4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang


Njajan.com - Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering dimasak untuk sarapan pagi. Manfaat telur yang begitu banyak, serta kandungan gizi telur yang cukup lengkap membuat banyak keluarga mengonsumsinya.

Perlu Anda ketahui, dalam sebutir telur tersimpan banyak kandungan nutrisi, di antaranya vitamin B2, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, zat besi, zinc, mineral fosfor, dan protein rendah kalori (6,5 gram protein dan 75-85 kalori).

Selain itu, telur juga bisa mencegah berbagai jenis kanker, terutama kanker payudara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Univertasitas Harvard pada tahun 2003, mengonsumsi telur bisa membantu wanita mencegah kanker payudara.

Dua tahu setelahnya, tepatnya tahun 2005, peneliti lain menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya enam butir telur per minggu memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit telur setiap minggu.

Dari dua penelitian tadi sudah cukup menjelaskan bahwa telur sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi sayangnya, telur mudah busuk jika tidak disimpan di dalam kulkas. Cangkangnya retak sedikit saja, telur bisa membusuk dalam hitungan jam. 


Cara mengetahui telur busuk tanpa membuka cangkangnya


Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui mana telur yang sudah busuk dan telur yang masih segar. Bagaimana caranya?

Berikut cara mengenali telur busuk dan telur yang masih segar tanpa memecah cangkang.


1. Masukkan telur ke air dingin


Jika Anda mempunyai air dingin, Anda bisa membedakan telur busuk dan telur yang masih bagus. Caranya, isi gelas tinggi dengan air dingin. Lalu, masukkan telur ke dalam gelas tersebut menggunakan sendok makan. 

Telur yang masih bagus biasanya akan tenggelam di bagian bawah gelas. Sementara, telur yang sudah lama atau kurang bagus akan sedikit melayang (berdiri) di tengah gelas. 

Kalau telurnya sudah busuk, pasti akan mengapung di permukaan gelas. Nah, untuk telur busuk, sebaiknya segera dibuang ke tempat sampah karena sudah tidak layak dikonsumsi.

Pertanyaannya, mengapa telur yang mengapung dianggap sudah busuk? Hal ini karena seiring bertambahnya usia telur, kantong udara kecil di cangkang telur mengembang. Akibatnya, telur tersebut lebih mudah mengapung.


2. Mencium bau telur


Walaupun mencium bau telur busuk itu sangat sulit karena cangkangnya cukup tebal. Tapi telur yang sudah sangat busuk sekali biasanya akan mengeluarkan bau yang tak sedap. 

Selain itu, terkadang cangkangnya tidak terlalu keras atau sedikit mengendur.

Kalau mau lebih mudah dalam mengenali telur busuk dengan cara menciumnya, Anda bisa memecahkan cangkang telur tersebut. 


3. Melihat telur menggunakan lilin


Cara menerawang telur menggunakan lilin disebut sebagai candling. Selain dengan lilin, Anda bisa mengecek telur masih segar atau sudah busuk menggunakan senter kecil.

Caranya, dekatkan lilin atau senter ke bagian cangkang telur. Kemudian, amati apakah Anda melihat gelembung udara kecil bergerak di dalam cangkang? Jika gelembung tersebut berukuran kecil, tandanya telur masih bagus, tapi kalau ukurannya besar, berarti telur sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya sudah menurun.

Di samping itu, Anda bisa melihat bayangan kuning telur. Pada telur yang masih segar, kuning telur akan tetap diam, tapi kalau telur tersebut sudah cukup lama maka akan bergerak kuningnya.


4. Mengocok telur dengarkan suaranya


Tips mengetahui telur yang sudah busuk lainnya bisa dengan cara mendengarkan suaranya. Caranya cukup mudah, dekatkan telur ke telinga, lalu kocok dengan lembut. 

Telur segar tidak akan menimbulkan suara, sedangkan telur yang lebih tua atau telur busuk akan mengeluarkan suara sedikit.

Nah, itu tadi cara mengetahui telur yang sudah busuk tanpa memecahkan cangkang. Apabila Anda ingin kepastian apakah telur tersebut busuk atau tidak, lebih baik pecahkan saja cangkangnya.

Telur segar akan memiliki kuning telur yang berwarna kuning cerah dan bentuknya membulat.

Anda dapat mengenali telur yang sudah busuk atau masih bagus dari tampilan fisiknya.

Putih telur yang masih bagus akan membentuk lapisan tebal di sekitar kuning telur. Semakin lama usia telur, putih telur akan menjadi lebih cair.

Untuk kuning telur, biasanya warna kuningnya terlihat pucat dan tidak menggelembung lagi atau makin datar.

Demikian beberapa cara mengetahui perbedaan telur busuk dan telur segar tanpa memecah cangkang. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang 4 Cara Mudah Mengetahui Telur yang Sudah Busuk Tanpa Memecahkan Cangkang Reviewed by Njajan on September 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.