wadah, kemudian kocok hingga tercampur merata.
  2. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan. Tambahkan garam, tepung, baking powder, baking soda, dan keju. Aduk sambil tuangkan minyak goreng, aduk kembali hingga rata. 
  3. Siapkan teflon, panaskan dengan api kecil.
  4. Tuang adonan ke dalam teflon. Tutup dan masak selama 40 menit, lalu angkat.
  5. Taburkan gula halus dan bolu pisang siap disajikan.


Resep bolu pisang di atas juga dapat Anda matangkan dengan cara dikukus. Untuk membuat bolu pisang, baik dikukus maupun dipanggang, ada tips yang harus Anda perhatikan agar hasilnya tidak bantat. 


resep-bolu-pisang
Bolu Pisang Kukus (mangcook.com)
Tips dari resepcaramasak.info untuk menghasilkan bolu pisang anti bantat yaitu sebagai berikut.

1. Pisang yang dipilih untuk bahan membuat bolu harus benar-benar matang agar rasa bolu lebih manis dan teksturnya lembut. Pilihlah pisang yang bagian kulitnya terdapat bintik-bintik hitam.

2. Jika Anda menggunakan telur dari kulkas, diamkan sampai telur berada dalam suhu ruangan. Untuk menghangatkan telur, Anda dapat merendamnya sebentar dengan air hangat. Ini dimaksudkan agar putih telur dapat mengembang sempurna. Ketika dingin putih telur kental dan tidak mau mengembang.

3. Ketika mengocok telur dan gula, pastikan benar-benar sampai mengental dan terlihat pekat. Cirinya saat alat pengocok atau mixer diangkat, sisa adonan yang jatuh tidak langsung hilang dan masih terlihat bekasnya pada alat pengocok.

4. Gunakan minyak sayur untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan mengkilap. Sebagai alternatif, margarin atau mentega cair juga bisa Anda gunakan. Syaratnya, mentega atau margarin cair harus benar-benar dalam keadaan dingin.

5. Pastikan minyak atau mentega cair merata sempurna dengan adonan setelah dikocok. Anda dapat mengambil seperempat bagian adonan untuk dikocok dengan minyak. Setelah rata baru campurkan seluruh adonan yang tersisa.

6. Atur api kompor pada suhu rendah agar adonan bolu pisang matang merata.

7. Cek bolu untuk memastikannya sudah matang dengan cara tes menggunakan lidi. Perhatikan waktu pemanggangan atau pengukusan agar bolu betul-betul matang. Jika bolu terlihat agak gosong, tutup bagian atas loyang atau teflon dengan aluminium foil.

Resep bolu pisang di atas tentunya sangat mudah Anda praktikkan di rumah bukan? Dengan mengikuti tips yang dipaparkan, dijamin bolu tidak akan bantat atau gosong.

Bolu pisang enak dinikmati ketika sore hari sambil ditemani secangkir teh atau kopi dan mengobrol dengan keluarga. Kalau Anda memiliki stok pisang cukup banyak, mengolahnya menjadi bolu pisang adalah cara terbaik untuk menjadikan buah ini sajian yang bervariasi.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, klik like dan share artikel resep bolu pisang tanpa oven ini kepada teman-teman Anda.



Resep Bolu Pisang Tanpa Oven dan Tips Membuatnya Resep Bolu Pisang Tanpa Oven dan Tips Membuatnya Reviewed by Admin on February 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.