Panduan Lengkap Cara Membuat Telur Asin yang Berkualitas dan Bervariasi

Cara membuat telur asin mudah dan berkualitas (zonamakan.blogspot.id)

Njajan.com - Telur asin banyak digemari sebagai lauk dan pelengkap aneka hidangan. Mulai dari nasi campur, soto, hingga rawon. Olahan telur ini juga menjadi pilihan persediaan makanan di rumah karena enak, cepat disajikan, dan tahan lama. Saat ini telur asin sudah dimodifikasi dengan berbagai rasa. Namun cara membuat telur asin pada dasarnya sama, yaitu melewati proses pengasinan.


Memilih Telur yang Berkualitas


Perhatikan telur yang akan Anda jadikan telur asin. Pastikan tidak ada retak atau berlubang pada cangkangnya. Telur yang berkualitas bagus juga akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Namun jika terapung, artinya telur sudah lama dan tidak layak diolah.


Cara membuat telur asin berkualitas (slbpamardiputra.wordpress.com)
Cara membuat telur asin berkualitas (slbpamardiputra.wordpress.com)


Cara Membuat Telur Asin Tradisional


Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

  • 10-30 butir telur itik 
  • 1,5 kg abu gosok atau bubuk batu bata merah 
  • 0,5 kg garam dapur 
  • Air bersih

Siapkan juga alat-alat yang akan digunakan meliputi ember plastik, panci, pengaduk, amplas, dan tempat menyimpan telur.

Baca juga: Resep Sarapan Pagi Telur Dadar Gulung Gyeranmari Ala Korea

Setelah itu lakukan langkah-langkah cara membuat telur asin sebagai berikut:

  1. Siapkan air di dalam ember plastik. Cuci bersih semua telur. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada cangkang. Setelah itu keringkan telur dengan lap bersih.
  2. Gosok perlahan permukaannya telur dengan amplas, agar pori-pori telur terbuka sehingga rasa asin dapat masuk ke dalam.
  3. Dengan panci terpisah, buat bahan untuk mengasinkan telur. Caranya dengan mencampurkan abu gosok atau bubuk batu bata merah dengan garam. Perbandingannya 1:1. Jika menggunakan 1 kg bubuk batu bata atau abu gosok, gunakan 1 kg garam. Tambahkan air hingga campuran menjadi seperti pasta. Baluri telur satu per satu dengan adonan ini kira-kira setebal 1-2 mm.
  4. Simpan telur dalam wadah selama 15-20 hari. Semakin lama waktu penyimpanan, maka telur akan semakin asin.
  5. Setelah melewati waktu yang ditentukan, bersihkan telur campuran pengasin. 
  6. Setelah telur dibersihkan, Anda juga dapat merendam dengan larutan teh selama satu minggu. Penggunaan air teh bisa membuat telur asin lebih awet dan aroma lebih enak.

Variasi Telur Asin Aneka Rasa

Variasi telur asin dengan berbagai rasa (resepkoki.id)
Variasi telur asin dengan berbagai rasa (resepkoki.id)

Apabila telur asin orisinal bagi Anda sudah membosankan, cobalah variasi telur asin aneka rasa. Pemberian rasa pada telur asin dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pemeraman dan injeksi. 


1. Pemeraman


Menambahkan rasa dengan cara ini bisa dilakukan dengan menambahkan bumbu atau perasa ke dalam campuran pengasin. Selama proses pemeraman Anda harus meneteskan air sesekali agar rasa meresap ke dalam telur.


2. Injeksi


Cara ini dilakukan dengan menyuntikkan perasa ke dalam telur asin yang sudah diperam selama satu minggu dan siap direbus. Suntikan harus masuk sampai ke dalam kuning telur. Setelah disuntik, lubang harus ditutup dengan selotip agar isinya tidak keluar ketika perebusan.


Membuat telur asin mudah untuk pemula (pitikkedu.blogspot.com)
Membuat telur asin mudah untuk pemula (pitikkedu.blogspot.com)


Mematangkan Telur Asin


Telur asin dapat dimatangkan dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Agar hasil rebusan sempurna, gunakan api kecil agar air tidak sampai mendidih. Tujuannya agar telur tidak berbenturan ketika air menggelegak. Rebus selama kurang lebih 1,5 jam.

Ketika merebus telur, panci tak perlu ditutup. Telur asin juga bisa dikukus dengan durasi waktu yang sama menggunakan api sedang. Telur asin juga dapat diasap atau dipanggang dengan oven selama kurang lebih 60 menit untuk membuatnya matang.


Ciri Telur Asin yang Bermutu Tinggi

  
Setelah mengetahui cara membuat telur asin, Anda juga harus bisa memeriksa kualitas telur asin yang dihasilkan. Telur asin yang bagus kulitnya berwarna biru pekat merata. Bagian dalam telur tidak mengeluarkan cairan ketika digigit, tidak berbau amis, dan rasa asinnya tidak menyengat. Warna kuning telur agak kemerahan dan kering (masir) serta berminyak. Kuning telur terletak di tengah serta tidak ada rongga dengan bagian putih telur.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang

Telur asin mempunyai kandungan protein dan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh. Zat gizi di dalamnya juga mudah dicerna sehingga bagus untuk dikonsumsi anak-anak dan orang yang sedang dalam masa penyembuhan.

Nah, jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat telur asin dengan batu bata merah atau abu gosok, Anda bisa melihat panduan lengkap cara membuat telur asin sendiri dari Hernings Kitchen.




Demikian informasi mengenai panduan lengkap cara membuat telur asin yang berkualitas dan bervariasi. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Panduan Lengkap Cara Membuat Telur Asin yang Berkualitas dan Bervariasi Panduan Lengkap Cara Membuat Telur Asin yang Berkualitas dan Bervariasi Reviewed by Njajan on April 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.