Cuaca Tak Menentu, Cegah Influenza, Demam, dan Pilek dengan 12 Makanan Sehat di Musim Pancaroba

makanan-sehat

Njajan.com - September hingga November ini merupakan masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan atau pancaroba. Di masa peralihan musim, tubuh manusia akan beradaptasi dengan iklim. Namun, dalam proses adaptasi kadang tubuh tidak mampu menerima sehingga mudah terserang penyakit seperti influenza, pilek, demam, batuk, dan badan pegal-pegal. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat di musim pancaroba.

Beberapa jenis makanan dari sayuran dan buah yang mengandung vitamin dan antioksidan dapat dikonsumsi untuk menjaga ketahanan tubuh di musim pancaroba, seperti di bawah ini.

Baca juga: 10 Makanan Diet Murah Meriah agar Tubuh Sehat, Bugar, dan Langsing


1. Labu 


Penyakit flu kerap menyerang di musim peralihan ini. Untuk menangkalnya, Anda memerlukan makanan musim pancaroba yang kaya vitamin C dan vitamin A yaitu labu. Vitamin C di dalamnya dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh. Sementara vitamin A dapat menjaga kesehatan mata dan mampu meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kulit. Sayuran ini dapat dinikmati setelah direbus atau dipanggang.


2. Apel

makanan-sehat
Apel Merah (twitter.com)
Buah apel memiliki kandungan antioksidan bernama Quercetin yang mampu meningkatkan sistem imun. Antioksidan ini setara dengan 1.500 mg vitamin C sehingga dapat mencegah influenza. Sementara itu, serat larut dan tak larut di dalamnya mampu menyehatkan pencernaan.


3. Ubi Jalar


Ubi jalar merupakan makanan sehat yang kaya akan karbohidrat, potasium, elektrolit, kalium, magnesium, dan sodium. Zat-zat tersebut mampu memberikan tenaga, membantu keseimbangan retensi cairan, fungsi jantung, dan kontraksi otot di dalam tubuh.


4. Lobak


Lobak mengandung berbagai nutrisi yang berfungsi membangkitkan tenaga ketika musim pancaroba. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi folat, vitamin B5 dan vitamin B6 yang sangat penting untuk memproduksi energi dan memelihara metabolisme tubuh. Lobak dapat diolah menjadi sup untuk memperoleh khasiatnya.


5. Blackcurrant


Polifenol dan anthocyanin dalam buah blackcurrant dapat meningkatkan sirkulasi vena. Sementara daunnya bersifat anti-inflamasi dan detoksifikasi. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, rebus 2 hingga 3 cangkir blackcurrant dan 5 gram daun keringnya dengan 1 liter air. Rebus hingga mendidih dan minum airnya secara teratur.


6. Cranberries


Cranberries merupakan probiotik alami yang dapat membantu memperbanyak jumlah bakteri baik di dalam tubuh, sehingga dapat melindungi dari penyakit yang terbawa oleh makanan. Antioksidan dalam cranberries lima kali lebih banyak dibandingkan pada brokoli.


7. Lemon


Lemon sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan karena asam sitrat dan vitamin C di dalamnya. Makanan sehat ini juga bersifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat melawan faringitis, tonsillitis, dan gangguan tenggorokan yang lain. 


8. Pepaya


Pepaya dapat mencegah peradangan dalam tubuh dan mencegah demam. Di dalamnya terdapat betakaroten, vitamin C, dan vitamin E yang juga mampu membantu menangkal asma.


9. Pisang


Pisang merupakan sumber vitamin B6 tertinggi, sehingga dapat mengurangi letih, stres, depresi, dan gangguan tidur. Kandungan magnesium di dalam pisang juga dapat menjaga kekuatan tulang Anda. 


10. Madu


Madu dapat dimasukkan ke dalam makanan untuk musim pancaroba karena berbagai kebaikan yang terdapat di dalamnya. Madu bisa meredakan sakit tenggorokan, iritasi saat flu, dan mengurangi batuk.

Baca juga: Punya Banyak Manfaat, Ini 3 Buah Favorit di Bulan Puasa


11. Sup Ayam 

makanan-sehat
Sup Ayam (youtube.com)
Ketika dilanda flu, Anda memerlukan makanan sehat yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mencairkan dahak. Selain sehat, sup ayam juga memiliki rasa yang lezat.


12. Jeruk


Buah jeruk mengandung vitamin C yang mampu mengatasi pilek dan flu. Anda dapat mengonsumsi jeruk hangat untuk mendapatkan khasiatnya.

Di samping makanan sehat yang perlu dikonsumsi selama musim pancaroba di atas, Anda juga disarankan memperbanyak minum air putih. Bila perlu, konsumsi suplemen kesehatan untuk mencegah penyakit. Jika artikel  ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Cuaca Tak Menentu, Cegah Influenza, Demam, dan Pilek dengan 12 Makanan Sehat di Musim Pancaroba Cuaca Tak Menentu, Cegah Influenza, Demam, dan Pilek dengan 12 Makanan Sehat di Musim Pancaroba Reviewed by Admin on September 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.