Ciri-ciri Wadah Makanan Plastik yang Aman Bagi Kesehatan

Kode Wadah Plastik yang Aman dan Berbahaya (mariana.my.id)

Njajan.com - Plastik sudah biasa digunakan sebagai bahan wadah makanan dan minuman. Baik untuk kegunaan sehari-hari di rumah maupun kemasan pembungkus di tempat-tempat penjual makanan. Tapi, ternyata tidak semua bahan plastik aman digunakan sebagai kemasan makanan. Bahkan, penggunaan wadah makanan plastik yang tidak sesuai aturan bisa menyebabkan risiko penyakit

Ada beberapa jenis plastik yang mengandung bahan kimia berbahaya jika kontak langsung dengan makanan. Makanan yang terpapar oleh zat kimia tersebut pasti berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Dengan demikian Anda perlu mengetahui ciri-ciri dan bahan wadah makanan plastik yang aman.

1. Mempunyai tanda food grade

Bahan yang dapat digunakan sebagai wadah makanan plastik yang aman harus mempunyai tanda food grade. Tanda tersebut berupa simbol gelas untuk minuman dan simbol garpu untuk makanan. Biasanya simbol terdapat pada bagian bawah wadah plastik. Kemasan atau wadah plastik dengan tanda food grade dibuat dari bahan yang aman dan sudah diuji secara ketat. Bahan tersebut tetap aman meski digunakan untuk tempat makanan atau minuman panas. Plastik yang termasuk dalam food grade umumnya terbuat dari poliprofilina (PP) polietilena (PE) dan polistirena atau Styrofoam.

2. Bersih

Selain terbuat dari bahan yang aman, wadah makanan plastik yang aman ialah yang bersih dan bebas dari kontaminasi kotoran yang terlihat. Sebelum digunakan, sebaiknya wadah plastik yang masih baru dicuci untuk menghilangkan kotoran, seperti noda dan cat yang menempel. Beberapa kemasan plastik malah dianjurkan untuk direndam air panas agar kadar residunya menurun dan tidak berpindah pada makanan.

3. Dapat dipakai berkali-kali

Jika masih dalam keadaan baik dan layak pakai, kemasan plastik dapat digunakan berkali-kali, karena produk plastik tidak mempunyai tanggal kedaluwarsa. Menggunakan wadah plastik berkali-kali justru aman, karena semakin sering digunakan dan dicuci, zat kimia di dalamnya semakin berkurang. Tentu dengan syarat, bahannya sesuai untuk digunakan berulang kali.

Nah, dengan demikian Anda perlu memperhatikan kode-kode pada wadah plastik untuk memastikan wadah makanan plastik yang aman, seperti dilansir dari lifewithoutplastic.com.
Tabel Kode Wadah Plastik dari BPOM
Tabel Kode Wadah Plastik dari BPOM

1. Polyethy terephtlate (PET)

PET atau tanda segitiga dengan nomor satu adalah bagian dari poliester polimer. Kode ini biasa terdapat pada botol air minum kemasan dan obat. Plastik jenis ini hanya bisa didaur ulang sekitar 29 persen, karena kualitasnya akan semakin rendah jika dioleh menjadi produk plastik lain. Penggunaan plastik ini hanya untuk wadah minuman sekali pakai.

2. High density polyethylene (HDPE)

HDPE atau polietilena adalah plastik yang paling banyak digunakan. Bahan plastik ini biasanya digunakan untuk kantong plastik, botol susu kemasan, botol pemutih, botol shampoo, dan botol minum. Wadah plastik dengan kode HDPE cukup aman untuk digunakan berulang kali.

3. Polivinil klorida (PVC)

PVC atau simbol segitiga dengan nomor 3, merupakan jenis plastik yang umumnya digunakan untuk bahan mainan, kemasan makanan, dan kemasan minyak goreng. PVC dapat membentuk dioksin yaitu bahan kimia beracun jika terbakar. Plastik ini tidak dianjurkan untuk digunakan kembali.

4. Polietilen densitas rendah (LDPE)

Polientilen merupakan plastik yang kuat, fleksibel, dan tahan terhadap udara lembap. Plastik ini dapat diolah kembali, dan aman untuk tempat makanan, gelas minuman panas dan dingin.

5. Polipropilena (PP)

PP bersifat kaku dan tahan panas, sesuai untuk wadah yang berisi makanan dan minuman panas, misalnya botol susu bayi. Wadah plastik dengan kode ini aman digunakan berulang kali.

6. Polistiren (PS)

Polistiren biasa dikaitkan dengan Styrofoam atau Expandable Polystyrene (EPS). Selain sebagai wadah makanan, bahan ini dapat digunakan pada karton telur dan wadah minum atau mangkuk sekali pakai. Bahan PS ditandai dengan kode segitiga dengan angka 6, tidak boleh digunakan berulang.

7. Other (O)

Other ditandai dengan kode segitiga 7 mengidentifikasikan beberapa bahan plastik, pelapis, dan campuran berbagai plastik. Misalnya polikarbonat, dipakai untuk tempat makan, botol minum olahraga, botol susu bayi, dan galon penyimpanan air. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih wadah makanan plastik yang aman untuk digunakan. Meski demikian, utamakan menggunakan bahan non-plastik misalnya porselen dan kaca. 

Selain itu, kurangi membeli makanan di luar yang berbungkus plastik, seperti gorengan. Sebagai alternatif, sebaiknya Anda membawa wadah sendiri. Jika artikel dari Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Ciri-ciri Wadah Makanan Plastik yang Aman Bagi Kesehatan Ciri-ciri Wadah Makanan Plastik yang Aman Bagi Kesehatan Reviewed by Njajan on June 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.