25 Makanan dan Minuman Untuk Menyembuhkan Pilek atau Flu

Makanan untuk Menyembuhkan Flu dan Pilek (marthastewart.com)

Njajan.com - Tak hanya obat, ternyata beberapa jenis makanan dan minuman mampu digunakan untuk menyembuhkan pilek atau flu. Makanan dan minuman ini sebenarnya tidak mengandung obat-obatan, tapi memang dipercaya sanggup meredakan flu atau pilek.

Ya, Anda mungkin tidak akan percaya bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata berkhasiat mengobati penyakit pilek dan flu. Cukup sekali makan, pilek dan flu yang mengganggu akan reda seketika.

Sudah banyak yang membuktikan dan ternyata berhasil. Jadi, mengapa harus mengomsumsi obat bila makan enak saja bisa meredakan pilek dan flu?

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Cegah Influenza, Demam, dan Pilek dengan 12 Makanan Sehat di Musim Pancaroba

Banyak mengonsumsi obat juga tidak baik untuk kesehatan. Apalagi untuk jangka panjang. Kalau cuma penyakit flu dan pilek sebenarnya bisa sembuh sendiri. Namun, dengan bantuan makanan dan minuman ini kemungkinan Anda akan sembuh lebih cepat.

Makanan Untuk Meredakan Pilek dan Flu


1. Soto Ayam

Soto Ayam (taste.com.au)
Soto Ayam (taste.com.au)


Kebiasaan orang barat saat sedang flu selalu menyantap sup ayam atau soto ayam. Hal ini karena ayam mengandung vitamin B6, vitamin B12, dan seng untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

"Makanan cair yang masih panas seperti sup bisa meningkatkan suhu tubuh, dan mempermudah sekresi mukus. Selain itu, saat Anda memasak ayam, ayam akan mengeluarkan asam amino cysteine yang menyerupai obat untuk bronkitis," tutur Alissa Rumsey, ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics. 

Saat flu atau pilek coba makan sup ayam asli Indonesia alias soto ayam. Dijamin soto ayam kuning yang dibumbui dengan kunyit dan kaya curcumin pasti dapat menyembuhkan flu. Sebab, senyawa tersebut mempunyai khasiat untuk membunuh virus.

2. Sup ayam 


Penelitian medis memberitahukan bahwa sup ayam bisa menekan peradangan yang menyebabkan gejala flu dan pilek. 

Sup ayam dapat mencairkan lendir di hidung sehingga rasa mampet pada hidung, dada, dan tenggorokan akan berkurang. 

Penambahan mie dan sayur akan lebih membantu mempercepat penyembuhan. Ini karena karbohidrat dapat meningkatkan energi, dan sayuran akan meningkatkan nutrisi pada sup yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Bawang putih 


Dari dulu diketahui bahwa bawang putih merupakan bahan makanan yang kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus. Tak heran bawang putih dapat mencegah pilek atau flu serta mempercepat penyembuhan suatu penyakit. 

Bawang putih mengandung senyawa minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas pada bawang putih) ampuh untuk melawan pilek dan flu. Kalau kuat dan suka, Anda bisa memakan bawang putih mentah secara langsung.

Alternatif lainnya, bisa menggunakan suplemen bawang putih seperti serbuk, minyak, dan ekstrak bawang putih. Anda cukup mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih setiap hari agar terhindar dari flu dan pilek. 

4. Madu 


Sebuah penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. 

Ya, faktanya madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Namun jangan lupa, bahwa anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.

5. Daging tanpa lemak 


Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi zat besi merupakan pilihan yang tepat. Untuk mempertahankan tingkat zat besi yang baik dalam tubuh yakni dengan memakan daging tanpa lemak. 

Tak hanya menyediakan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh, daging tanpa lemak juga mengandung zinc, mineral lain yang baik untuk mencegah infeksi. 

Oleh karena itu, bila hidung Anda mulai merasa sedikit mampet atau berair, makanlah sepotong daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan atau kerang dapat membantu Anda melawan kuman.

6. Pisang


Tahukah Anda, pottasium yang terkandung dalam buah pisang berfungsi untuk menenangkan pikiran, serta membantu gejala sulit tidur. Pisang juga mengandung vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Sedangkan, kandungan triptofan yang dapat memicu produksi hormon serotonin di otak. Serotonin sendiri merupakan senyawa yang dapat membuat tenang, sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Bagi Anda yang tersiksa karena flu, sebaiknya segera mengonsumsi pisang. Apapun jenisnya, pisang dapat membantu meredakan flu dan pilek.

7. Apel


Buah apel mengandung flavanoid yang mencegah kanker dan penyakit jantung. Satu buah apel berukuran sedang mengandung empat gram serat makanan. 

Artinya apel dapat memenuhi 17 persen kebutuhan serat harian. Selain itu, apel juga mampu memasok 14 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

Semakin sering mengonsumsi apel, sebenarnya Anda akan terhindar dari gejala flu dan pilek.

8. Pepaya


Seperti yang diketahui bersama, buah pepaya bisa melancarkan pencernaan. Pepaya ternyata juga berfungsi untuk mengusir flu dari dalam tubuh. 

Buah tropis satu ini memiliki kandungan beta-karoten, vitamin E, serta vitamin C yang tidak kalah tinggi dengan buah jeruk. Kandungan lycopene pada pepaya dapat berfungsi sebagai antioksidan.

9. Jamur Kancing

Jamur Kancing (tumbuhanhewani.com)
Jamur Kancing (tumbuhanhewani.com)


Makanan dari jamur kancing sangat lezat dan juga dapat melawan sel kanker.

Pasalnya, jamur kancing mengandung niacin, riboflavin, folate, fosfor, zat besi, panthothenic acid, zinc, potassium, copper, magnesium, vitamin B6, selenium, dan thiamin. Serat pun tinggi. Bayangkan, sel kanker saja bisa dilibas, apalagi virus influenza!

10. Ubi Manis atau Ubi Jalar


Saat ini sangat jarang masyarakat yang mengonsumsi ubi manis atau ubi jalar. Ubi manis cuma jadi primadona saat bulan puasa, karena dijadikan es kolak. 

Padahal, ubi manis atau ubi jalar mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti vitamin A, C dan E, beta-karoten, magnesium, kalium dan kaya antioksidan. 

11. Kembang Kol


Siapa sangka, ternyata kembang kol merupakan salah satu sumber vitamin C yang cukup besar. Kembang kol juga mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan mangan. 

Hebatnya lagi, kembang kol tak mengandung kolesterol berbahaya. Kandungan kolin dan fosfor pada kembang kol juga berfungsi untuk memperbaiki daya dari membran sel.

12. Apel Panggang

Apel Panggang (mastodoc.com)
Apel Panggang (mastodoc.com)


Pernah menyantap apel panggang? Biasanya cuma daging yang dipanggan, tapi sekarang buah apel ternyata bisa dipanggang.

Ya, apel utuh yang dipanggang merupakan cemilan saat nafsu makan hilang. Rasanya yang manis dengan tambahan gula dan mentega di bagian tengah akan meleleh di lidah.

Buah apel sendiri bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh. Santap apel bersama cairan yang dihasilkan saat proses pemanggangan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. 

13. Ayam atau Kalkun


Sumber protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan saat tubuh sedang lemah adalah ayam dan kalkun. Selain itu, makan makanan berprotein saat flu dapat menambah energi untuk melawan penyakit. 

Meskipun tubuh Anda sangat tangguh, tetapi dorongan dari protein dapat memberikan energi pada sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat pemulihan flu dan pilek.

14. Makanan Pedas


Bagi yang suka makan pedas, sebaiknya Anda menyantap makanan tersebut saat kondisi tubuh sedang melemah.

Anda dapat menambahkan cabai rawit pada sup dan makanan lain, atau menikmati sayuran pedas, kari berbasis ayam, atau hidangan tumis untuk mengurangi hidung mampet karena flu. 

Namun, kalau Anda tidak kuat makan pedas, ada baiknya memilih jenis makanan lain yang tidak pedas tapi bisa membantu menyembuhkan pilek dan flu.

15. Rempah-rempah


Rempah-rempah seperti kunyit, cengkeh, dan kayu manis yang dikemas dengan antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Anda disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh rempah-rempah setiap hari untuk membantu menangkal flu. Anda dapat mencoba untuk mencampur beberapa kayu manis ke dalam oatmeal pagi. 

Jika Anda telah merasa bahwa flu telah menyerang Anda, Ayurveda merekomendasikan menggunakan makanan untuk flu berikut dalam membantu mengeluarkan keringat demam:

Masukkan ½ sendok teh kayu manis dan ½ sendok teh ketumbar ke dalam air mendidih untuk membuat teh. Resep lainnya, ¼ sendok teh jahe bubuk juga dapat ditambahkan untuk membantu menurunkan suhu tubuh Anda ketika demam.

16. Jeli Mangga

Jeli Mangga (al-afiqanakdaddy.blogspot.com)
Jeli Mangga (al-afiqanakdaddy.blogspot.com)


Selain buah jeruk dan lemon, mangga bisa menjadi sumber vitamin C yang diperlukan tubuh saat flu. Anda bisa memakan mangga secara langsung, tapi lebih nikmat jika dibuat menjadi jeli mangga.

Jeli mangga tersebut cukup dicampur dengan gelatin atau bubuk konnyaku tawar dan sedikit air, kemudian rebus dan dinginkan. Tak perlu ditambahkan gula, sebab konsumsi gula terlalu banyak saat flu bisa menebalkan dinding mukus.

17. Sayur Asam


Sayuran asam adalah sumber vitamin C dan mineral yang paling dibutuhkan tubuh saat sedang sakit. 

Sayur asam dapat ditambah kacang panjang, kangkung, dan daun melinjo untuk mendapatkan nutrisi lengkap. Sayur ini juga dapat ditambahkan labu siam yang kandungan potasium di dalamnya bisa mengembalikan stamina.

Selain itu, kuah sayur asam yang hangat akan mengembalikan cairan tubuh dan meringankan hidung mampet. Asam juga dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

18. Ubi Kuning


Tahukah Anda, ubi kuning merupakan sumber vitamin A untuk menjaga kesehatan membran mukus. Dengan begitu infeksi virus penyebab flu bisa ditangkal.

Jika Anda bosan dengan ubi rebus, maka olah ubi kuning menjadi french fries. Ganti proses penggorengan dengan pemanggangan. Tak hanya lebih rendah kalori, mengurangi asupan minyak dengan menghindari gorengan juga lebih baik untuk kesehatan membran mukus.

19. Yogurt Buah


Makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt buah sangat baik untuk membersihkan toksin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, konsumsi yogurt bisa memperpendek periode flu menjadi dua hari lebih cepat dan meringankan gejala-gejalanya hingga 34 persen. 

Oleh karena itu yogurt bisa menjadi salah satu cemilan yang layak dikonsumsi saat terserang flu.

Agar tak membosankan, Anda juga bisa menambahkan topping buah-buahan segar yang kaya vitamin seperti beri-berian, jeruk, nanas, apel, atau anggur. Jangan lupa pilih yogurt biasa atau Greek yoghurt yang tidak ditambah gula atau perasa buatan.

20. Stroberi, Jeruk, dan Tomat 


Saat ini mungkin belum ada persetujuan bersama di antara para ahli nutrisi terhadap efek menyembuhkan dari konsumsi rutin vitamin C terhadap gejala pilek dan flu. Meski begitu beberapa studi menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu pencegahan pilek dan flu. 

Ya, beberapa studi sudah menyatakan bahwa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sebanyak tiga cangkir atau lebih setiap harinya (tubuh tidak dapat menyimpan vitamin C, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi vitamin C setiap harinya) dapat berfungsi sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh. 

Perlu diketahui, lebih baik mendapatkan vitamin C dari makanan yang Anda konsumsi, daripada dari suplemen. Oleh karena itu, penuhi menu Anda dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, jeruk, tomat, dan brokoli.

Minuman Untuk Menyembuhkan Flu atau Pilek


1. Teh Hijau

Teh Hijau (womenshealthmag.com)
Teh Hijau (womenshealthmag.com)


Tahukah Anda, orang-orang di Cina sudah menggunakan teh hijau sebagai penangkal sakit selama ratusan tahun, dan sekarang banyak penelitian mendukung gagasan mereka. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Jadi, tidak hanya menurunkan risiko terkena pilek dan flu, peminum teh hijau juga mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga sel dalam tubuh mereka dapat melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. 

Anda juga harus tahu, kalau teh hijau diberikan ke anak, sebaiknya porsinya sedikit saja karena mengandung kafein. Ya, cukup berikan satu cangkir teh hijau hangat untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Susu


Semua mengetahui bahwa susu adalah minuman yang kaya protein, kalsium, serta vitamin D. Susu juga mengandung fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, dan seng. 

Tak heran makanan sehat pun masih harus dilengkapi dengan susu agar sempurna. Slogannya makanan empat sehat lima sempurna.

3. Limun Jahe


Saat sedang flu, minuman untuk memperkuat kekebalan tubuh adalah ginger lemonade atau limun jahe karena mengandung sumber vitamin C. Jahe di dalam limun dapat membantu menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan. 

Tambahkan beberapa sendok madu untuk membunuh virus dan meredakan batuk dan flu. Konsumsi limun jahe saat masih hangat karena khasiatnya lebih kuat daripada limun dingin.

4. Wedang Teh Apel


Menurut hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti Cardiff University, minuman panas bisa meredakan bersin, sakit tenggorokan, meriang, dan rasa lelah saat flu.

Jadi buatlah minuman panas seperti wedang teh apel. Sediakan wedang teh hijau atau teh hitam disertai irisan apel. Teh hijau dan teh hitam merupakan sumber antioksidan L-theanine yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Sementara buah apel akan memberikan suntikan vitamin C dan aroma harum yang menenangkan. Jangan lupa tambahkan sedikit cengkih atau kayu manis untuk memperkuat efek menghangatkan tubuh.

5. Jus Sayur

Jus Sayur (thetrentonline.com)
Jus Sayur (thetrentonline.com)


Untuk meredakan flu dan pilek, buatlah jus sayur-sayuran karena jus sayur mayoritas rendah gula. 

Jus sayur adalah makanan atau minuman untuk flu yang memiliki banyak antioksidan. Mengapa harus dibuat jus? Biasanya jus lebih nikmat dan mudah dicerna. Kalau sedang pilek dan flu, jangan menambahkan es pada jus sayur. Ada baiknya, buat jus sayur tanpa es agar penyakit flu bisa sembuh lebih cepat.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman untuk penyembuh flu, pilek, dan batuk. Walau tidak dicampur obat, ternyata asupan gizi dan nutrisi dalam makanan tadi dapat meredakan berbagai penyakit, termasuk flu atau pilek.

Baca juga: 10 Makanan Diet Murah Meriah agar Tubuh Sehat, Bugar, dan Langsing

Oleh karena itu, tunda dulu pergi ke dokter. Jika Anda kehujanan dan terkena flu, maka sembuhkan dengan makanan dan minuman tersebut.

Kebanyakan makanan dan minuman bergizi tadi sifatnya menghangatkan tubuh, sehingga cocok sekali dinikmati di musim hujan atau saat cuaca dingin.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


25 Makanan dan Minuman Untuk Menyembuhkan Pilek atau Flu 25 Makanan dan Minuman Untuk Menyembuhkan Pilek atau Flu Reviewed by Njajan on March 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.