Punya Banyak Manfaat, Ini 3 Buah Favorit di Bulan Puasa

Blewah Buah Favorit di Bulan Puasa (beritadaerah.co.id)

Njajan.com - Ketika Ramadan tiba, beberapa jenis buah-buahan seakan naik daun. Tak hanya kurma, di Indonesia umumnya masyarakat juga memfavoritkan blewah, timun suri, dan kolang-kaling untuk diolah menjadi sajian berbuka. Di balik kesegarannya, ternyata ketiga buah favorit di bulan puasa ini menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, berikut ulasannya.

1. Blewah

Blewah atau cantaloupe merupakan buah yang berbentuk seperti labu dengan daging berwarna orange. Biasanya blewah diserut atau dipotong kecil-kecil ditambah sirup dan es batu sebelum disajikan untuk berbuka puasa.

Blewah mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap meliputi serat, antioksidan, betakaroten, magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. 

Manfaat blewah antara lain:


  • Memberi nutrisi pada kulit dengan karotenoid yang terkandung di dalamnya. Zat ini dapat menangkal kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • Kandungan air di dalamnya dapat menghidrasi tubuh, mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.
  • Kalori yang rendah baik untuk menurunkan bobot tubuh. Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, blewah sangat sesuai untuk asupan sehari-hari.
  • Blewah memiliki zat antioksidan seperti flavonoid, betakaroten, lutein, dan zea-xanthin yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan tekanan DNA, sehingga dikatakan mampu mencegah kanker.


2. Timun Suri

Timun suri selalu muncul setiap menjelang datangnya bulan Ramadan. Buah favorit di bulan puasa ini berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau kekuningan. Tekstur dagingnya lembut dan mengandung banyak air sehingga sangat nikmat diolah menjadi minuman untuk berbuka. 

Meski namanya timun, buah ini ternyata satu famili dengan labu dan melon. Timun suri mempunyai kandungan vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium.  

Timun suri memiliki manfaat antara lain:


  • Dengan vitamin K dalam jumlah cukup tinggi, timun suri mampu meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada sendi. Vitamin K juga dapat menjadi obat untuk mengatasi kerusakan neuronal pada otak sehingga buah tersebut juga dapat mencegah Alzheimer.
  • Vitamin C yang ada pada timun suri dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh, sementara betakaroten mampu menyehatkan mata.
  • Buah timun suri mengandung air dan serat sehingga dapat memperlancar pencernaan dan mencegah dehidrasi jika dikonsumsi dengan ukuran yang tepat.


3. Kolang-kaling

Kolang-kaling alias buah atap juga merupakan buah yang banyak diburu ketika Ramadan. Biasanya kolang-kaling dijual dalam keadaan daging buah siap diolah atau sudah berbentuk manisan. Kolang-kaling dapat dinikmati juga sebagai campuran es buah atau dimakan dengan campuran sirup berbagai rasa.

Setidaknya kolang-kaling mengandung fosfor, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, serat, kalori, dan zat besi. 

Adapun manfaat kolang-kaling yaitu:


  • Membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat pembuangan racun dari usus dengan serat kasar yang terkandung di dalamnya. Sehingga dengan memakan kolang kaling dapat mencegah sembelit dan mengurangi risiko kanker usus besar.
  • Dengan kalsium yang terkandung di dalamnya, kolang-kaling bermanfaat menjaga kesehatan dan memperkuat tulang.
  • Fosfor dalam kolang-kaling dapat menjaga sel dan jaringan tubuh, selain memperkuat tulang dan gigi. Fosfor juga diperlukan untuk menghasilkan energi dan menggerakkan otot.
  • Kolang-kaling dapat membantu mengalirkan karbondioksida dan oksigen dalam tubuh dengan zat besi di dalamnya. Zat besi juga dapat mengatasi kelelahan dan mencegah anemia.
  • Terakhir, kolang-kaling mengandung gelatin yang dapat membantu mengurangi berat badan. Gelatin juga dapat mengatasi osteoarthritis, radang sendi, dan osteoporosis.

Baca juga: 10 Resep Es Kepal Milo dengan Berbagai Topping

Demikian buah-buah favorit di bulan puasa yang sangat bermanfaat untuk Anda. Selagi Ramadan dan masih beredar sangat luas, Anda dapat membeli buah dalam jumlah banyak karena stoknya melimpah. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Punya Banyak Manfaat, Ini 3 Buah Favorit di Bulan Puasa Punya Banyak Manfaat, Ini 3 Buah Favorit di Bulan Puasa Reviewed by Njajan on June 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.