5 Masakan Manado Favorit Penggemar Olahan Ikan

Masakan Manado dari Olahan Ikan (10tempat-wisata.blogspot.com)

Njajan.com - Manado yang identik dengan objek wisata Bunaken, memiliki kekayaan kuliner khas yang lezat, seperti halnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Sebagai daerah yang dekat dengan laut, masakan Manado didominasi oleh hasil laut terutama ikan. Jadi wajar apabila hampir semua menu makanan Manado selalu dicampur dengan olahan ikan.

Inilah makanan khas ibu kota Sulawesi Utara yang harus Anda cicipi jika berkunjung ke sana.

1. Tinutuan atau Bubur Manado

Bubur Manado Tinutuan (indonesianfoods313.blogspot.com)
Bubur Manado Tinutuan (indonesianfoods313.blogspot.com)

Tinutuan atau bubur Manado terdiri dari campuran berbagai sayuran dan sumber karbohidrat seperti beras, singkong, jagung, labu kuning, bayam, kangkung, dan kemangi. Bubur Manado tidak mengandung daging, sehingga sesuai untuk vegetarian. 

Untuk menu sarapan, bubur disajikan bersama lauk pelengkap seperti ikan cakalang fufu, tuna asap, sambal roa, dan perkedel jagung. Ada juga variasi bubur Tinutuan yang disajikan dengan mi atau dengan sup kacang merah.

2. Cakalang Fufu Saos

Ikan Cakalang Fufu Saos (bungapepaya.com)
Ikan Cakalang Fufu Saos (bungapepaya.com)

Ikan cakalang (Katsuwonus Pelamis) atau dikenal juga dengan sebutan tongkol putih merupakan salah satu ikan andalan untuk dijadikan olahan masakan Manado. Ikan cakalang segar diasapi (fufu) kemudian diolah menjadi berbagai menu. 

Selain fufu santan, fufu saus adalah menu yang paling diminati. Fufu saus mudah ditemukan di rumah makan sekitar pasar tradisional atau Jembatan Sario. Tampilan saus hampir serupa dengan bumbu balado, begitu pun rasanya yang dominan pedas. 

Jika ingin mencari cakalang fufu yang belum dimasak untuk oleh-oleh, Anda juga bisa mendapatkannya di sana. Di samping rasanya yang enak, ikan cakalang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

Baca juga:  Meski Singgah Sebentar, Kuliner Salatiga Ini Jangan Dilewatkan

3. Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga (resepkoki.id)
Ikan Woku Belanga (resepkoki.id)

Woku belanga adalah cara pengolahan ikan ala Manado. Tempat memasaknya berupa belanga yang terbuat dari tanah liat. Sementara woku merupakan bumbu berisi campuran daun jeruk, daun pandan, daun serai, daun kunyit, kemangi, dan bumbu lain yang bercitarasa pedas dan beraroma wangi. 

Ikan yang biasa diolah dengan cara ini meliputi ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, dan ikan cakalang. Tak jarang kepiting dan udang juga dimasak dengan bumbu woku. Masakan Manado ini juga sangat mudah ditemukan di restoran makanan khas Minahasa dan warung makan tradisional di kota tersebut.

4. Sambal Roa

Sambal Roa Manado (sambalroasofia.blogspot.com)
Sambal Roa Manado (sambalroasofia.blogspot.com)

Sambal roa merupakan salah satu sambal terkenal dari Manado. Bahan utamanya yaitu ikan roa, sejenis ikan terbang yang diasap hingga kering. Kemudian, ikan roa asap ditumbuk halus dan dimasak dengan sedikit minyak. 

Sesudah itu dicampur dengan bumbu halus berisi cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, gula, dan garam, lalu ditumis. Sambal roa biasanya disantap bersama bubur Manado atau nasi hangat. Karena proses pengolahannya yang cukup panjang, jangan heran kalau sambal roa harganya cukup mahal.

5. Gohu

Gohu Manado (bukangkarlota.blogspot.com)
Gohu Manado (bukangkarlota.blogspot.com)

Gohu adalah masakan Manado yang merupakan sejenis asinan. Pepaya yang masih muda atau mengkal diiris-iris kecil memanjang. Kemudian dicampur dengan cuka, air, cabai yang sudah ditumbuk halus, gula aren, jahe, dan bakasang atau fermentasi telur dan perut ikan. 

Kombinasi rasa pedas, manis, dan asam dari bumbu berpadu dengan segarnya pepaya muda. Gohu dapat disantap begitu saja atau dijadikan sebagai pelengkap masakan ikan gohu. Makanan ini dapat ditemukan di kaki lima atau di rumah makan dan restoran di Manado dan sekitarnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Ikan Bakar Enak dan Anti Hancur

Bagi Anda yang gemar menyantap ikan dan aneka olahan yang mengandung ikan, tepat sekali menikmati masakan Manado langsung dari tempat asalnya. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


5 Masakan Manado Favorit Penggemar Olahan Ikan 5 Masakan Manado Favorit Penggemar Olahan Ikan Reviewed by Njajan on June 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.